Feb 9, 2015

Melunasi Hutang dengan Sangat Mudah Sekali

Hutang, hutang dan hutang. Entah berapa kali sehari saya menerima SMS tentang hutang. Ada yang minta amalan melunasi hutang, ada yang malah ingin berhutang sama saya. Dengan sangat kecewa sebagian besar tidak saya balas, karena itu-itu saja pertanyaannya. Silahkan buka-buka web ini, semoga mendapatkan pemahaman bahwa melunasi hutang itu mudah bahkan sangat mudah sekali.

Namun sekali lagi perlu pemahaman. Karena tanpa pemahaman maka anda akan menolak uraian saya. Pemahaman yang benar-benar paham dalam hati, bukan paham secara hapalan saja. Hutang sebesar apapun masih terlalu kecil bila dibandingkan dengan kebesaran Allah. Semua orang juga tahu akan hal ini, namun hanya sedikit saja yang paham.

Artinya apa? Artinya kemampuan kita masih sebatas hapalan saja. Mungkin 100% setuju bahwa jika Allah menghendaki maka hutang sebesar apapun akan mudah lunasnya. Ini khan pengetahuan, dan pengetahuan itu biasanya didapatkan dari mendengar. Setelah itu menjadi hapal.

Tetapi yang namanya paham itu tidak mudah. Perlu pembelajaran, juga perlu perenungan secara mendalam. Karena kalau orang sudah paham bahwa hutangnya akan dilunaskan oleh Allah swt, ia tidak akan panik lagi. Tidak was-was, takut, khawatir dsb. Toh Allah sudah kasih garansi.

Nyatanya sebagian besar masih cemas, was-was, khawatir dsb. Dibuktikan dengan banyaknya SMS yang masuk ke HP saya mengenai hal ini. Artinya mereka tidak benar-benar beriman kepada Allah swt, atau iman mereka sangat lemah sekali. RASA Yakin bahwa Allah akan menolong sebegitu lemahnya. Termasuk saya... hehehe

Back to laptop

Lalu bagaimana sih cara atau amalan melunasi hutang dengan sangat mudah sekali? Jawabannya adalah DOA. "Ya Allah lunaskan hutangku" Udah gitu aja... Sederhana khan? Mudah khan?

Orang yang sudah paham akan doa diatas tentu akan manggut-manggut kemudian menambahkan sedikit, "Mas Adhin, ada syarat dan kondisi lho?" Gitu...

Iya memang benar ada syarat dan kondisi yang harus dipenuhi. Tetapi untuk awal itu dulu deh. Untuk belajar yakin, belajar ibadah, belajar doa-doa khusus, belajar mujahadah dll bisa sambil jalan. Yang penting ucapkan ddoa seperti diatas terlebih dahulu, maka hutang anda akan lunas sebesar apapun.

Yang menjadi masalah berikutnya setelah berDOA seperti diatas lalu kita cari pinjaman, cari hutang lain, cari pohon dan cari-cari lainnya selain Allah. Khan doanya adalah "Ya Allah". Bukan "Ya pinjaman, ya hutang lagi, ya pohon, ya bank dsb khan?" Artinya apa? Artinya doa kita hanya dimulut saja. Nah ini dia yang akan kita pelajari nantinya.

Jadi dinding yang kita buat sendiri selepas berdoa adalah, istikomah iman dalam amal. Istikomah dalam iman dan amal ini dicover oleh waktu. Nah disinilah biasanya kita gagal menuju ke fase berikutnya. Kalau doanya sudah benar, kemudian istikomah dalam iman dan amal juga sudah tepat, maka berikutnya berlaku jaminan Allah. Kalau memahami hal ini masala hutang dan masalah lainnya sebenarnya kecil banget. Gampang...

Insya Allah syarat dan kondisi tersebut akan saya tulis diartikel lainnya. Yang pertama harus anda lakukan supaya hutang anda lunas adalah DOA misalnya, "Ya Allah, lunaskan hutangku. Sesungguhnya Engkau Maha Kaya dan Maha Penyayang, Amin" Udah itu aja dulu. Bacalah dengan khusuk dan dalam-dalam, kemudian belajarlah dengan apa yang akan terjadi kemudian.

Artikel ini dipersembahkan oleh
  • Rahasia kunci sukses. Rahasia melunasi hutang dengan sangat mudah. Klik disini untuk detail



Artikel Terkait



5 comments:

  1. saya memiliki hutang dan saya mohon bantuannya , no Rek 1490006473278 Bank Mandiri , semoga amalan dan kesukesaan serta kesehatn meyertai kita AMin, saya juga berkenan menjual ginjal saya, jika ada yg berminat dapat menghubungi saya, gol darah B, umur 24, 082255214705

    ReplyDelete
  2. Saya memiliki hutang sekitar rp 10 juta dan saya mohon bantuan para dermawan yang baik hati untuk membantu melunasi hutang saya di no rek BCA : 2302395188; hanya ALLAH Yang membalas kebaikan para dermawan dilipatgandakan rezeki nya

    ReplyDelete
  3. Kadang saya tabah kadang enggak menyikapi hutang.yg pasti saya punya hutang sampai sekarang masih numpuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena kita manusia, maka manusiawi banget

      Delete
  4. Saya juga mempunyai hutang yang menurut saya sangat tidak kecil....tapi setelah menjalankan sedekah tiap hari...saya tidak merasa khawatir lagi,ga tau kenapa?

    ReplyDelete