Sep 5, 2014

Dunia Internet VS Dunia Nyata, Kuatan Mana?

Dunia internet atau dunia online VS dunia nyata kuat mana? Semua kuat namun dunia internet jauh lebih powerfull. Rata-rata orang terkaya didunia menghasilkan kekayaannya yang melimpah membutuhkan waktu puluhan tahun, namun didunia internet bisa jauh lebih cepat. Sebuat saja Mark Zuckenberg pemilik akun Facebook.com yang menjadi milyuner dunia dalam waktu hanya 3 tahun saja.



Sebelum membahas alasannya terlebih dahulu kuatan mana granat apa nuklir? Semua sama-sama kuat namun nuklir jauh lebih dahsyat dan powerfull. Padahal nuklir dibuat dari sesuatu yang tidak nampak yakni atom. Dengan cara mengkondisikan posisi elektron dan neutron sedemikian rupa sehingga menghasilkan gesekan yang berkelanjutan. Gesekan ini menyebabkan adanya energi yang besar. Demikian pula internet, yakni alam yang nampaknya tidak nampak. Hanya dengan mengkondisikan sedemikian rupa sehingga mempunyai potensi jauh lebih hebat daripada hanya sekedar granat.

Lebih kuat mana jiwa atau raga. Dua-duanya kuat namun jiwa (bathin) jauh lebih powerfull. Bathinlah yang mengendalikan raga, namun keduanya masih saling berhubungan satu sama lain dan tidak bisa dipisahkan. Analogi jiwa dan raga ini lebih saya sukai untuk menggambarkan potensi besar dunia internet.  Seperti penunggang kuda dimana kuda adalah raganya sementara jiwa adalah orangnya, keduanya tidak bisa dipisahkan. Namun penunggang kuda mengendalikan secara penuh kemana kudanya lari.

Tubuh ini (Raga) sangat terbatas, tidak bisa menembus batas kota dan negara kecuali melalui perjalanan yang melelahkan. Bahkan sebagian besar manusia tidak akan anda kenal selamanya jika disyaratkan harus bertemu. Lain halnya dengan dunia internet. Anda bebas pergi kemanapun tanpa terbatas ruang dan waktu. Kapanpun dan dimanapun anda bisa melakukannya. Anda bisa menemui orang lain diseluruh dunia hanya dengan cara duduk didepan komputer.

Raga begitu lemah termasuk dalam hal ini banyak tertutup topeng. Kharakter dan sifat baik yang hendak anda tonjolkan seringkali terhambat oleh satu dan lain hal. Namun berbeda dengan dunia internet, anda bisa menjadi diri anda sendiri. Anda mungkin menyukai kuliner dan sudah memasak beberapa macam masakan yang menurut anda paling enak. Paling banter anda hanya bisa memberitahukan kepada tetangga sekitar anda. Namun didunia internet anda bisa memberitahukan kepada dunia dalam hitungan detik.

Anda mau apa? Makanan, mobil, motor, mesin, baju, jam tangan atau apapun keinginan anda. Jika anda membeli mobil yang limited edition bisa saja anda harus pergi jauh, namun dengan internet tiba-tiba mobil sudah diantar ke rumah. Atau anda mau jam tangan langka buatan Italia? Anda tidak perlu pergi kesana, cukup duduk saja di kursi dengan Gadget atau modem.

Jadi internet adalah tempat lalu lalang dan bertemunya berbagai manusia tanpa batas negara dan hukumnya. Tidak perlu visa, paspor dan lain sebagainya. Disini adalah alam/ dimensi yang mengagumkan, dimana kendali ada pada jari-jari anda. Cukup dilentikkan maka keajaiban akan terjadi.

Dalam dunia internet tidak ada topeng-topengan. Yang buruk semakin jelas buruknya yang baik semakin jelas baiknya. Disinilah kita bebas menumpahkan segala ide, kreatifitas, expresi dan aktualisasi. Oleh karena itu di dimensi online atau dunia maya inilah tersimpan potensi didalam potensi. Maksudnya anda bisa menjelaskan potensi anda kepada dimensi yang tidak terbatas ini.

“Tidak akan datang kiamat sehingga waktu semakin berdekatan, setahun seperti sebulan, sebulan seperti sejum’at, sejum’at seperti sehari, sehari seperti sejam, dan sejam terasa hanya sekejap.” (Imam Ibnu Katsir mengatakan: isnadnya sesuai syarat Muslim. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih al-Jaami’ no. 7422) - See more at: http://www.voa-islam.com/read/tsaqofah/2011/03/24/13904/tanda-kiamat-semakin-dekat-masa-singkat/#sthash.xY15Mh2f.dpuf
Diinternet semua serba cepat. Waktu yang anda butuhkan untuk pergi ke suatu tempat bisa sehari, dua hari atau sebulan, namun di internet bisa sepersekian menit saja. Diinternet semua serba tak terbatas, menembus ruang dan sekat-sekat. Disatu sisi jika pintar memanfaatkan potensi akan menjadikan anda sukses cepat, disisi lain internet berpotensi menyesatkan anda dan menghancurkan anda dengan sangat cepat.

Dalam sebuah hadist yang saya copy dari sini berbunyi sbb

Anas RA berkata, Rasulullah SAW bersabda,'' Hari Kiamat tak akan datang kecuali masa semakin singkat. Penyingkatan ini terjadi sedemikian cara seperti satu tahun yang berlalu seperti sebulan, dan sebulan yang berlalu seperti seminggu, dan seminggu berlalu seperti satu hari dan satu hari yang berlalu seperti satu jam dan satu jam yang berlalu seperti secepat kilat.'' (Tirmidhi, Zuhd: 24, 2333).

Hadist ini nampak ada kaitan dengan dunia dewasa ini yang semakin cepat perkembangannya, apalagi dunia online. Artinya memang peradaban ini adalah mungkin peradaban terakhir, yakni ketika sudah sampai pada puncak peradaban itu sendiri. Wallahu A'lam

Oleh karena itu manfaatkanlah momentum yang saat ini terasa semakin cepat dan singkat dengan berbuat sebaik-baiknya. Disatu sisi manfaatkan internet untuk bisnis/ usaha anda, disisi lain manfaatkan teknologinya untuk menebar kebaikan kepada sesama. Sehiangga sekali merengkuh dayung dua tiga pulau bisa terlampaui.

Artikel berikutnya akan membahas tentang persiapan awal bergelut dengan dunia internet. Dalam hal ini adalah persiapan sarana dan prasarana yang menunjang aktifitas online kita.

Untuk artikel tersebut bisa anda baca disini


“Tidak akan datang kiamat sehingga waktu semakin berdekatan, setahun seperti sebulan, sebulan seperti sejum’at, sejum’at seperti sehari, sehari seperti sejam, dan sejam terasa hanya sekejap.” (Imam Ibnu Katsir mengatakan: isnadnya sesuai syarat Muslim. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih al-Jaami’ no. 7422) - See more at: http://www.voa-islam.com/read/tsaqofah/2011/03/24/13904/tanda-kiamat-semakin-dekat-masa-singkat/#sthash.28QYH6m3.dpuf

Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment