Sep 11, 2014

Agama Yahudi, Nasrani dan Islam, Mana Yang Benar? Bagian 1

Tiga agama samawi atau agama monotesime yang diprakarsai oleh Nabi Ibrahim as. Beliaulah bapak para Nabi yang mewasiatkan ucapan tauhid kepada anak-anaknya yakni Ismali as dan Ishak as. Jadi agama Nabi Ibrahim as adalah agama monoteistik murni yang menyembah Tuhan Yang Maha Esa, Pencipta Semesta Alam. Ini dulu yang harus kita sama-sama pahami...

Ibrahim as bahasa Al Kitabnya adalah Abraham yang juga mewasiatkan kalimat tauhid ini (shahadat) kepada cucunya yakni Nabi Yakub as (Jacob). Sedangkan Nabi Yakub as adalah cikal bakal dari adanya bani Israil atau Yahudi atau Israel. Nama lain dari Nabi Yakub as adalah Israil yang kemudian mempunyai anak berjumlah 12 orang. Ke 12 orang inilah yang dinamakan Bani Israil.

Jadi dapat ditarik kesimpulan sbb
  • Anak-anak Nabi Ibrahim as disebut bani Ibrahim
  • Anak-anak Nabi Ishak as disebut Bani Ishak
  • Anak-anak Nabi Ismail as (Samuel) disebut dengan bani Ismail
  • Anak-anak Nabi Yakub as disebut dengan bani Yakub/ Bani Israil

Nah dari mana asal kata Yahudi? Simak kisahnya berikut ini,

Nabi Yakub as mempunyai 4 istri. Jadi jangan kemudian menganggap ada agama yang memperbolehkan poligami kemudian melanggar HAM atau haus sex. Karena Nabi Ibrahim as sendiri poligami demikian pula Nabi Yakub as. Kalau ada yang mengatakan haus sex tidak lebih menggambarkan diri mereka sendiri yang demikian. Nabi adalah manusia suci tidaklah mungkin sifatnya hina.

Dari keempat orang istrinya Ya'qub as memiliki 12 putra, yakni Rubin, Simeon, Lawway, Yahuda, Zebulaon, Isakhar, Dann, Gad, Asyer, Naftali, Yusuf, dan Benyamin.

Putra-putra Ya'qub inilah yang merupakan cikal bakal lahirnya istilah Bani Israil. Mereka dan keturunannya disebut sebagai Al-Asbath, yang berarti cucu-cucu. Sibith dalam bangsa Yahudi adalah seperti suku bagi bangsa Arab dan mereka yang berada dalam satu sibith berasal dari satu bapak. Masing-masing anak Ya'qub kemudian menjadi bapak bagi sibith Bani Israil. Maka seluruh Bani Israil berasal dari putra-putra Ya'qub yang berjumlah 12 orang.

Dalam sibith-sibith ini kelak diturunkan para nabi-nabi yang lain, di antaranya adalah:
  • Lewi, di keturunannya terdapat Musa, Harun, Ilyas, dan Ilyasa.
  • Yahuda, di keturunannya terdapat Daud, Sulaiman, Zakaria, Yahya, Isa.
  • Bunyamin, di keturunannya terdapat Yunus.

Maka nama Yahudi sebenarnya diambil dari Yahuda dimana suku ini menjadi mayoritas dalam perkumpulan Bani Israil. Suku ini juga terkenal dengan kecerdasan pikirannya yang diatas rata-rata manusia normal.

Namun yang namanya Yahudi adalah semua keturunan Bani Israil tidak terkecuali. Dikarenakan mayoritas dan mempunyai kelebihan kemudian sebagian mengatakan bahwa bani Israil adalah Yahudi, dan Yahudi juga Bani Israil. Keduanya sama, namun mempunyai sejarah yang berbeda.

Jadi kalau mengatakan buat siapa agama Yahudi? Maka jawabannya agama Yahudi adalah agamanya keturunan Yahudi itu sendiri atau Bani Israil. Artinya orang diluar Yahudi tidak berhak memeluk agama Yahudi. Oleh karena itulah Nabi Musa as yang berasal dari sibith/ suku lewi diturunkan hanya khusus untuk anak-anak Yakub as dan keturunannya saja, tidak untuk orang lain. Wallahu A'lam

Segini dulu, supaya paham sejarah. Nanti dalam artikel berikutnya Insya Allah akan saya bahas tentang
  • Agama itu apa sih?
  • Apa  agama dari Nabi Yakub as
  • Apa agama dari Nabi Ibrahim, Ismail dan Ishak as
  • Apa agama Nasrani itu
  • Apa kaitannya dengan Kristen
  • Kemudian ujungnya adalah kesimpulan tentang agama yang benar

Untuk sambungan artikelnya silahkan klik disini



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment