Aug 25, 2015

Rupiah Menguat 14.000 Per USD Dollar Amerika, Whaaatt..!!

Rupiah semakin melemah apa menguat? Rupiah Menguat 14.000 Per USD Dollar Amerika, Whaaatt..!! Tentu hampir semua orang akan bilang bukan menguat tetapi melemah dan sangat mengkuatirkan kondisi perekonomian bangsa. Terlebih lagi membayangkan bagaimana nasib rakyat kecil yang semakin lama semakin tercekik oleh nilai dollar yang semakin perkasa.

Melemah apa menguat? Sebelum membahas hal ini saya ada sesuatu yang lucu. Ada pesan dari grup WA saya yang dalem banget
"Hari ini Direktur Bank Mandiri mendapatkan penghargaan dari Presiden RI karena akhirnya Rupiah sama dengan call centre Bank Mandiri 14000"
Hehehe... Ada2 saja.

Dengan fakta yang sangat mengkuatirkan inilah kemudian muncul berbagai komentar terutama di dunia sosial. Karena memang rakyat itu paling doyan kalau komentar, membully atau menghujat di medsos. Negeri sejuta komen, itulah negeri kita tercinta.

Misalnya beberapa koment sahabat FB saya dalam screenshot dibawah ini,


Rupiah semakin menguat hingga level 14000 per 1 USD. Kok menguat? Karena akan membuat rakyat, semoga semakin kuat menghadapi cobaan ini. Semoga..

Separah apapun fakta kita hanya mencoba untuk menggeser pemikiran pada harapan yang positif. Bisa saja ane bilang gigit jari, negara hancur, atau apapun, namun kayaknya nggak ada gunanya. Lebih baik berusaha nguatin rakyat yang hampir nggak kuat. Asalkan kita berkomitmen untuk kuat Insya Allah itulah yang terjadi.

Saya teringat nasehat Ustad Dr Dedi Noerdiawan Direktur Wisata Hati pada acara SPT Paytren bersama Ustad Yusuf Mansur di Kampung Paytren Bekasi Utara, yang menjelaskan bahwa, berpikir positif itu bukan ketika keadaan kita positif, namun malah sebaliknya. Yaitu ketika keadaan kita negatif, namun kitanya masih bertahan untuk berpikir dan berprasangka positif. Naaah..

Ustad Dedi fotonya ada disebelah kanan, sementara yang kiri adalah founder paytren Ust. Martin Ovi Mulia.

Saya setuju dengan nasehat Ustad Dedi Noerdiawan direktur WHBS. Untuk menjadi hebat, tangguh, besar dan mulia kita memang kudu melalui sebuah tantangan dan ujian yang tidak mudah. Ketika ada kesulitan justru seharusnya kita bersyukur karena inilah wasilah kita menjadi tangguh. Geser paradigma keluhan, hujatan, komplain, sedih, susah dsb dengan segala sesuatu yang positif.

Setelah itu hadapilah ujian berat tersebut dengan gagah dalam bingkai Innallaaha Ma'ana, Allah bersama kita. Gitu khan keren, ya nggak sih? 

Rupiah memang saat artikel ini ditulis menyentuh angka 14.000 per USD, Alhamdulillah. Inilah wasilah yang dikirimkan oleh Allah swt supaya bangsa ini bertambah kuat di satu sisi, kemudian menjadikan masa lalu sebagai pelajaran yang amat sangat berharga.

Hadapilah konsekwensi dari melemahnya nilai rupiah misalnya kenaikan barang atau sembako. Bekerjalah jauh lebih cerdas, tekun dan maksimal agar kenaikan ini bisa kita imbangi. Berat memang, namun akan lebih berat jika kita mengeluh.



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment