Sep 4, 2014

Potensi Besar Dunia Internet

Internet adalah dunia lain. Kalau manusia ada jiwa dan raga, maka dunia internet ibarat jiwa, sedangkan dunia nyata ibarat raga. Mana yang lebih baik? Semua baik, namun dunia internet mempunyai power yang lebih hebat, sebagaimana jiwa yang mengendalikan anda.Kuat mana, granat apa nuklir? Tentu lebih dahsyat nuklir, padahal kalau kita lihat lebih dalam, nuklir dibuat dari sesuatu yang tidak nampak yakni atom. Jadi ada potensi luar biasa dahsyat di dunia internet.


Kalau boleh tahu apa yang anda lakukan ketika browsing diinternet? Tentu ada jawaban yang beragam. Sebagian melakukan aktifitas negati dan sebagian lagi melakukan aktifitas yang baik dan positif. Namun kecenderungan orang Indonesia lebih banyak yang negatif. Inilah kenyataan yang harus kita terima. Kegiatan negatif apa?
  • Melihat video yang jorok.
  • Melihat gambar-gambar yang menjijikkan.
  • Membaca artikel-artikel kriminal dan porno
  • Ngeluh, komplain, atau berantem di media sosial seperti face book, twitter, WA dll
  • Menipu orang lain baik berupa materi maupun non materi.
  • Melakukan aktifitas spamming, hacking, dll
  • Game Online sampai pagi, dan tidak ingat waktu



Dan masih banyak yang lainnya. Ini khan masalah mental dan kharakter. Kalau didunia online sudah biasa komplain misalnya maka didunia offline juga tidak jauh-jauh dari hal negatif tersebut. Internet sebenarnya cerminan pribadi diri kita sendiri.

Mungkin mereka tidak mengetahui bahwa dunia online menyimpan potensi yang sangat besar jika dimanfaatkan dengan benar. Dan sudah banyak yang melakukannya dengan menerapkan hal-hal yang positif, misalnya
  • Melihat video, dan artikel yang menambah wawasan
  • Memberikan ilmu baik melalui media sosial maupun blog
  • Menjual keahlian diri sendiri
  • Menjual barang secara fisik
  • Mencari informasi terkait masalah atau urusannya agar bisa mendapatkan solusi
  • Berkomunikasi positif dengan orang lain diseluruh dunia, sehingga memperluas pertemanan
  • Dan masih banyak lagi aktifitas positif yang bisa dilakukan.

Jika kita membiasakan diri melakukan aktifitas positif, apalagi memberikan hal-hal yang bermanfaat kepada sesama didunia digital, maka pada saatnya anda akan menemukan peluang itu. Maka mulai sekarang bersedekahlah didunia online ini.

Internet bisa menjadi ladang pembelajaran disatu sisi dan bisa menjadi penyalur nafsu buruk kita disisi lain. Ladang pembelajaran itu tiada batas, anda bisa belajar apapun. Saya mempunyai beberapa blog bahasa inggris lho... Padahal awalnya tidak bisa ngomong bahasa inggris, namun dengan bantuan google translate atau sederet.com menjadi wasilah kemampuan bahasa inggris aktif bahkan hanya dalam waktu beberapa bulan saja. Ini salah satu contohnya.

Dunia online khususnya di negara barat sudah sangat umum. Ada ratusan juta orang berkeliaran setiap hari mencari kebutuhan mereka. Inilah potensi besar yang harus mampu kita tangkap. Mereka membutuhkan sesuatu maka berikanlah. Kalau tidak bisa bahasa inggris didalam mengungkapkan barang dan jasa anda itupun tidak begitu menjadi masalah. Ada caranya... Nanti saya bahas kapan-kapan.

Di dunia online lokalpun tak kalah berpotensi. Ada lebih dari 100 juta orang menggunakan internet, salah satunya yang familiar adalah facebook. Ini juga bisa kita manfaatkan.

Saya hendak memberitahukan anda sebuah trend yang akan sudah booming dan semakin booming. Kalau dahulu ada istilah barter/ tukeran barang dengan barang. Kemudian peradaban berganti, barang bisa ditukar dengan kertas/ uang. Lalu bermuncullah warung-warung sampai mall dan tempat penukaran uang dengan barang lainnya.

Kemudian terciptalah internet oleh kecerdasan manusia. Dengan sangat cepat teknologi ini mulai menggeser kebiasaan berbelanja, dimulai dari negara barat. Dan tidak akan lama lagi perdagangan konvensional akan terpinggirkan berganti dengan perdagangan online.

Anda punya apa? Misalnya kelapa ditempat anda berserakan. Kirim ke jakarta atau kota-kota besar lainnya, maka sesuatu yang berserakan ditempat anda bisa dirubah menjadi uang yang melimpah. Melalui apa? Ya internet... Asal tahu strateginya anda tidak memerlukan apapun kecuali koneksi internet saja.

Atau anda berasal dari solo yang terkenal dengan batiknya. Disolo batik tersebar dimana-mana dan harganya murah, namun lain halnya di sumatera misalnya. Harganya bisa menjadi 2 kali lipat. Apalagi kalau batik itu dijual di Belanda, anda akan meraup untung besar-besaran.

Anda seorang ahli dalam bidang budidaya ikan? Maka keahlian tersebut juga bisa dijual. Ada web sederhana yakni cara budidaya ikan cupang buatan luar negeri yang menjadi best seller. Sudah milyaran ia hasilkan.

Apa lagi? Ada banyak sekali jenis-jenis bisnis internet ini. Nanti satu-satu akan saya bahas. Intinya internet adalah dunia digital dengan potensi yang sangat besar. Dunia yang tidak nampak namun sebenarnya lebih ramai dari pada dunia nyata.

Untuk sambungan artikel diatas ada disisni



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment