Oct 21, 2014

Cara Mendapatkan Pencerahan dalam Hidup

Mas..alamat gmail sy yg satu kemaren terblokir,jd saya pakai alamat gmail yg baru..tlong beri sy pncerahan tentang arti hidup sebenarnya..wslm


Jawab: Semoga anda mendapatkan pencerahan, Amin

Entah apa yang dimaksud pencerahan oleh sahabat kita ini, tetapi ijinkan saya mendinisikannya sebagai hidayah. Yaitu mendapatkan hidayah atau petunjuk atau pemahaman tentang arti hidup itu sendiri.

Ibaratnya ada orang yang sedang tersesat dan bingung mau kemana, maka pencerahan bisa diartikan dengan mendapatkan peta. Yaitu peta petunjuk jalan sehingga dengannya ia tidak tersesat.

Oleh karena itu untuk mendapatkan pencerahan hidup kita harus menemukan petanya. Yaitu peta hidup berupa perjalanan demi perjalanan.

Dalam hidup ini sebenarnya pasword peta bukan berasal dari orang lain, namun berasal dari diri sendiri. Orang lain hanyalah petunjuk atau sesuatu yang mempermudah kita menemukan petanya, bukan menemukan jalan pencerahan. Jalan pencerahan hanya bisa didapatkan melalui peta. Yakni mengikuti petunjuk kemana harus melangkah agar tidak tersesat.

Jadi kalau ada seseorang yang diberikan peta (bukan menemukan) jalan, bisa jadi peta itu salah. Artinya bisa jadi yang memberikan peta itu malah menyesatkan lebih jauh. Sekali lagi peta itu ada pada diri sendiri.

Oleh karena itu muhasabahlah/ merenunglah/ tafakurlah. Pasword pencerahan ada dalam 3 pertanyaan.
  • Dari mana kita hidup. Maka temukanlah asal kita. Dari mana kita berasal atau dari mana kita melakukan start.
  • Disuruh melakukan apa? Yakni ketika kita hidup didunia ini diminta melakukan apa. Maka gaungkanlah pertanyaan ini dalam hati nurani. Apakah kita diminta hanya mengejar harta benda, kekuasaan, kebanggaan dsb? Silahkan lakukan tafakur
  • Kemana kita setelah mati? Yakni kemana tujuan perjalanan ketika kita meninggal dunia? Apakah hanya menjadi tulang belulang atau ada perjalanan yang lain?

Itulah 3 pertanyaan yang harus anda temukan jawabannya. Sekali lagi andalah yang harus menemukannya. Jika ada orang lain yang memberikan peta, jangan langsung diterima, tetapi pelajarilah terlebih dahulu. Jangan sampai anda malah tersesat lebih jauh. Dan pencerahan yang anda inginkan tidak akan anda dapatkan sama sekali.

Artikel ini dipersembahkan oleh
  • Magis7 ==> Rahasia menemukan hikmah kehidupan



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment