Aug 17, 2014

Bahaya Penyakit Mental

Penyakit kejiwaan merupakan sebuah penyakit yang teramat berbahaya. Sebenarnya penyakit inilah biang keladi penyakit secara fisik. Cara berpikir yang salah sehingga menyebabkan kesalahan prinsip hidup memicu adanya penyakit fisik. Contoh sederhana saja, dimulai dari stress karena masalah keuangan, banyak orang yang mencari pelarian dengan minum alkohol. Masalahnya selesai sementara waktu, namun akibatnya bisa fatal, karena alkohol akan menyerang organ dalam dengan cepat.

Masih banyak contoh penyakit mental/ kejiwaan yang sebenarnya menjadi penyebab signifikan segala penyakit fisik, baik langsung maupun tidak langsung. Dan yang paling berbahaya penyakit mental ini akan menyebabkan penderita mengalami depresi berkepanjangan. Ujung-ujungnya adalah bunuh diri, yang dianggap sebagai jalan keluar dari masalah. Padahal lagi-lagi pemikiran ini salah dan dibiarkan salah sehingga menjadi pembenaran diri..

Contoh teranyar adalah Robin Williams. Komedian dan aktor Hollywood, Robin Williams, ditemukan tak bernyawa di Tiburon, California Utara. Orang-orang terdekatnya menyebutkan bahwa pria 63 tahun itu baru-baru ini berjuang melawan depresi berat. Rupanya Williams kesal dan malu saat film yang dibintanginya dihentikan penayangannya pada April 2014. The Crazy Ones merupakan film terakhir yang dibintangi Robin Williams. Film yang disutradarai oleh David E. Kelle ini dibintangi Williams dan Sarah Michelle Gellar sebagai pemeran utama. Film ini ditayangkan berseri di CBS sejak 26 September 2013 sampai 17 April 2014.

 

Aktor yang sempat kecanduan dan alkohol ini melakukan bunuh diri dikarenakan depresi berat. Yakni depresi yang dipicu oleh perasaan malu. Ia yang kaya raya, biasa disanjung dan dipuja tiba-tiba berbalik. Tentu saja hal ini memicu depresi yang kian tambah berat. Sehingga keputusan diambil dengan cara bunuh diri. Sebuah keputusan yang sama sekali tidak tepat.

Selain Robbin, anda bisa membaca berita terkait kecenderungan bunuh diri yang semakin naik diseluruh dunia, terutama dinegara Barat. Sudah banyak tokoh politik, ekonomi, aktor dan aktris serta mereka yang justru berada dalam puncak kekayaan malah melakukan bunuh diri karena mengalami kekeringan/ kegoncangan jiwa.

Tidak usah jauh-jauh. Saya dan anda bisa jadi sedang mengalami penyakit mental ini. Jika anda mudah marah, mudah sedih, mudah putus ada dll artinya anda sedang menderita penyakit kejiwaan. Hati-hati... Jika anda memaksakan jalan pikiran anda artinya anda juga sedang menderita penyakit jiwa. Cara berpikir yang salah sehingga menjadi prinsip hidup adalah biang keladinya. Tontonan anda baik di TV, internet, buku dsb merupakan faktor penyebab yang sangat berpengaruh dalam memahami kebenaran. TV jaman sekarang sudah menjadi racun bagi generasi kita, dan hanya sedikit saja acara yang mendidik. Secara tidak langsung dalam jangka panjang akan mempengaruhi cara berpikir anda dan anak anda.

Jika pembiaran sesuatu yang salah berjalan selama bertahun-tahun maka akan menyebabkan fobia/ trauma. Contoh sederhana takut gelap, latah dsb. Jika sudah kadung menderita fobia dan penyakit kejiwaan harus ada terapi berkepanjangan. Anda bisa mencoba terapi saya disini.


Contoh cara berpikir yang salah
  • Diputusin pacar adalah kiamat. Padahal kiamat tidak ada yang tahu.
  • Miskin berkepanjangan dan menganggap tidak ada lagi jalan keluar. Padahal siapa yang berusaha pasti dia mendapatkan hasilnya.
  • Dalam gelap ada hantu, padahal tidak ada.
  • Dan ribuan contoh lain bisa anda tambahkan.

Yang jelas banyak manusia yang mengalami kekeringan jiwa dikarenakan tidak adanya pegangan hidup yang kuat. Jikalau pegangan hidupnya kuat niscaya tidak akan ada yang namanya penyakit kejiwaan/ mental.

Untuk itulah penting sekali kita mempunyai pegangan hidup yang menjamin kebenaran, sehingga dengannya kita bisa berpikir lurus, logis dan terarah. Bagaimana supaya bisa berpikir lurus? Buku yang anda baca, tontonan yang anda dengar mempengaruhi akan hal ini. Oleh karenanya banyak-banyaklah membaca buku yang bersifat ilmiah bukan berbau takhayul dan klenik.

Dan kebenaran mutlak adalah kebenaran Tuhan Pencipta Alam Semesta. Untuk itulah tafakur semesta alam menjadi penting didalam langkah awal memahami kebenaran.

Anda muslim? Bacalah Al Qur'an dan pahamilah isinya kemudian jadikanlah ia prinsip hidup. Karena yang ada didalamnya adalah kebenaran mutlak. Jika anda mengaplikasikan isi dan kandungan Al Qur'an niscaya anda tidak akan menderita penyakit kejiwaan selama-lamanya.

Ads
Magis7, cara menumbuhkan dan menyempurnakan jiwa sehingga terhindar dari penyakit mental/ kejiwaan. Klik disini untuk melihat penjelasannya.


Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment