Mar 1, 2015

Muallaf Terbelit Hutang

Assalamualaikum wrwb. Pak Adhin saya Ibu Fulanah. Terus terang saya muallaf tidak bisa membaca surat-surat dalam Al Qur'an, sangat terbatas yg saya masih dalam tahap belajar. Belajar Surat Al Fatihah, An Nass, Al Ikhlas, hanya itu. Tetapi menjalankan sholat wajib 5 waktu. Saya bergerak dalam bidang kontruksi, dimana saat ini sedang banyak berhutang...... Mhn petunjuk

Jawab: Sebelumnya kami ucapkan selamat kepada Ibu karena sudah mendapatkan hidayah Allah swt. Ini adalah sesuatu yang benar-benar tidak bisa diukur dengan ukuran harta benda. Inilah nikmat tertinggi dimana tidak semua orang mendapatkannya.

Setelah menjadi muslim apakah akan langsung menjadi mulia? Tentu tidak karena hidup ini adalah ujian dan seterusnya akan mendapatkan ujian. Nah siapa yang lulus ujian itulah dia yang akan hidup mulia dunia akherat. Sementara mukmin yang tidak lulus tentu akan masuk kepada neraka (kesulitan, kesedihan dll) sebelum masuk ke surga.

Nah setelah menjadi muallaf maka ibu adalah saudara kami, dan ketahuilah kehidupan muslim itu
  • Ada aturan baik dalam bentuk ibadah wajib maupun muammalah
  • Ada ujian seperti kekurangan harta benda dan lain sebagainya
  • Ada tantangan baik dari keluarga atau siapapun

Dan bentuk ujian lainnya. Dan ketahuilah Allah bersama kita sepanjang waktu ketika kita menghadapi ujian kehidupan. Oleh karenanya adanya kesulitan, hutang dsb dimaksudkan untuk mengukur seberapa besar iman kita kepada Allah swt. Seberapa besar percaya kita kepada Allah swt.

Jadi tidak hanya muallaf yang diuji keimanannya namun juga muslim lainnya tidak terkecuali. Bahkan seluruh manusia diuji. Ujian hidup inilah yang seharusnya mengantarkan kita kepada Yang Maha Mengurai segala kesulitan. Ujian inilah yang hakikatnya mengantarkan kita kepada pintu hidayah.

Ada beberapa fans FB tentang dunia muallaf, barangkali ini penting untuk sarana belajar. Ada juga web tentang muallaf misalnya muallafcentre.com, atau muallaf.com. Silahkan gabung dengan mereka.

Adapun blog ini adalah sarana belajar, baik saya pribadi, saudara muallaf, kawan muslim maupun non muslim. Jika ada pengunjung non muslim juga tidak ada masalah, saya malah senang.

Yuk sama-sama belajar memaknai hidup ini adalah ajang pembuktian iman kita kepada Allah swt, serta belajar membuang tuhan-tuhan lain selain Allah swt dalam dada kita. Semoga Allah swt terus memberikan hidayah dan petunjuk kepada kita semua, Amin

Wallahu A'lam



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment