Mar 30, 2015

Video Hijrah Rosulullah Ke Yatsrib/ Madinah

Setelah mendapatkan pertentangan yang massif di mekah oleh kaum Quraisy kemudian turunlah perintah Hijrah. Maka kemudian hijrahlah kaum muslim mekah ke Madinah atau Yatsrib. Di Yatsrib ini kondisinya jauh lebih kondusif disebabkan sebagian besar sudah menjadi muslim. Mereka membaca Al Kitab tentang nubuwah kedatangan Nabi terakhir, kemudian mereka (kaum di Madinah) setiap tahun pergi ke Mekah untuk mengunjungi Ka'bah.

Kerinduan mendalam dirasakan oleh kaum Yatsrib/ Madinah, berharap mereka bisa berjumpa rosul. Maka melalui mediasi Aqabah ditentukanlah waktu untuk berhijrah.

Ummat muslim berhijrah duluan, setelah semuanya hijrah barulah Rosulullah saw dan Abu Bakr menyusul. Meskipun dikejar oleh kafir Quraisy, berkat rahmat Allah swt pada akhirnya beliau diselamatkan.

Saya membayangkan gimana perasaan saya jikalau berada di Madinah menunggu Rosulullah tiba. Cemas, khawatir, was-was dsb mengapa?
  • Karena Rosulullah saw hanya ditemani oleh Abu Bakr As Shiddiq
  • Karena kafir Quraisy mengejar beliau
  • Karena medan perjalannya jauh dan berat. Tidak seperti sekarang ini ada jalan tol.
  • Jarak Mekah Medinah berapa ya? Kurang lebih 750 KM. Atau jarak antara Surabaya Jakarta. Kurang lebih..

Saya sampai menangis menonton video hijrahnya Rosulullah saw. Betapa bahagia ketika melihat onta beliau terlihat dari kejauhan, lalu berkumandanglah sholawat ketika beliau tiba. Silahkan tonton video berikut ini



Kemudian silahkan tonton nasehat terakhir dari Rosulullah saw





Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment