Feb 14, 2015

10 Dosa Besar Penghalang Rezeki

Dokter masalah, barangkali begitu. Siapa dokter masalah? Ya diri kita sendiri. Oleh karena itu dilisting dosa apa saja yang pernah kita lakukan sehingga hidup kita bisa kacau dan susah. Cek satu-satu setelah ketemu silahkan istighfar dan bertaubat dengan taubatan nashuha.

Apa saja 10 dosa besar tersebut? Berikut ini ada 10 Dosa Besar berdasarkan ceramah dari Ust. Yusuf Mansur yang saya copas dari sumber ini
  1. Syirik
  2. Meninggalkan sholat wajib
  3. Durhaka pada orang tua
  4. Zina
  5. Memakan rezeki haram
  6. Minum-minuman keras
  7. Memutus tali silaturrahim
  8. Saksi palsu
  9. Kikir, pelit
  10. Ghibah

Ini sangat vital lho? Iya beneran.. Kita harus melisting 1 demi 1 daftar 10 dosa besar diatas sampai ketemu mana-mana yang salah. Setelah itu kita perbaiki kesalahan tersebut dengan memohon ampun kepada Allah swt.

Harapannya apa? Yakni harapan doa supaya,
  • Supaya kesulitan hidup kita bisa segera terurai
  • Supaya kegagalan hidup kita bisa selesai
  • Supaya kemiskinan bisa berubah menjadi kecukupan dan kekayaan
  • Supaya hutang kita bisa lunas
  • Supaya penyakit menahun kita bisa sembuh
  • Supaya momongan yang kita harapkan kehadirannya bisa diberikan oleh Allah swt kepada kita

Mari kita bahas satu-satu 10 dosa besar menurut Ustadz Yusuf Mansur namun dengan versi saya. Kita bahas singkat saja.

1. Syirik

Syirik itu menyekutukan Allah, menduakan Allah. Intinya adalah berparadigma bahwa Allah mempunyai sekutu. Barang siapa ketika ada masalah namun yang didatangi pertama kali adalah orang, dukun, amalan, pohon, sesajen, akik, arwah, malaikat, syetan dsb maka tauhid kita perlu dibenahi. "Nggak ada duit nggak makan". Nah ini contoh sederhana bahwa tauhid kita perlu dibenerin.

Memangnya Allah bersekutu dengan duit? Atau memangnya duit itu Tuhan selain Allah?.TIDAK.. Karena untuk makan itu tidak musti harus menggunakan duit. Allah swt mempunyai banyak cara untuk membuat mahluknya bisa makan.

2. Meninggalkan sholat wajib

Nah ini dia yang biasanya disepelekan dan dilalaikan. Jaaangan sampai meninggalkan sholat wajib, dan diusahakan berjamaah dimasjid bagi laki-laki. Bagaimana mau hidup mulia dan bahagia kalau jarang-jarang mengunjungi dan memuji_Nya?

Ingat-ingat apakah kita suka melalaikan sholat wajib? Bisa jadi inilah dosa yang menyebabkan hidup kita kacau balau.

3. Durhaka pada orang tua

Apa kata orang tua makbul lho Pak? Bisa jadi pada suatu momentum di masa lalu anda pernah menyakiti beliau lalu sakitlah hatinya. Inilah yang barangkali menjadi penghalang rezeki dan kesuksesan anda. Ingat-ingatlah apakah kita pernah membentak keduanya? Atau menjual sebagian harta warisnya tanpa sepengetahuan orang tua?

Oleh karena itu mumpung masih hidup segera kunjungi beliau, jujur kemudian mintalah maaf kepadanya. Kembalikan apa-apa yang pernah anda ambil tanpa seijin mereka berdua.

4. Zina

Apakah kita pernah berzina? Kalau sudah menjadi masa lalu banyak-banyaklah taubat dan jangan sekali-kali diulangi. Kalau kebiasaan ini masih berlangusng sampai saat ini maka berhentilah sekarang. BAHAYA banget-banget. Resikonya besar tidak hanya anda sendiri namun orang lain disekitar anda juga kena getahnya.

Apalagi anak muda yang belum nikah. Atau sewaktu kita muda dahulu apa yang sudah pernah kita lakukan? Pernah pacaran, pegang-pegang dst? Udahlah mohon ampun saja kepada Allah swt dan jangan diulangi. Namun kalau dahulu anda pernah melakukan zina jangan diceritain kepada pasangan anda sekarang ini. Cukup hanya anda dan Allah saja yang mengetahuinya.

Nah point 1 sampai 4 inilah yang biasanya menjadi penyakit. Menjadi sumber wasilah mengapa hidup kita kacau, gagal, susah, berat, miskin, terhina dan lain sebagainya. baca baik-baik dan renungkanlah

5. Memakan rezeki haram

Apakah anda memakan rezeki dari sumber yang haram? Apakah anda memberi makan keluarga anda dari harta haram ini? Wah bisa bahaya 12. Daging yang tumbuh dari harta haram tidak ada yang lain kecuali neraka. Neraka dunia bisa saja berbentuk kesulitan demi kesulitan, dan baru bisa terurai ketika anda bertaubat.

Coba cek kembali apakah pekerjaan anda adalah haram. Kalau memang haram maka ganti. Kalau anda kerja disebuah perusahaan/ institusi resign saja. Yakin rezeki Allah dimana saja, tidak harus diperushaaan tempat anda bekerja.

6. Minum-minuman keras

Ini dia penyakit masyarakat yang dianggap ringan dan sepele. Padahal azab dari minuman keras tidak hanya untuk yang mengkonsumsi saja, namun merata. Keluarga anda, saudara anda, orang tua anda, tetangga anda semua kena.

Jangan anggap ringan, ini dosa besar. Jangan harap hidup anda cukup jika anda suka nyekik botol. Jangan harap...

7. Memutus tali silaturrahim

Ini juga dosa yang dianggap sepele. Janganlah karena mereka menyakiti kita kemudian kita memutus silaturhmi. Ya silahkan saja kalau anda memang menginginkan hidup anda dan keluarga anda kacau dan berat. Silahkan kalau berani.

Coba ingat masa lalu, bisa jadi anda pernah memutus silaturahmi dan menyakiti orang lain. Bisa jadi inilah sebab wasilah hidup anda kacau.

8. Saksi palsu

Saksi palsu dan kebohongan adalah api yang akan membakar jatah rezeki kita. Membakar amal kebaikan kita. Oleh karena itu mulai sekarang bakar kebiasaan berbohong dengan kejujuran. Ini jika anda menginginkan kebahagiaan dan kemuliaan hidup. Kalau nggak mau ya silahkan saja diteruskan. Hehe

9. Kikir, pelit

Mulai saat ini janganlah kikir. Jadilah manusia yang gemar memberi. Percayalah bahwa kikir tidak akan bisa mengkayakan anda. Tidak sama sekali. Justru akan banyak orang lain yang tidak respek kepada anda. Tidak peduli akan banyaknya duit anda tetapi orang lain peduli akan kepedulian anda kepada sesama.

10. Ghibah 

Ghibah bahasa kita-kita adalah ngerumpi atau membicarakan aib orang lain. Dasar mulut ini sudah direm jadi kebiasaannya suka ngomongin orang. Khususnya saya dan para kaum ibu nih? Jauhi dosa ghibah yang terasa ringan ini, banyak2 istighfar. Ini jika anda ingin kehidupan anda dan keluarga bahagia, cukup dan dilimpahkan berbagai nikmat dan karunia.

Kalau nggak mau hidup bahagia ya monggo-monggo saja.

Alkisah Zul sedang tidak enak badan. Sudah 3 hari ia demam cukup tinggi dan perutnya juga sakit. Kemudian pada hari ke 3 ia mengunjungi dokterlangganannya. "Bismillah semoga sembuh dengan wasilah dokter". Begitu kata Zul.

"Sudah berapa hari demam dan sakit perut Pak?" Kata Dokter
"3 hari dok" Jawab Zul

"Waaah harusnya kurang dari 3 hari haru diperiksa. Sebelum 3 hari yang lalu mengkonsumsi apa?" Tanya dokter
"3 atau 4 hari sebelumnya saya memang telat makan dok, karena harus ketemu dan rapat dengan klien. Lalu pulang kerja saya kehujanan". Jawab Zul

Setelah itu dokter memeriksa badan dan perut Zul kemudian mengatakan, "Pak, setelah saya rontgen perut bapak mengalami peradangan. Ada lecet dilambungnya. Silahkan Bapak konsumis obat yang saya resepkan. Hindari makan pedes, asem, asin kemudian setelah sembuh jangan sampai telat makan ya? Karena lambung Bapak termasuk lemah" Kata dokter

"Iya Dok?" Jawab Zul

Nah diatas yakni telat makan, hujan-hujanan adalah asbab dimana Zul sakit. Kedua kelakuan ini menjadi dosa sehingga perutnya sakit. Oleh sebab itu harus dilakukan treatment yang tentu saja tidak nyaman. Harus minum obat yang pahit, harus banyak istirahat dan makanpun jadi tidak enak.

Demikian juga dengan kelakuan yang menjadi asbab penyakit/penghalang rezeki. Harus dilakukan treatment yang tepat dan jangan diulangi. Pada saat taubat tentu saja kita merasa tidak nyaman sementara waktu. Namun setelah dosa-dosa tersebut menjadi bersih maka mulailah rezeki kita sehat kembali.

Itulah 10 dosa besar yang menjadi penghalang rezeki, kesuksesan dan kebahagiaan. Mari sama-sama belajar untuk menjauhi semuanya niscaya hidup kita akan berubah menjadi lebih baik.Amin

Wallahu A'lam



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment