Oct 29, 2014

Kata-Kata Hikmah Jalaludin Rumi

Ada kata-kata hikmah dari Jalaudin Rumi seorang Sufi dan ahli filsafat dari Balkan atau Afganistan. Ayahnya masih keturunan Abu Bakar, bernama Bahauddin Walad. Sedang ibunya berasal dari keluarga kerajaan Khwarazm. Ayah Rumi seorang cendekia yang saleh, ia mampu berpandangan ke depan, seorang guru yang terkenal di Balkh.

 

Dalam sebuah sajak filsafatnya ia berkata

Perkecillah dirimu, maka kau akan tumbuh lebih besar dari dunia. Tiadakan dirimu, maka Jatidirimu akan terungkap tanpa kata-kata (jalaludin Rumi)

Perkecillah dirimu yang dalam bahasa jawanya andap asor adalah menempatkan diri sebagai manusia yang seakan-akan kecil, belum pintar, belum pandai, belum khusuk, dan lain sebagainya. Dengan menempatkan diri kita seperti ini maka kita akan mudah untuk menghormati orang lain, mau belajar lebih keras, mau berusaha lebih maksimal, ikhlas beribadah lebih intens dan khusuk dan lain sebagainya.

Hal ini menyebabkan pada suatu tititk ia akan menjadi besar, bahkan tanpa disadarinya. Mengapa? Karena ia merasa menjadi orang bodoh dan berkeinginan untuk terus belajar dan belajar kapanpun dan dimanapun.

Orang lainpun akan lebih menghormatinya disebabkan ia tidak merasa lebih pintar, lebih hebat dan lain sebagainya. Ia selalu menghargai orang lain sebagai sesama mahluk yang mempunyai kelebihan masing-masing. Kita cenderung tidak memberikan respek kepada mereka yang suka pamer, merasa hebat, merasa sudah menjadi ulama dan lain sebagainya. Kita akan menghargai mereka yang andap asor.

Tiadakan dirimu bermakna memposisikan diri fana, tidak ada, tidak penting dan lain sebagainya. Hal ini menyebabkan kita tidak silau dengan harta benda, jabatan dan segala bentuk material keduniaan lainnya. Karena kita pada hakikatnya memang tidak ada, maka pemahaman ini akan menjauhkan diri kita dari sifat sombong, merasa penting, merasa hebat dan kekal.

Orang lainpun akan memberikan penghargaan yang lebih kepada mereka yang jauh dari sifat dan sikap merasa penting, merasa menjadi penentu segala urusan dan lain sebagainya. Orang yang tidak silau dengan material keduniaan justru akan mendapatkan penghormatan yang lebih baik dari pada orang lain yang terobsesi dengan hal tersebut.

Oleh karenanya filsafat diatas penting bagi kita untuk diaplikasikan, karena ada nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya.

Presented by. Magis7, membongkar rahasia kejiwaan



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment