Feb 22, 2015

Solusi Hutang Dikit-Dikit Allah

Buat mereka yang biasa meminta kepada Allah maka yang pertama dipikirkan hanyalah Allah. Inilah yang dinamakan tauhid, yakni membuang segala permintaan kepada mahluk tetapi langsung atau direct kepada Allah saja. Tidak menyekutukan, tidak bercabang-cabang. Masalah dikasihnya kapan terserah Allah saja.

Pagi itu Ibu Budi sepulang dari antar anaknya sekolah menghampiri Pak Budi suaminya

"Pah, adik wati mau pinjem uang 500.000. Ia baru saja ditagih karena beberapa hari yang lalu pinjem tetangga untuk memmeriksa anaknya. Uang ditabungan ada berapa Pa?" Kata istrinya

"Ada, cuma nggak ada segitu.." Jawab suaminya

"Lah, terus gimana? itu adik kita lo pah?" Kata istrinya mulai panik

"Kok bingung sih? Khan kita sudah biasa seperti ini. Aminin ya? 'Ya Allah minta duit 1 juta sampai sore ini ya? Untuk bayar hutangnya adik saya, amin'" Gitu kata suaminya

Apakah pasti dikasih? ya nggak tahu, terserah Allah mau dikasih apa nggak. Namun pelajarannya adalah tauhid. Bukan isi ATM yang dilihat dulu namun Allah yang diminta dulu. Gimana caranya kek, terserah Allah swt saja.

Ketika kita terjebak hutang, sungguh-sungguh rasanya berat dan melelahkan. Asli saya tidak bohong. Mereka yang terjebak hutang akan mudah sekali panik, cemas, marah dll. Stress rasanya apalagi penagih hutang siang hari ini datang. Bisa-bisa keringat dingin keluar.

Memangnya Pak Budi nggak cemas. Ya ada cemasnya juga, atau harap-harap cemas, padahal bukan ia yang hutang namun adiknya. Disinilah syetan akan hadir dan menggoda. "Ya elah 1 juta sampai sore ini, orang elu buat makan hari ini aja nggak cukup. Udah ambil aja duit di ATM, lumayan ada 200.000 khan?" Gitu kata syetan.

Kalau kita tergoda maka kemudian bercabang-cabang. Disatu sisi minta sama Allah disisi lain minta sama bank/ ATM. Udah lempengin aja, tunggu sampai sore hari. Atau kalaupun akan ambil duit di ATM bawalah niat yang bener, misalnya gini

"Ya Allah, aku mau ambil duit di ATM nih, boleh nggak ya Robb, kasih petunjuk, Amin?" Gitu, nggak apa-apa..

Misalnya sampai sore nggak ada 1 juta gimana? Ya sudah, nggak apa-apa. Bisa jadi ada pelajaran disini yakni misalnya
  • Berhati-hatilah ketika hutang. Jangan mudah hutang apalagi untuk sesuatu yang konsumtif.
  • Jangan ujug-ujug pinjem, terlepas terdesak oleh kebutuhan. Kenapa tidak ujug-ujug sholat?
  • Bukan dikit-dikit hutang, tetapi belajarlah dikit-dikit Allah

Pasti ada pelajaran dan hikmah dari setiap kejadian asalkan kitanya peka. Pasti akan ada keajaiban jikalau dikit-dikit Allah, dikit-dikit Allah. Mungkin tidak sore hari nanti namun pasti Allah akan mengabulkan doa sesuai dengan Kehendak dan Ilmu_Nya.

Dipersembahkan oleh
  • Rahasia kunci sukses, rahasia sukses dengan tauhid. Klik disini untuk detail



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment