Dec 3, 2014

Seperti Inilah Software Nafsu Hewani Pada Manusia

Bahasan menarik tentang nafsu hewani. Sebenarnya sudah saya tulis dalam blog saya yang lain yakni www.bacaanjiwa.blogspot.com, namun hendak saya share lagi disini dengan beberapa tambahan. Saya tulis lagi karena ini penting dan menarik untuk dibahas.

Apa kecenderungan jiwa? Yakni condong kepada nafsu hewani, karena memang manusia itu sebenarnya hewan. Hewan yang dikelilingi atau diapit oleh akal dan hati, makanya kemudian disebut dengan manusia. Kalau tidak ada akal dan hati maka persis seperti hewan yang suka menuruti nafsunya sendiri. Jadi kalau anda suka mengikuti hawa nafsu maka bisa disebut hewan, atau lebih rendah dari pada itu. Kenapa lebih rendah daripada hewan? Karena mempunyai akal dan hati namun tidak dipergunakan dengan semestinya. Oleh karenanya pahami hal ini dengan sebaik-baiknya.

Hewan/ binatang itu begini
  • Kalau lapar penginnya makan, bahkan sudah kenyang makaaaan melulu
  • Kalau buang air disembarang tempat
  • Kalau ada betina langsung deh dikejar sampai dapat
  • Berhubungan sex dimanapun dan kapanpun dia mau
  • Kalau ada pejantan lainnya penginnya beranteeem aja

Wajar, karena fitrah hewan memang seperti itu. Kecenderungan binatang memang sudah disett seperti itu, sebagai ibroh untuk kita manusia agar tidak seperti hewan.

Supaya menjadi mahluk yang lebih tinggi maka manusia diberikan akal dan hati. Siapa yang memberikan akal dan hati di kedua sisi nafsu? Allah swt. Oleh karena itu ketika ada yang diberikan petunjuk, maka pada hakikatnya Allah lah yang memberikan petunjuk. Maka berdoalah agar kita mendapatkan petunjuk sehingga tidak berbuat dan bertingkah laku seperti hewan. Mengapa? Karena kalau sudah begitu artinya ia akan sesat dan menyesatkan. Sedangkan kesesatan nafsu hewani akan menjerumuskan kepada neraka.

Jadi begitulah sifat dasar dari software nafsu hewani yakni condong kepada kesesatan. Untuk mengendalikannya gunakanlah akal yang bisa membedakan baik dan buruk. Demikian pula hati tempat iman yang mempercayai akibat menuruti hawa nafsu hewani di akherat kelak.

Berikut ini doa dalam Al Qur'an sebagaimana firman Allah sbb


 

(Mereka berdo'a): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)".(QS Ali Imran ayat 8)

Sobat, sekali lagi sadari dan pahamilah bahwa kita, manusia, mempunyai akal dan hati, tidak seperti hewan. Maka gunakanlah keduanya dengan sebaik-baiknya. Akal itu untuk berpikir lurus dan terarah, baik dan benar. Sedangkan hati tempatnya iman. Yakni siapa yang lurus dan terarah, baik dan benar akan mendapatkan balasan yang setimpal baik dunia maupun akherat.

Pembahasan ini menjadi panjang, namun anda harus memahaminya. Silahkan jadi free member kami di magis7, dan dapatkan pembelajaran gratis. Klik disini untuk menjadi free member

Namun jika anda berkenan mengikuti panduan berkelanjutan silahkan klik disini



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment