Nov 4, 2014

Terapi Pengobatan Sakit Magh (Maag) Menahun

Sakit magh menahun adalah sebuah keluhan didalam organ lambung yang sangat menyiksa penderitanya. Perut rasanya perih melilit, apalagi sehabis makan makanan yang agak panas, dingin atau pedas. Sedikit saja mengkonsumsi makanan tersebut siap-siap saja lambung anda kontraksi.

 

Saya mempunyai saudara yang menderita Magh menahun tersebut, beliau sudah bolak-balik dokter namun keluhannya belum juga sembuh. Demikian pula segala obat sudah dokonsumsi, nyatanya penyakit tak kunjung pergi. Hampir-hampir stress dibuatnya.

Menurut wikipedia, Secara garis besar, ada 2 jenis penyakit maag, yakni:
  • Gastritis Akut
    • Penyakit maag akut adalah inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) akut dari lambung, dan biasanya terbatas hanya pada muklosa. Penyakit maag akut dapat terjadi tanpa diketahui penyebabnya
  • Gastritits Kronis
    • Lambung penderita penyakit maag kronis mungkin mengalami inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) kronis dari tipe gangguan tertentu, yang menyebabkan gastritis dari tipe yang spesifik yaitu gastritis kronisa

Penyebabnya bisa karena penderita makan secara tidak teratur, terdapat mikroorganisme yang merugikan, mengonsumsi obat-obatan tertentu,atau sebab-sebab lainnya seperti mengonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stress. Maag juga bisa terjadi apabila si penderita telat makan, kemudian sewaktu makan si penderita maag makan dengan porsi yang terlalu banyak. Bagi penderita maag yang sudah parah, penyakit maag tersebut sangat berbahaya sekali dan dapat menyebabkan kematian.

Maag bisa disembuhkan tetapi tidak bisa sembuh total, maag adalah penyakit yang dapat kambuh apabila si penderita tidak makan teratur, terlalu banyak makan, atau sebab lain. Biasanya untuk meredakan atau menyembuhkannya penderita harus mengkonsumsi obat jika diperlukan. Tetapi maag dapat di cegah, yaitu dengan cara makan teratur, makan secukupnya, cuci tangan sebelum makan dan jangan jajan sembarangan.

Obat-obatan untuk sakit maag umumnya dimakan dua jam sebelum makan dan dua jam sesudah makan. Adapun dengan tujuan obat dikonsumsi dua jam sebelum makan yaitu untuk menetralisir asam lambung, karena pada saat tersebut penumpukkan asam lambung sudah sangat banyak dan di dalam lambung penderita pasti telah terjadi luka-luka kecil yang apabila terkena asam akan terasa perih. Kemudian obat yang diminum dua jam sesudah makan bertujuan untuk melindungi dinding lambung dari asam yang terus diproduksi. Akhirnya dua jam setelah makan, asam yang di lambung akan terpakai untuk mencerna makanan sehingga sudah ternetralisir dan tidak akan melukai dinding lambung.
Obat-obatan yang biasanya digunakan
  1. Antasida (Menetralisir asam lambung dan menghilangkan rasa nyeri)
  2. Pompa Proton pencegah pertumbuhan bakteri(Menghentikan produksi asam lambung dan menghambat infeksi bakteri helicobacter pylori)
  3. Agen Cytoprotektif (Melindungi jaringan mukosa lambung dan usus halus)
  4. Obat anti sekretorik (Mampu menekan sekresi asam)
  5. Pankreatin (Membantu pencernaan lemak, karbohidrat, protein dan mengatasi gangguan sakit pencernaan seperti perut kembung, mual, dan sering mengeluarkan gas)
  6. Ranitidin (Mengobati tukak lambung)
  7. Simetidin (Mengobati dispepsia)
Selain itu penyakit ini dipercaya memiliki beberapa jenis minuman dan makanan yang kurang baik untuk dikonsumsi yaitu
  1. Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain : kopi, anggur putih, sari buah sitrus, dan susu.
  2. Makanan yang sangat asam atau pedas seperti cuka, cabai, dan merica (makanan yang merangsang perut dan dapat merusak dinding lambung).
  3. Makanan yang sulit dicerna dan dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung antara lain makanan berlemak, kue tar, coklat, dan keju.
  4. Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan seperti alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, dan gorengan.
  5. Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan juga yang terlalu banyak serat, antara lain:
  • Sayur-sayuran tertentu seperti sawi dan kol
  • Buah-buahan tertentu seperti nangka dan pisang ambon
  • Makanan berserat tinggi tertentu seperti kedondong dan buah yang dikeringkan
  • Minuman yang mengandung banyak gas (seperti minuman bersoda).
Selain itu, kegiatan yang dapat meningkatkan gas di dalam lambung juga harus dihindari, antara lain makan permen khususnya permen karet serta merokok.

Saya mengenal seseorang yang sudah menderita Magh menahun, dan beliau saat ini sudah sembuh dari keluhan yang sangat menyiksa tersebut. Beliau ada sebuah rahasia yang ingin dibagikan kepada anda, khususnya bagi penderita sakit magh.

Beliau pernah SMS saya begini,

Asswrwb.... Berkat bimbingan Bapak saya telah menyelesaikan edisi revisi E-Book "Rahasia Sembuh dari Sakit Maag Kronis", Insya Allah menjadi panduan sembuh dari sakit magh yang sangat bermanfaat... Ebook tersebut berisi pengalaman kesembuhan dari menderita sakit Magh lebih dari 15 tahun. Tentang sakit Magh, penyebab, keluhan, tips dan atasi keluhan, pantangan makanan, hal-hal yang harus dihindari, penjelasan tentang produk herbal yang saya minum. Insya Allah bagus sekali dan bermanfaat bagi orang yang sakit Magh....

Bagi anda yang ingin tahu lebih jauh silahkan dikontact ybs


Artikel Terkait



1 comment:

  1. Bapak Adhin Busro yang saya hurmati,

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.
    Alhamdulillah...Terima kasih banyak atas segala dukungan yang Bapak berikan lewat artikel pencerahan ini, memang benar, alhamdulillah, tanpa obatpun, banyak yang telah sembuh setelah membaca buku tersebut diatas. Subahanallah...Semoga Allah SWT senantiasa merahmati Bapak sekeluarga dengan kasih sayang serta perlindunganNya. Amin Ya Rabbal Alamin.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
    Ibu Niniek SS

    ReplyDelete