Oct 31, 2014

Nasehat dan Wejangan 3 Pakar Tentang Kunci Hidup Sukses

Alhamdulillah hari ini saya sudah bisa mengerti wejangan tentang kunci hidup sukses dari 3 orang yang berbeda. Yang pertama dari Seorang milyuner, yang kedua dari seorang Habib, yang ketiga dari seorang Ustadz sekaligus pengusaha. Anda harus membacanya. Ini penting sekali bagi hidup anda yang lebih baik.

1. Nasehat dari Milyuner

Beliau adalah seorang PNS dengan jabatan tinggi, sekaligus seorang pengusaha sukses. Bahkan beliau memiliki hotel yang bagus. Pada syukuran belum lama ini yang diadakan disebuah hotel dengan tamu undangan yang membludak termasuk 200 anak yatim, saya berhasil mengorek informasi rahasia dibalik kesuksesannya.

Beliau orangnya low profile dan senang sekali menceritakan rahasia kunci suksesnya. Yah, memang begitu, seseorang yang kaya dan sukses dengan cara yang bener, Insya Allah tetap low profile. Berbeda dnegan mereka yang meraih kekayaan dengan cara yang tidak bener.

Ternyata kunci kesuksesannya diraih dari komitmen awal untuk melakukan perubahan. Beliau sudah bangun sebelum subuh untuk melakukan sholat Tahajud, kemudian sholat subuh berjamaah, terakhir sholat dhuha. Saya ulangi, kunci kesuksesan (kekayaan) beliau adalah
  • Bangun sebelum subuh
  • Sholat Tahajud
  • Sholat Subuh berjamaah
  • Sholat dhuha

Mengapa beliau melakukan demikian? Meskipun bukan seorang ulama beliau mengatakan bahwa, waktu sebelum subuh sampai waktu dhuha adalah momentum dimana malaikat turun membagi karunia, nikmat dan rezeki kepada seluruh mahluk.

"Ooooooooo begitu ya? Bener juga"

Secara ilmiah dan medis, dan penelitian teranyar menyebutkan banyak sekali manfaat bangun pagi (sebelum subuh).

Peneliti dari Roehampton University di Inggris juga menyimpulkan kalau bangun pagi membuat tubuh lebih sehat, mood yang baik, dan membuat orang memiliki indeks massa tubuh ideal. “Mereka yang bangun pagi cenderung lebih sehat dan lebih bahagia,” ungkap peneliti Dr Joerg Huber, yang dikutip melalui medicmagic.net.

Menurut para ahli di bidang kesehatan, udara di sepertiga malam yang terakhir (apabila malam dibagi menjadi tiga bagian waktu) sangat kaya dengan oksigen dan belum terkotori oleh zat-zat lain sehingga sangat bermanfaat dalam mengoptimalisasikan metabolisme tubuh. Hal ini akan mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap vitalitas seseorang dalam aktivitasnya selama seharian penuh. Inilah anugerah yang luar biasa besar dari Tuhan yang diberikan melalui kesegaran alam di waktu pagi untuk makhluk-Nya. (http. kesehatan.kompasiana.com)

Pada situs internet yang lain hasil penelitian Dr.Alexander Bruce dari Jerman yang dimuat di majalah Al-Muslimun, menghasilkan sebuah temuan bahwa di waktu subuh, kadar gas ozon yang mengandung oksigen mencapai puncaknya dan akan menipis perlahan-lahan hingga matahari terbit. Sementara, gas ozon ini sangat ampuh untuk mencegah kerusakan paru-paru, tersumbatnya urat nadi, memperlancar peredaran darah, penyakit gula, asma, penuaan, alergi, penyakit jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, serta merangsang urat syaraf bekerja dengan baik. Kalau menghirup nafas yang panjang di pagi hari, kecepatan aliran darah menuju otak juga akan bertambah, maka otak akan memperoleh darah kaya oksigen lebih cepat.

Penelitian lain menunjukkan, sesudah tidur malam yang baik, irama otak kita berfungsi sangat baik. Pemahaman, wawasan dan penguasaan akan berbagai masalah yang berat dan rumit lebih sukses dihadapi pada pagi hari ketimbang pada jam-jam selanjutnya. Kenapa begitu? Karena tidur merupakan penyegaran otak yang paling alami. Setelah otak istirahat total di malam hari, pagi hari otak sudah ready untuk melakukan pekerjaan dan rutinitas sehari-hari. Tamsilnya anda adalah orang yang paling cerdas dalam mengatasi masalah pada hari ini.

Sisi lain, di pagi hari tubuh memproduksi hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan ini penting dalam memeperbaiki takaran, kualitas dan daya guna otak. Hormon tersebut meningkatkan pengantaran asam amino dari darah ke otak, yang membuat sel-sel syaraf dapat menjadikan apa yang dipelajari jadi permanen. Kita bakal selalu ingat segala hapalan walau bertumpuk-tumpuk. Tapi ingat, hormon pertumbuhan banyak diproduksi waktu tidur, yaitu tidur sebelum tengah malam yang nyaman dan bermutu. Jadi disadari juga jangan selalu begadang.

Hormon lain yang tidak kalah penting adalah cortisol. Puncak produksinya dari tengah malam hingga menjelang subuh. Cortisol memainkan peran utama membantu kita menghadapi stressor (penyebab stress) pada pagi hari, mengurangi peradangan dan keletihan

Dari banyak sumber

Dalam sebuah hadist disebutkan

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu sesungguhnya Nabi Muhammad shollallahu ‘alahi wa sallam bersabda: “Tidak ada satu subuh-pun yang dialami hamba-hamba Alloh kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa: “Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfaq”, sedangkan yang satu lagi berdo’a “Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya)” (HR Bukhari)

Kemudian saya juga menemukan sebuah hadist yang bunyinya begini

Allah SWT turun ke langit dunia ketika sepertiga malam yang pertama telah berlalu. Dia berkata, ‘Akulah raja, Akulah raja, siapa yang berdoa kepada-Ku Aku kabulkan, siapa yang meminta kepada-Ku Aku beri, siapa yang meminta ampun Aku ampuni.’ Dia terus berkata demikian sampai sinar fajar merekah.” (HR. Muslim)

Rasulullah saw bersabda, “Allah tabaaraka wata’aala turun setiap malam ke langit bumi, ketika malam tersisa sepertiga terakhir. Ia berkata, ‘Adakah yang memohon kepada-Ku agar Aku kabulkan, adakah yang meminta kepada-Ku agar Aku berikan, adakah yang memohon ampun agar Aku ampuni.’” (HR. Bukhari-Muslim)

Nah sekarang yang paling penting adalah dipraktekkan. Tidurlah lebih awal. Kalau saya pribadi biasanya habis Isya sudah tidur, kemudian bangun jam 12 malam atau jam 1 malam. Setelah itu melakukan aktifitas blogging sampai beberapa jam, kemudian sholat tahajud. Pada waktu subuh melaksanakan shalat subuh berjamaah, kemudian kurang lebih jam 7 pagi melaksanakan sholat dhuha.

Yang jadi masalah adalah kita suka telat tidur, misalnya disebabkan nonton TV atau begadang. Saya juga begitu, khususnya kalau malam minggu disebabkan adanya rondha dan lain sebagainya. Hal ini tentu saja menyebabkan susah sekali untuk bangun pagi sebelum subuh. Bahkan waktu sebelum subuh menjadi momentum yang nikmat sekali untuk terus tidur dan memeluk guling.

Atau alasan lainnya adalah disebabkan besok kerja. Ini adalah alasan yang tidak bisa dijadikan argumen mengapa anda susah bangun sebelum subuh. Ini adalah alasan untuk semakin menjelaskan bahwa anda sebenarnya tidak percaya Tuhan dengan sebenar-benarnya. 

Oleh karena itu sebelum anda melakukan klaim bahwa doa anda mengenai rezeki belum terkabul, terlebih dahulu tanyalah diri anda, apakah anda yakin kepada Allah swt sebagai Dzat yang mengatur rezeki? Kalau anda mengatakan "Yakin", lalu apakah anda sudah melakukan sesuatu aktifitas/ kegiatan/ amalan yang dianjurkan_Nya?

Bisa jadi jawaban anda belum karena satu dan lain hal. Dan menjadi wajar kalau doa anda lambat terealisasi, karena anda percaya Tuhan disatu sisi, namun enggan melakukan syarat dan kondisi yang di perintahkan_Nya dalam rangka mempercepat doa anda.

Jadi konsep doa bukan disebabkan butuh lalu berdoa, kemudian dikabulkan. Misalnya 2 hari lagi debt collector datang, lalu berdoa supaya dapat uang untuk mencicil hutang tersebut. Atau besok ada wawancara kerja, lalu berdoa dengan khusuk dan berharap dikabulkan. Kalau tidak dikabulkan kemudian akan mengurangi keimanan anda.

Caranya sudah benar, tetapi pemahamannya salah. Oleh karenanya perhatikan mekanisme doa sbb,
  • Berdoa dengan lisan. Mintalah dengan jelas apa-apa yang anda inginkan dalam hidup.
  • Yakin didalam hati (Yakni yakin bahwa Allah swt akan mengabulkannya). Yakin yang natural, bukan yakin yang dibuat-buat. Untuk belajar keyakinan natural anda bisa buka web saya ini.
  • Melakukan tindakan/ amalan untuk mempercepat doa. Misalnya bangun sebelum subuh untuk tahajud, sholat subuh berjamaah, dhuha, sedekah dan lain sebagainya. Ini salah satu bukti yakin (iman) anda.
  • Melakukan tindakan/ ikhtiar, misalnya membaca buku, belajar dari ahlinya dan lain sebagainya. Ini adalah bagian manusia.
  • Dan didalam proses terkabulnya doa harus ikhlas dan tawakal. Mengapa? Karena tidak bisa tidak doa anda pasti terkabul disebuah ruang dan waktu yang pas. Harus tetap ikhlas dan tawakal dikarenakan tidak bisa tidak, didalam prosesnya pasti ada onak dan duri, ada ujian keimanan dsb. Dan inilah biasanya yang menyebabkan seseorang gagal didalam maintain keyakinan (iman), yakni ketika ada kegagalan dalam proses doa
  • Harus ada ruang dan waktu yang harus anda jalani, sampai momentum doa menjadi nyata. Ada jarak yang harus ditempuh.
  • Thats all, hanya itu... Dan doa (yang benar-benar anda inginkan dalam hidup) pasti dan pasti terwujud. Karena inilah Janji Tuhan yang akan mengabulkan semua doa hamba_Nya.

Oleh karenanya mulai saat ini anda akan melakukannya, yakni bangun sebelum subuh sampai mnelakukan sholat dhuha. Inilah the golden time yakni saat-saat terbaik bagi kunci hidup sukses anda. Ya, anda akan melakukannya dan akan membagikan keajaiban anda kepada saya. Baik, saya tunggu kesaksian anda setelah mempraktekkan amalan diatas.

Lalu bagaimana nasehat dan wejangan dari Habieb dan Ustadz plus pengusaha yang lain? Insya Allah akan saya tulis pada kesempatan lain. Oleh karnanya jangan lupa berkunjung kembali ke blog kami ini beberapa hari kemudian. :)

Artikel ini dipersembahkan oleh



Artikel Terkait



6 comments:

  1. makasih Mas, sangat membantu memahami. Ditunggu yang dari habib dan ustad

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://www.adhinbusro.com/2014/11/nasehat-dan-wejangan-3-pakar-tentang.html

      Delete
  2. Subhanallah bagus banget artikel nya :)

    ReplyDelete
  3. Makasih mas, jadi membuka pemahaman saya ttg doa dan ibadah....

    ReplyDelete