Nov 3, 2014

Nasehat dan Wejangan 3 Pakar Tentang Kunci Hidup Sukses Bag 3

Adhinbusro.com. Berikut ini adalah artikel lanjutan dari artikel sebelumnya yakni Nasehat dan Wejangan 3 Pakar Tentang Kunci Hidup Sukses. Nasehat pertama datang dari seorang pengusaha sukses. Adapun nasehatnya adalah bangun sebelum subuh, sholat subuh berjamaan kemudian sholat dhuha. Nasehat yang kedua datang dari seorang Habieb. Nasehat beliau adalah Iman, Ikhlas dan sedekah. Lalu siapa dan apa nasehat yang ketiga?

Adapun nasehat yang ke tiga dari guru saya, guru kita semua yakni Ustadz Yusuf Mansur. Ada banyak yang ingin saya tulis disini namun akan saya bahas satu dulu.

http://abtreni.com/?id=adhinbusro

Berikut ini salah satu nasehat beliau yang saya copas dari artikel saya sendiri. Nasehatnya sederhana saja, yakni "Perhatikan"

Lakukan hal-hal sederhana yang justru akan membuat perbedaan besar nantinya... Perhatikan, perhatikan, perhatikan....

Untuk meraih doa kita hanya cukup memperhatikan. Bahkan ada banyak ayat yang maknanya seperti itu, yakni kita disuruh memperhatikan, Misalnya sbb
..............maka apakah kamu tidak memperhatikan? (QS Adz Dzaariat ayat 21)
Apakah kamu tidak memperhatikan bahwa....... (QS Az Zumar ayat 21)
Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana.....
(QS Al Fajr ayat 6)

Dan masih banyak ayat yang menyuruh kita untuk memperhatikan....

Mengapa kita tidak mau memperhatikan keadaan sekitar? Padahal dengannya bisa membuka inspirasi demi inspirasi baru yang bisa menjadi kemudahan hidup kita ke depan. Misalnya
  • Pagi-pagi jam 7 pergilah ke pasar, kemudian perhatikan aktifitas disana. Esoknya lagi datang ke pasar jam 7 pagi kemudian perhatikan, segitu seterusnya sampai minimal 7 kali. Sampai orang-orang sekitar pasar banyak yang mengenalnya. Dan yang penting anda bisa kenal pola-pola aktifitas ekonomi di pasar tersebut. Berapa harga cabai, siapa pemasoknya dll, sampai kemudian ketemu sebuah inspirasi berupa peluang. AHA, penjual cabai membeli grosir 1 kilo 10.000, dari agen 9.000. Bagaimana kalau saya menawarkan cabai kepada mereka dengan harga 8.000? Pada akhirnya jadilah anda seorang pedagang grosir cabai yang mensuplai kebutuhan cabai ke pasar tersebut.
  • Anda juga bisa memperhatikan orang-orang diperempatan jalan. Sebenarnya mereka pada pergi kemana dan mencari apa sih? Begitu seharusnya hasil dari aktifitas "memperhatikan" yang anda lakukan.
  • Dan lain sebagainya. Intinya adalah perhatikan, simple khan?

Oleh karena itu mulai dari saat ini bagi anda dan pembaca blog saya, jadikan aktifitas "memperhatikan" adlah aktifitas baru yang harus anda lakukan. Jangan ngomong melulu yang nantinya malah tidak mengetahui sesuatu. Diam, dan perhatikan   

Ini sederhana namun jarang kita lakukan. Buktinya setiap hari sebagian besar dari kita hanya mempunyai 2 aktifitas utama. Apa itu? Rumah, kantor, kantor, rumah, rumah, kantor, kantor, rumah dan begitu seterusnya. 

Ini bener namun kurang tepat. Sekali-kali sambil pulang dari aktifitas pekerjaan anda bisa menempuh jalan yang berbeda, kemudian perhatikan keadaan sekitarnya. Misalnya melihat sebuah warung bebek goreng yang sederhana namun kok sangat ramai pengunjung/ pembeli. Perhatikan itu...

Besoknya lagi lakukan hal yang sama yakni melewati tukang bebek goreng. Ternyata pembelinya masih ramai. Nah pada hari ke tiga silahkan mampir dan perhatikan lagi apa yang membuat penjual bebek goreng tersebut bisa ramai pembeli. Esoknya lagi mampir lagi, sampai tukang bebeknya kenal dengan anda, walaupun tidak pernah membeli bebeknya :)

Nggak apa-apa dong...? Kita tidak disuruh membeli, tetapi diminta untuk "memperhatikan" itu saja. Syukur-syukur anda membelinya sehingga tahu bagaimana cita rasa bebek goreng yang sangat diminati pembeli. 

Insya Allah pada suatu titik anda tahu kuncinya, yakni kunci sukses dari pedagang bebek goreng tersebut. Nah mulai saat itulah terpikirkan sebuah peluang, hanya dari aktifitas pengamatan atau memperhatikan saja. 

Sobat...

Secara umum kita disuruh untuk memperhatikan ayat-ayat Allah dalam alam semesta. Gunakan akal, pikiran dan hati didalam aktifitas memperhatikan/ muhasabah/ tafakur ini. Anda bisa memperhatikan rumput, binatang, ombak, bintang, langit, dan lain sebagainya. Perhatikan ketundukan mereka didalam mentaati aturan Tuhan (Sunnatullah).

Perhatikan saja, lakukan secara rutin, nanti Insya Allah akan ada ilham dan pemahaman baru yang dalam dan sangat berharga. Pemahaman yang tidak akan bisa dinilai dengan harta benda. 

Maka dalam semua panduan saya baik Rahasia Kunci Sukses maupun Magis7 aktifitas muhasabah/ memperhatikan ini dibahas dengan detail, karena inilah kunci. Yakni kunci untuk merasakan iman yang natural/ alamiah. Kunci untuk memahami hakikat kehidupan. Inilah pintu gerbang bagi pemahaman berikutnya. Inilah pasword awal bagi hidup yang lebih mulia dan bermakna.

Artikel ini dipersembahkan oleh
  • Rahasia Kunci Sukses, Rahasia Sukses Dunia Akherat dengan Memahami Ayat-Ayat Sang Pencipta. Klik disini untuk melihat penjelasan detailnya.
  • Magis7, Rahasia Menciptakan Iman yang Natural



Artikel Terkait



4 comments:

  1. tks Mas Adhin sharing ilmunya. Salam buat ustadz ym hehehe

    ReplyDelete
  2. Tq Mas Adhin atas petuahnya sangat bermanfaat khususnya buat saya dan bagi saudara2 semua

    ReplyDelete