May 24, 2015

Berhutang Namun tidak Membayar, Ini Solusinya

Berhutang Namun tidak Membayar, pernahkah anda mengalaminya? Pernah, bahkan banyak banget kawan-kawan kita yang sudah berbaik hati meminjami uang kepada orang lain, namun yang dipinjami seolah-olah tiada iktikad baik untuk membayar. Kemudian bagaimana solusinya?

Image result for hutang
Jadi orang baik kadang-kadang malah dimanfaatin orang lain. Malah bukan kadang-kadang lagi, tetapi keseringan. Celakanya uang yang kita pinjamkan kepada orang lain tersebut adalah hasil dari pinjaman. Celaka 12 :)

Sebagaimana kisah sahabat kita sbb,

Asswrwb Bp Adhin.. Sebelumnya mohon maaf menganggu waktunya. Perkenalkan saya DS, saat ini kelilit hutang. Mohon bimbingan dan arahan doa-doa untuk pembuka rezeki. Saya muslim dan sdh naik haji, selama ini suka bantu orang. Namun celakanya orang yang saya bantu sampai sekarang tidak bayar2. Untuk menutup membayar saya pakai kartu kredit.... Mhn saran doa2 apa yang harus saya panjatkan biar rezeki saya nambah dan bisa membayar hutang2... Termkasih (08122010xxxx)

Jadi kawan kita ini minjamin uang/ modal kepada sahabatnya, namun sahabatnya itu tidak mau bayar. Dengan alasan apapun baik rugi, tidak ada duit atau apapun intinya yang ditolong malah mangkir. Hal ini menyebabkan pak DS mengalami kesulitan karena uang yang dipinjamkan juga berasal dari pinjaman. Tentu saja ia kelabakan, karena keluarganya juga butuh dana. Kacau khan?

Iya kalau cuman mangkir, kadang-kadang malah menggonggong :). Kadang yang meminjam malah lebih galak daripada yang meminjamkan, terutama saat ditagih.

Solusinya bagaimana? Kalau uang itu berjumlah besar anda bisa sewa tukang tagih, biasanya keluar tuh duit. Apalagi sudah ada ancaman penjara dsb. Namun bagi orang yang hatinya baik biasanya kasihan. Tetapi itu tadi, sudah dikasihani malah ngelonjak.

Terus gimana? Ya sudah terima aja. Sudah nasib.. hehehe. Sudah biasa bahkan sangat biasa banget-banget orang yang meminjam uang lalu mangkir. Pada saat meminjam begitu mengharu biru, bahkan datang dengan keluarganya dengan wajah memelas, lalu kemudian setelah dapat uangnya seolah-olah lupa.

Ikhlasin saja lah.. Dongkol sih? Terus mau gimana lagi? Bisa jadi yang meminjam uang tersebut memang sangat kepayahan untuk mencicil. Bisnisnya benar-benar bangkrut. Sudah tidak ada celah lagi buat gali lubang tutup lubang.

Kalau perlu lepaskan beban hutang mereka yang berhutang kepada anda. Katakan bahwa anda tidak akan menagihnya karena sudah menyedekahkan, ini lebih bagus. Siapa yang melepas kesulitan orang lain, niscaya Allah swt akan melepaskan kesulitannya dunia dan akherat. Keren khan?

Tidak ada kejadian yang kebetulan, oleh karena itu pahami hikmah dibalik segala kejadian, dalam hal ini masalah hutang piutang. Allah mendesign demikian pasti ada hikmahnya, ada pelajarannya. Pelajaran apa?
  • Bisa jadi hadirnya penghutang tersebut dimaksudkan untuk membersihkan harta anda sebersih-bersihnya. Sedangkan harta haram jatahnya neraka lho? Artinya Allah swt hendak membersihkan kita dan harta kita sehingga tidak ada lagi jatah neraka.
  • Bisa jadi untuk melatih kita supaya tidak terlalu sedih ketika kehilangan sesuatu. Artinya sebelumnya kita biasanya begitu sedih ketika kehilangan, lalu Allah kirimkan orang supaya anda dipaksa kehilangan. Tidak lain semua karena kasih sayang_Nya, agar anda dijadikan orang yang tidak terlalu cinta dunia.
  • Bisa jadi Allah swt hendak mengangkat anda kepada level yang lebih tinggi dengan pemberian/ sedekah. Kadang sedekah memang harus dipaksa oleh sebuah kejadian yang memaksa. Secara default manusia enggan untuk sedekah jor-joran kecuali mereka yang tingkat keimanannya tinggi. Nah pemaksaan sedekah itu dimaksudkan untuk mendesign hidup anda kaya dan berkecukupan nantinya.

Intinya berbaik sangka kepada_Nya. Orang baik ujiannya berat, namun endingnya pasti naik kepada level kebaikan yang lebih tinggi. Bukankah kita mendambakan kemuliaan hidup baik dunia maupun akherat? kalau begitu yakinlah kejadian tersebut memberikan pengajaran dan pembelajaran supaya hidup kita mulia dunia dan akherat. Amin

Wallahu A'lam

N/B: Belajar hikmah kehidupan, baik hutang dan solusinya, doa menarik rezeki dan kelimpahan, dsb silahkan belajar bersama saya di panduan rahasia kunci sukses.



Artikel Terkait



5 comments:

  1. harus selalu hati2 kepada siapapun kalau masalah uang. semoga menjadi hikmah bagi pembaca semuanya

    ReplyDelete
  2. Suami sy dh pernh ngrasain minjemin uang bwt tmn y tp minjemny d bank dan ats nm suami sy.clakanya temn y itu ga mau byr.udh smp capek nagih.jd y udh d iklasin aja.tp alhmdulillah krn dh d iklasin dpt rejeki dr yg lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikhlasin lebih baik. Buktinya dapat rezeki dari sumber lain khan? Mantap

      Delete
  3. Udh pnglman mnjemin uang k tmn,minjem y d bank atas nma prbadi.g taunya tmn y ga mau byr.udh smp cape nagh.ksel jngkl dh pasti tp y udh iklasin aja...

    ReplyDelete