Jul 22, 2015

Pesan Hikmah Cerpen Badai Pasti Berlalu

Ada sebuah cerpen mengharukan karya saya sendiri. Silahkan dibaca lagi mudah-mudahan mendapatkan Inspirasi. http://www.adhinbusro.com/2014/07/kisah-mengharukan-badai-pasti-berlalu.html

Saya membuat cerpen diatas bukan asal menyusunnya supaya anda sedih dan terharu. Jelas ada pesan dan hikmah yang ingin saya kirimkan kepada sobat semua. Ada hikmah yang teramat sangat dalam.

 

Apa pesan dari cerpen Badai Pasti Berlalu karya saya tersebut?

  1. Hidup pasti penuh dengan ujian. Kalau nggak mau ada ujian janganlah hidup. Khan banyak yang terlalu sedih dan berlebihan dalam menghadapi ujian. Misalnya "Yaaa Tuhan mengapa hidupku seperti ini?" Ini menandakan protes. Seakan-akan ia tidak mau diberikan ujian hidup. Ya sudah mati saja kalau begitu hehe.. Terimalah ujian hidup tersebut, hayatilah suka dukanya, yakinlah semuanya berasal dari Tuhan Semesta Alam.
  2. Ujian itu pasti hasilnya ada 2, lulus dan tidak lulus. Nggak ada yang tengah-tengah. Mungkin saja lulusnya ujian masing-masing orang beda-beda, ada yang gradenya cumlaud ada juga yang lulus dengan nilai cukup.
  3. Ada dimensi lain terkait dengan ujian, yakni dimensi hawa nafsu, dimensi syetan dan dimensi malaikat. Jadi Allah swt memberikan ujian hidup kepada kita melalui wasilah beberapa parameter. Tetapi hakikatnya semua langsung dari Allah swt. Misalnya kalau ujian sekolah khan ada soalnya, ada kertasnya, ada alat tulisnya ada pengawasnya dsb. Tetapi tetap saja ujian sekolah tersebut yang menerbitkan adalah dinas pendidikan, misalnya.
  4. Nafsu mengajak kepada kenikmatan saat itu juga atau kenikmatan sesaat. Siapa yang mengumbarnya alamat tidak lulus ujian. Sudah tahu gaji kecil, tapi maksa beli mobil, ini namanya ngikutin hawa nafsu. Beli mobil mah boleh saja, tetapi pastikan kita berjuang dengan maksimal sehingga tidak terkesan hanya ngikutin hawa nafsu, gengsi dan semacamnya
  5. Syetan menggoda manusia untuk mengikuti nafsu. Syetan itu menggoda manusia melalui aliran darah lho? Hati-hati. Saat ngelihat tetangga punya mobil, lalu saat itu berada di sorum mobil kemudian "serrrr" darah mengalir. Atau saat melihat lawan jenis yang aduhai, lalu "serrr". Itu semua aliran darah nafsu yang ditunggangi syetan.
  6. Alam Malaikat juga berperan serta didalam ujian hidup manusia biidznillah. Ada yang mencatat, ada yang menilai, ada yang memberi dsb. Jadi malaikat tugasnya masing-masing dimana semuanya diperintahkan untuk "tunduk" kepada perintah Tuhan didalam melayani manusia. Inilah hakikat dimana perintah "sujud" kepada manusia dimana saat itu Iblis menolak kemudian menjadi peran antagonis didalam menggelincirkan manusia. Nah, ulasan ini menjadi sangat menarik, Insya Allah akan saya bahas pada lain waktu.
  7. Jangan salah, dari sekian orang yang anda temui bisa jadi malaikat yang hendak memberikan ujian pun pemberian. Jadi bisa jadi ada malaikat yang berubah menjadi manusia dan mencoba kita dengan beberapa ujian atau pemberian. Pada jaman dahulu kala hal ini terjadi, misalnya pada saat sebelum Azab kaum luth, ada beberapa malaikat yang berubah menjadi manusia yang bertamu kepada Nabi Luth as. Malaikat juga mendatangi Siti Maryam. Kemudian ada malaikat Jibril yang berubah menjadi manusia dan mendatangi Nabi Muhammad saw untuk bertanya (mengajari) arti iman, islam dan ihsan. Dan masih banyak lagi
  8. Satu-satunya cara lulus ujian dengan menyandarkan diri kepada Allah swt, bergantung kepada_Nya. Kalau tidak demikian dijamin kalah, karena manusia mahluk yang amat lemah. Manusia VS Syetan menang mana? Ya menang syetan lah... Syetan itu sudah ribuan tahun, atau bahkan milyaran tahun lebih dulu ada sebelum manusia sehingga teknologinya pasti sangat maju. Makanya satu-satunya cara adalah minta tolong.. Kepada siapa? Kepada Allah swt. Kalau sudah begitu dijamin menang, Insya Allah
  9. Tidak ada ujian yang ringan, semua butuh perjuangan untuk lulus. Semua pasti mengharu biru, karena disinilah letak ujian keimanan. Terima saja hayati saja suka dukanya. Jangan berley alias berlebihan, jangan mengeluh, jangan protes, jangan komplain, jangan berteriak marah apalagi menyalahkan Tuhan. Logikanya dimana coba, kok bisa2nya menyalahkan Tuhan? Bukankah Allah swt yang akan menolong kita, kok disalahin? Tidak lain dan tidak bukan hal ini karena kebodohan dan ketidak tahuan kita. Oleh karena itu terus belajar dan memahami kemudian meyakini hakikat hidup. Sabar, tawakal, syukur dan ikhlas. Inilah yang perlu kita lakukan.
  10. Yang lulus balasannya surga dan manifestasinya. Bisa berupa kekayaan, kebahagiaan, kekuasaan, kenikmatan, baik dunia maupun akherat. Jika rangkaian atau siklus ujian yang kita terima bisa dihadapi dengan baik, maka pantaslah kita mendapatkan result yang baik. Sederhana khan?
  11. Yang tidak lulus dan selalu tidak lulus balasannya adalah neraka dan manifestasinya. Bisa berupa kesusahan, kegagalan, kehilangan, hutang, kemiskinan, kesedihan dsb baik dunia maupun akherat. Makanya kita harus benar-benar menganggap nafsu dan syetan adalah musuh bagi kita. Ini harus benar-benar bisa dirasakan, supaya ada rem ketika nafsu mengajak kepada kesesatan. Menganggap nafsu menjadi musuh bukan berarti mematikan nafsu, tetapi mengendalikannya. Sedangkan syetan harus benar-benar kita jadikan musuh abadi.
  12. Oleh karena itu belajar dan terus belajar. Pastikan kita semua pada akhirnya bisa lulus ujian sehingga pantas mendapatkan surga dan manifestasi surga tersebut, dan terhindar dari neraka dan segala manifestasinya.

Kalau kita memahami hal ini dengan baik, maka menjalani hidup ini asyik kok. Kisah, drama, dan cerita kehidupan kita menjadi asyik dan sensasional jika kita paham dan yakin skenario ini sudah diatur Tuhan.

Masa bersabar, menunggu menjadi penantian yang ngegemesin. Bikin geregetan namun kita tahu hasil akhirnya. Menjadi tidak menarik buat Malaikat karena tahu hasil akhirnya, dimana yang lulus pasti diberikan karunia_Nya, sebaliknya yang tidak lulus diberikan ujian ulang dan ulang terus menerus.

Menjadi ngegemesin buat yang menjalaninya yakni manusia. "Kapaaan pertolongan datang" begitu saking geregetannya namun yakin pasti datang, entah kapan waktunya hanya Allah Yang Tahu.

Udahlah gitu aja dulu pesan yang hendak saya sampaikan. Karena kalau saya ikuti pesan hidup ini, bisa-bisa ratusan halaman tidak selesai. Ini dulu, semoga sobat memahaminya.

Wallahu A'lam

..............................................................

N/B: Pesan2 kehidupan sudah saya rangkum dalam 2 panduan komprehensif. Saya recommend banget sobat mempelajarinya sehingga memiliki pemamahan dan keyakinan yang utuh dan benar. Satu panduan manajemen nafsu ada dalam magis7. Silahkan  Klik disini

Kemudian ada panduan Rahasia Kunci Sukses, yang berisi hikmah tentang rezeki dan kekayaan. Bagaimana lulus ujian sehingga salah satu manifestasi surga yakni kesuksesan dan kebahagiaan itu bisa teraih. Untuk membaca penawarannya Klik disini.

Sekali lagi ane recommend banget2...



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment