Mar 10, 2015

Solusi Belum Bisa Bayar Hutang adalah Iman

Salah satu artikel saya yang berjudul Penyebab Mengapa Masalah Hidup Betah Nempel Bertahun-Tahu, Menuai pro dan kontra. Silahkan dibaca disini artikelnya. Ya nggak apa-apa namanya juga belajar hikmah hidup. Yang jelas pemahaman dan pengalaman saya adalah sebagaimana yang tertulis dalam artikel tersebut. Lalu ada yang kontra dengan email saya sbb,

Assalamualaikum wrwb, Bagaimana kalau hutang belum bisa bayar....dan terus ditagih....apa qta tetap akan tidak bergeming....sedangkan sudah tidak ada yang dijual lagi...utk bisa bayar hutang...????mohon maaf sebelumnya (Email dari Fulanah)

Benarkah apa yang dikeluhkan sadari Fulanah? Tentu benar kalau kita melihat dari sudut pandang akal. Kalau keadaan kita seperti Ibu Fulanah maka barangkali kita akan merasakan hal yang sama. Buntu dan mentok.. Namun kalau kita memandang dari sudut pandang iman lain cerita. Untuk memahami siklus iman silahkan baca artikel saya disini. 

Kemudian ada yang bertanya kepada saya, "Pak mohon solusinya, saya sudah stress mikirin hutang". Kurang lebih begitu. Apakah saya tahu solusinya? Jelas tidak tahu. Yang sedikit saya pahami adalah alur atau peta supaya segala permasalahan hidup bisa terurai dengan iman. Yang mengurai bukan saya tetapi Allah swt. Saya sekadar memberikan peta kemana kaki harus melangkah. Insya Allah pasti akan ada jalan sepanjang kita menjalani apa yang dianjurkan oleh Allah swt didalam menghadapi permasalahan.

Ada koment yang menarik tentang the miracle of tauhid dari Ibu Ariyani Agus Jaya. Koment dalam FB saya disini. Beliau menceritakan kepada kami tentang keajaiban tawakal berikut ini,


Sy punya pengalaman yg Sgt menakjubkan mengenai perihal "keimanan" ketika sy dlm kebingungan sdh janjii Sama org buat bayar hutang tp pada waktu yg dijanjikan itu sy blm dapat2 uang jg..sy beranikan diri buat mnta tangguh...sampai waktu yg dberikan sdh habis Dan tiba waktunya bbrp hari kemudian jg sy blm bisa bayar..padahal sy sdh merasa maximal..sedangkan modal usaha sudah habis tdk tersisa jd gak bisa gerak.. hutangnya 7 jt wktu itu..ke sana kemari Cari pinjaman jg gak dapat pokonya buntu dech.. tapi kebiasaan sedekah infaq ke masjid mengambil "sedikit" uang belanja tetap sy lakukan..walau cuma 1000 atau 5000 tiap hari seadanya.. 

Dan smpailah hari "H" si penagih datang ..sy. tetap blm bs bayar.. sy pasrah..!! ibarat pedang sdh siap dileher siap di maki 'krn kayaknya orgnya jg sdh tdk sabar..tapi apa yg terjadi ternyata?? si penagih berkata "sy kesini tdk menagih..sy cuma mau kasih modal yg jenengan butuhkan" dia mengeluarkan uang 20jt..ini nanti sy tambah 20jt lagi jd sy titip modal 40jt.. tidak usah bayar bagi hasil ..hutang yg 7jt itu dicicil aja.." kata si penagih... subhanalloh.. maaff Pak edin sy kalau di wall anda selalu cerita pengalamn sy....

Anda bisa membaca kisah Ibu Ariyani diatas. Khususnya yang saya bold. Kita sebagai manusia memang kebiasannya suka menyandarkan diri kepada akal. Bagus sih... Namun bagi orang yang beriman maka akal dimanfaatkan setelah iman. Kalau memang sudah mentok pasrahkan saja segala-galanya kepada Tuhan. Buang jauh-jauh kecerdasan kita, toh sudah mikir dengan keras tetap tidak ada hasil.

Pasrah saja, tawakal saja kepada Allah swt, inilah iman. Yakni sebuah titik dimana semua serba zero, yang ada hanya Allah swt dan pertolongan_Nya saja. Yang lain hilang, yang ada hanya Tuhan Semesta Alam. Kemampuan membangkitkan rasa inilah yang harus kita latih.

N/B: Mau belajar revolusi iman dan tauhid? Mau belajar mujahadah menjadi kaya dalam 40 hari?. Jadilah member rahasia kunci sukses. Klik disini untuk detail. 


Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment