Aug 31, 2014

Kisah Bani Israil dan Sapi Betina

Yahudi, Israel atau Bani Israil memang terkenal dengan watak yang keras kepala. Ketika turun perintah/ hukum maka gemar sekali untuk mempermainkan hukum tersebut dan menjadikannya buah ejekan. Dalam sebuah atsar diceritakan pada jaman dahulu kala, yakni ketika Bani Israil sudah lepas dari kekejaman Firaun, mereka diperintahkan untuk menyembelih seekor Sapi Betina.

Perintah ini disebabkan oleh adanya pembunuhan salah seorang Yahudi/ Bani Israil dimana tidak seorangpun mengetahui siapa pembunuhnya. Oleh karena itu Nabi Musa as memerintahkan kaumnya untuk mencari seekor sapi betina dan membunuhnya dimana ekor dari sapi tersebut akan digunakan sebagai salah satu mukjizat, yakni menghidupkan orang yang mati terbunuh tersebut.

Perintah membunuh sapi sebenarnya juga bermaksud agar Bani Israil sadar dengan kebodohannya selama ini yakni sangat menyukai sapi dan dijadikannya sebagai tuhan. Pada masa Sammiri si pembuat patung sapi berwarna kuning keemasan, saat itu adalah masa dimana penyembahan terhadap hewan ini begitu nyata.

Dikarenakan sifat yang suka membantah dan membangkang, perintah tersebut diolok-olok kaumnya, dan selalu mencari cara supaya perintah tersebut bisa dibatalkan. Oleh karena itu mereka bertanya dan terus bertanya sapi seperti apa yang harus mereka temukan. Sampai akhirnya mereka kesulitan sendiri mencari sapi tersebut karena kriterianya memang susah.

Allah swt berfirman dalam surah Al Baqarah ayat 67,68,69,70,71 dan 74 berikut ini

67. Dan (ingatlah), ketika Musa berkata kepada kaumnya: "Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyembelih seekor sapi betina." Mereka berkata: "Apakah kamu hendak menjadikan kami buah ejekan?" Musa menjawab: "Aku berlindung kepada Allah agar tidak menjadi salah seorang dari orang-orang yang jahil".

68. Mereka menjawab: " Mohonkanlah kepada Tuhanmu untuk kami, agar Dia menerangkan kepada kami; sapi betina apakah itu." Musa menjawab: "Sesungguhnya Allah berfirman bahwa sapi betina itu adalah sapi betina yang tidak tua dan tidak muda; pertengahan antara itu; maka kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu".

69. Mereka berkata: "Mohonkanlah kepada Tuhanmu untuk kami agar Dia menerangkan kepada kami apa warnanya". Musa menjawab: "Sesungguhnya Allah berfirman bahwa sapi betina itu adalah sapi betina yang kuning, yang kuning tua warnanya, lagi menyenangkan orang-orang yang memandangnya."

70. Mereka berkata: "Mohonkanlah kepada Tuhanmu untuk kami agar Dia menerangkan kepada kami bagaimana hakikat sapi betina itu, karena sesungguhnya sapi itu (masih) samar bagi kami dan sesungguhnya kami insya Allah akan mendapat petunjuk (untuk memperoleh sapi itu)."

71. Musa berkata: "Sesungguhnya Allah berfirman bahwa sapi betina itu adalah sapi betina yang belum pernah dipakai untuk membajak tanah dan tidak pula untuk mengairi tanaman, tidak bercacat, tidak ada belangnya." Mereka berkata: "Sekarang barulah kamu menerangkan hakikat sapi betina yang sebenarnya". Kemudian mereka menyembelihnya dan hampir saja mereka tidak melaksanakan perintah itu.

74. Kemudian setelah itu hatimu menjadi keras seperti batu, bahkan lebih keras lagi. Padahal diantara batu-batu itu sungguh ada yang mengalir sungai-sungai dari padanya dan diantaranya sungguh ada yang terbelah lalu keluarlah mata air dari padanya dan diantaranya sungguh ada yang meluncur jatuh, karena takut kepada Allah. Dan Allah sekali-sekali tidak lengah dari apa yang kamu kerjakan.

Wallahu A'lam


Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment