Sep 18, 2014

Tips Menghadapi Ujian Kehidupan

Musibah dan ujian adalah dua kata yang sangat ditakuti oleh nafsu. Dua kata ini mewakili kehidupan yang berat dan melelahkan. Ujian dan musibah bisa beraneka ragam macamnya misalnya kemiskinan, kekurangan, kegagalan, kebangkrutan, hutang, kehilangan, ketakutan, kelaparan dan lain sebagainya. Lalu bagaimana menyikapi ujian yang melelahkan ini?

Sebelum membahas tentang cara menyikapi ujian maka terlebih dahulu kita seharusnya paham bahwa kaya dan miskin sama-sama ujian. Kita tidak seharusnya membedakan hal ini yakni kemiskinan adalah ujian sementara kekayaan adalah rahmat. Padahal dalam keduanya ada penilaian.

Bahkan dalam seluruh hidup ini adalah ujian, karena memang begitulah peruntukannya. Sebagaimana sekolah ada SD, SMP, SMA, Kuliah dan seterusnya maka hidup juga begitu. Ketika berhasil lulus ujian pertama maka akan menerima ujian ke dua, ke tiga dan seterusnya. Sampai kapan? Sampai Tuhan memanggil kita.

Bagaimana menyikapi ujian? Simak baik-baik
  • Sabar
  • Mengucap kalimat "istiraaj" yaitu Innalillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun.

Dua tips diatas tentu saja sudah sering kita dengar, namun nyatanya tidak segampang itu. Lagian siapa yang bilang gampang? Dimana-mana yang namanya ujian adalah sebuah wadah kejadian yang berat dan melelahkan. Sewaktu ujian sekolah saja begitu menguras pikiran, apalagi ujian kehidupan.

Tetapi memang harus begitu, yakni memaksakan diri untuk bersabar seraya memahami bahwa segala ujian/ musibah berasal dari Allah swt. Kalau kita memahami hal ini Insya Allah akan lebih mudah menghadapinya.

Setelah lulus niscaya kita akan menjadi orang dengan jiwa baru yang lebih siap, lebih tangguh dan lebih tahan banting. Kharakter dan mental yang demikian digunakan untuk menghadapi ujian lainnya yang lebih besar, dan begitu seterusnya.

Ujian ini adalah penempaan jiwa, ujungnya adalah terpolesnya jiwa menjadi jauh lebih terkendali, suci dan tenang. Dengan jiwa yang tenang inilah kita layak untuk kembali kepada Tuhan dan mendapatkan balasan yang setimpal yakni surga.

Allah swt berfirman

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun" Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS Al Baqarah ayat 155-157)



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment