Oct 6, 2014

Antara Jiwa dan Nyawa

Kadang-kadang perbedaan bahasa menyebabkan kesulitan memahami sebuah makna. Misalnya jiwa. Jiwa bahasa arabnya nafs, namun kalau dimasukkan dalam bahasa inggris tidak bisa mewakili secara pasti. Yang mendekati adalah soul. Sementara soul itu sendiri bisa bermakna nyawa dalam bahasa inggris.

Oleh karena itu menjelaskan tentang Jiwa kepada orang yang berbahasa inggris agak susah, karena bagi mereka soul adalah nyawa. Seperti obrolan saya berikut ini


Tetapi ketika dijelaskan dengan lebih sabar, paling tidak akhirnya sedikit ada pemahaman bahwa "soul" maksud saya adalah jiwa atau nafs atau nafsu manusia, bukan nyawa. Kalau nyawa itu bahasa inggrisnya adalah Spirit.

Mengapa saya menawarkan sebuah term atau istilah soul= jiwa= nafsu?. Karena hanya dengan pemahaman seperti inilah yang akan memudahkan kita didalam memahami sebuah rahasia. Yakni rahasia jiwa. Rahasianya adalah ada kaitan antara kondisi jiwa dengan kelimpahan alam semesta.

Alam semesta didesign dengan sempurna untuk membanjiri manusia dengan segala macam bentuk nikmat dan karunia. Namun banyak yang tidak bisa merasakan berkah karunia itu mengalir, mengapa? Karena jiwanya sendiri belum diijinkan untuk dibuka. Walaupun kita belajar lama tentang LOA atau hukum tarik menarik, maka ia tidak akan bermanfaat sebelum diri kita sendiri terlebih dahulu yang berubah. Yakni melakukan manajemen jiwa.

Bahwa ternyata jiwa itu dibentuk, dipoles, disempurnakan dan seterusnya. Sehingga pada akhirnya diharapkan akan terbentuk jiwa yang baik, tenang dan suci.

Karena beginilah manusia diciptakan, yakni melakukan perjalanan jiwa. Hanya jiwa-jiwa yang bersih saja yang sanggup menembus dimensi yang lebih tinggi berikutnya, yakni dimensi surga.

Sebagaimana dalam ayat Al Qur'an disebutkan sbb

Hai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai; lalu masuklah ke dalam jemaah hamba-hamba-Ku, dan masuklah ke dalam surga-Ku (QS al-Fajr: 27-30).

Pertanyaannya adalah, apakah anda sudah membentuk jiwa anda? Saya pikir belum dengan sesungguhnya. Wallaahu A'lam

Presented by Magis7. 7 Rahasia jiwa dan kejiwaan yang digdaya menarik hajat dan keinginan. Klik disini untuk melihat penjelasan yang lebih detail



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment