Oct 14, 2014

Bagaimana Memelihara dan Mempertahankan Keyakinan (Iman)

Ok mas,bagaimana cara memelihara keyakinan yang sedang di pertahankan bahwa kelak nanti saya sukses tanpa berhutang,saya ikhlaskan pesangon untuk melunasi hutang semuanya (Email dari OS)

Jawab: Waalaikum salam


Bagaimana kita yakin akan masa depan sesuai dengan keinginan (baca= doa) kita? Sebenarnya jawabannya sederhana saja. Namun saya akan membahasnya dengan lebih dalam.

Masa depan adalah sesuatu yang ghaib, sedangkan kita tidak akan mungkin bisa menggaransi masa depan sama sekali. Hanya berusaha membuatnya menjadi nyata, namun fakta masa depan tidak akan mungkin bisa kita pastikan.

Oleh karenanya kita menyandarkan diri kepada DIA Yang menciptakan ruang dan waktu, yakni Allah swt. Karena hanya DIA yang Maha Mengetahui masa lalu dan masa depan sampai waktu selamanya. Maksudnya adalah waktu yang tiada berakhir menurut konsep manusia.

Apakah ketika menyandarkan kepada_Nya maka kita pasti akan mendapatkan apa yang kita doakan? Ada 3 kemungkinan
  • Diberikan sesuai keinginan kita
  • Diberikan yang lebih baik dari keinginan kita
  • Ditangguhkan sementara untuk kenikmatan kekal

Pada intinya jika kita yakin dan menyandarkan diri kepada_Nya maka kita akan mendapatkan sesuatu yang jauh lebih besar dari sekedar apa yang kita inginkan.

Apakah kelak kita akan sukses, kaya, bebas hutang dan lain sebagainya? Jelas iya, jika kita benar-benar percaya kepada_Nya.

Mengapa? Karena hal ini adalah sebagian dari janji_Nya dalam QS Al Ghafir yang menyebutkan sbb

“Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kamu kepada-Ku niscaya akan Aku kabulkan untukmu.” (QS. Ghafir 60)

Jadi jawabannya adalah "Anda akan mendapatkan sesuatu yang baik sesuai dengan doa anda, atau jauh lebih baik dari itu semua". Yang jadi masalah adalah waktu, yakni pertanyaan "kapan?". Mengapa ada pertanyaan seperti itu? Karena manusia mempunyai jiwa/ nafs/ nafsu. Nah penjelasan detail mengenai hal ini (Rahasia jiwa) ada dipanduan saya magis7.com

Kalau kita sudah menyandarkan diri kepada Yang Menciptakan Ruang dan Waktu maka seharusnya tidak ada pertanyaan kapan. Karena DIA Maha Tahu kepantasan kita didalam mendapatkan karunia_Nya, sementara kita adalah mahluk yang tidak tahu.

Tugas kita adalah berusaha mewujudkan impian dengan cara ikhtiar maksimal dalam bingkai iman. Menjadi wilayah Tuhan untuk mengabulkan saat terbaik doa mewujud menjadi nyata, melalui mekanisme, proses dan siklus yang kita tidak akan mengetahuinya.

Jadi berdoalah lalu yakinlah. Berusahalah dalam bingkai iman, dan perkuatlah iman anda dengan sering mendekat kepada_Nya melaui ibadah wajib, sunnah dsb, serta dibuktikan dengan ibadah muammalah.

Dipersembahkan oleh Magis7.



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment