Jan 29, 2015

Bentuk-Bentuk Penyembahan Manusia

Istilahnya bentuk-bentuk penyembahan manusia kepada orang lain yang kedudukannya lebih tinggi. Katakanlah penghormatan karena ingin memuliakannya. Ini ada bermacam-macam cara dan bentuknya sesuai dengan geografi atau wilayah masing-masing. Saya kasih contoh sbb

1. Bentuk Penyembahan Orang Jawa

Bentuk penyembahan/ penghormatan orang jawa biasanya sambil membungkuk dan mengatupkan posisi tangan seperti gambar dibawah. Biasanya penghormatan ini dilakukan kepada orang tua atau kepada raja. Sesiapa yang sopan dalam penghormatan maka ia akan mendapatkan simpati dan perhatian.


2. Bentuk Penyembahan Orang Bali

Bentuk penghormatan/ penyembahan orang bali dengan posisi tangan yang dikatupkan di wajah.



3. Hormat/ Penyembahan Militer

Ini gaya-gaya hormat ala militer dibanyak negara. Dalam sebuah pasukan militer maka bentuk penghormatan kepada komandan adalah wajib. Siapa yang tidak hormat bisa dipecat bahkan di dorrr...



4. Hormat/ Penyembahan di Indhia

Gambar dibawah ini bentuk penghormatan dari Indhia. Ada lagi bentuk penghormatan lainnya namun intinya yang hormat yang mendapatkan rasa aman dan manfaat serta perhatian.


5. Sembah/ penghormatan di China

Di China ada bentuk/ posisi penyembahan terhadap raja yang beraneka ragam. Ada yang mengatupkan kedua tangan yang mengepal ala pendekar. Ada yang dengan gerakan-gerakan tangan serba cepat kemudian diakhiri dengan membungkuk sambil mengatakan, "Salam kepada raja, semoga sehat dan sentosa. Siapa yang tidak hormat kepada raja bisa saja dipenggal kepalanya.


Dan masih banyak contoh-contoh bentuk penghormatan dan penyembahan yang dilakukan oleh manusia, tergantung dari mana ia berasal. Semua beda-beda menurut budaya dan cara masing-masing. Pun dengan cara penyembahan masing-masing agama juga berbeda-beda.

Sampai disini semoga anda memahami bahwa ada bentuk-bentuk penghormatan manusia sebagai sebuah fitrah. Hormat karena kedudukan mereka lebih tinggi, dan atau karena mereka telah memberikan budi, rasa aman, rasa tenang, dan lain sebagainya.

Jadi secara fitrah jelas sekali bahwa manusia mempunyai default software untuk melakukan penghormatan atau penyembahan, baik kepada manusia lain, pohon, benda, dewa dsb. Nah disinilah kita perlu merenungkan bahwasanya wajib ada bentuk-bentuk penyembahan kepada Tuhan. Harus ada dan harus ada pula seseorang yang mendapatkan wahyu untuk mengajarkan manusia cara menyembah Tuhan.

Ini saja dulu.. Lain kali saya teruskan dengan sambungan artikel ini. Pembahasan ini penting sekali supaya anda paham bahwa penyembahan itu adalah fitrah manusia. Dan juga penyembahan kepada Tuhan wajib ada sebagai penyaluran fitrah tersebut.



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment