Aug 11, 2015

Hati-Hati Jangan Suka Berdoa Kalau Belum Siap

Hati2 kalau berdoa, ini saya katakan dengan amat sangat serius. Hati2 klo belum siap, takutnya nanti berprasangka jelek ketika proses doa sedang berjalan. Namun kalau memang sudah berdoa dimana doanya dipanjatkan hanya kepada Yang Maha Kuasa maka semua proses kudu dijalaninya dengan tangguh.

Image result for ketangguhan hati

Proses itu dijalanin dengan tangguh, bukan ikhlas. Mengapa bukan ikhlas? Sebenarnya wajib ikhlas sih, tetapi supaya sobat mudah paham, maka saya katakan tangguh aja.

Tangguh itu artinya kuat, tegar, tahan banting, pantang menyerah atau semacamnya lah. Artinya kalau sudah berdoa maka konsekwensinya kudu ditanggung. Yakni proses menuju pengkabulan dimana seringkali membutuhkan ketangguhan yang luar biasa.

Jika kita berprasangka jelek, pasti akan mudah sekali tumbang dipertengahan proses doa kemudian menyalahkan apa saja yang bisa disalahkan.

Kita ambil contoh sebuah kisah nyata ya? Saya suka sekali memberikan contoh kisah nyata supaya sobat lebih yakin dan percaya. Memang banyak kisah yang saya edit seperlunya namun tidak mengurangi substansi.

Anggap saja namanya Budi. Budi seringkali berdoa supaya diberikan kesabaran, dinaikkan derajad, dijadikan orang yang dihargai karena kebijaksanaan dan kewibawaannya. Lalu apa yang terjadi kemudian?

Ternyata dipekerjaanya ia diangkat menjadi supervisor yang membawahi 5 anak buah. Lalu kariernya naik menjadi manager dengan 3 SPV dan 10 anak buah. Faktanya kondisi ini malah membuat Budi super stress. Ia tidak mampu memanage anak buah dengan baik sehingga target perusahaan jarang tercapai.
http://magis7.com/?id=bisnis

Budi sedang belajar menjadi orang yang bertanggung jawab, makanya kemudian ia resign karena merasa gagal.

Kalau orang yang tidak tangguh pasti akan menyalahkan takdir. Doanya supaya dijadikan orang besar, kok malah jadi pengangguran?

Kemudian Budi memeras otaknya supaya keluarganya bisa makan meskipun kondisinya sudah tidak bekerja. Sudah ada lebih dari 3 teman dari perusahaan lain yang menawarkan jabatan manager namun ia tolak. Ini disebabkan karena Budi ingin melatih jiwa dan raganya, serta melatih keyakinannya bahwa rezeki Allah ada dimana-mana. Dan faktanya sampai detik ini keluarga Budi masih bisa makan.

Seiring proses Budi malah menjadi ketua organisasi sosial yang mengurusi 75 orang. Tidak cuman itu Budi juga menjadi ketua organisasi kemasyarakatan lainnya. Sering juga ia menjadi ketua penyelenggara sebuah kegiatan.

Apakah Budi pintar? Tidak. Ini disebabkan wasilah doanya supaya menjadi manusia yang sabar, tangguh dan besar. Proses mengantarkan Budi untuk familiar sekali dengan yang namanya,
  • Komplain
  • Kritik
  • Pro Kontra
  • Deadline
  • Management tim

Dan lain sebagainya dimana kesemuanya menuntut ia untuk benar-benar tangguh. Jangan salah, kadangkala Budi juga goncang karena ia manusia biasa. Kadang ia pusing dan pening. Namun ia tetap tegar dan bangkit lagi ketika mulai goyah dan jatuh.

Tantangan, rintangan, riak, bahkan badai pernah mampir dalam kehidupannya, dimana jika hal itu mampir ke kita2 bisa jadi kitanya langsung terjerembab dan jatuh.

Budi ngerti, paham dan yakin sekarang setelah melalui proses yang begitu melelahkan. Paham bahwa beginilah cara Tuhan untuk menempa jiwa dan raganya. Kadangkala ketika sholat ia meneteskan air mata, karena merasa mahluk lemah kemudian membutuhkan bimbingan Tuhan YME.

..............................................................

Jadi begitulah kurang lebihnya. Hati-Hati Jangan Suka Berdoa Kalau Belum Siap. Kalau sudah siap dengan segala konsekwensinya, yakni dalam bentuk ujian dan penggemblengan dari Tuhan YME maka silahkan berdoa dengan doa yang besar.

Namun saya seringkali melihat banyak diantara kita yang bertumbangan dalam proses pengkabulan. Misalnya sudah doa malah
  • Bangkrut
  • Hutangnya nambah
  • Gagal dalam bisnis
  • Diputus kerja sama
  • Di PHK

Jadi ketika mereka atau kita merasa bahwa kebangkrutan setelah doa merupakan jawaban, kemudian goyah iman lalu menyerah artinya apa? Artinya sebenarnya kita belum layak berdoa.. Hehehe

Wallahu A'lam

N/B: Gini aja, kalau sobat mau belajar tentang makna ksabaran, ketangguhan, ketegaran, tahan banting dan semacamnya silahkan gabung dengan member lainnya dalam panduan 77 hari magis7. Caranya klik disini.



Artikel Terkait



1 comment: