Jul 10, 2014

Yakin ada Jalan Keluar Bagi Semua Masalah

Kalau kita bicara jalan keluar terhadap berbagai masalah maka akan banyak sekali cara-cara yang diberikan oleh orang lain baik melalui buku, seminar, workshop atau apapun juga. Jalan keluar yang berbeda dimana didasari oleh masalah yang berbeda pula. Saya juga mempunyai cara tersendiri untuk menemukan jalan keluar dari masalah. Cara yang saya dapatkan dari pengalaman pribadi dan pengamatan berkelanjutan.

 Jalan keluar atau pintu menuju jalan keluar artinya sebelumnya kita berada dalam sebuah ruangan yang gelap dan menginginkan keluar darinya. Sekian lama mencari pintu keluar tersebut akhirnya mendapatkannya dan membukanya untuk keluar darinya. Ini analogi sederhana.


Sebelum mendapatkan pintu keluar yang dimaksud, maka langkah pertama kita harus yakin akan adanya pintu keluar. Yakin...

Kalau tidak yakin maka ia akan berdiam diri saja, atau berusaha ala kadarnya.

Nah, charge keyakinanmu dengan apapun yang dirasa baik. Kalau saya pribadi charge keyakinan kepada Tuhan bahwa Dia akan menunjukkan pintu keluarnya. Melalui apa? Dhuha misalnya.

Masa iya sih, ada masalah yang tidak ada jalan keluarnya? Sebagaimana semua penyakit (yang terberat sekalipun) maka Allah sudah menyiapkan obatnya, demikian juga masalah kita semua, seberat apapun. Tahukah anda apa masalah terberat? "Keyakinanmu yang parah" :)

Karena cara saya mendasarkan/ menyandarkan/ mempercayakan keyakinan kepada Tuhan, maka saya melakukan cara-cara Tuhan tersebut. Misalnya seperti sudah dikatakan diatas yakni memuji_Nya melalui dhuha. Jika kita tulus memuji_Nya, maka tiba-tiba seperti ada listrik yang masuk dalam hati. Nyetrum. Inilah yang saya namakan setrum keyakinan, sebagai bahan bakar.

Setelah bahan bakar keyakinan bertambah maka saya bergerak mencari jalan keluar. Bergerak (usaha/ action) semaksimal mungkin sampai lelah. Semakin bertambah lelah karena tidak kunjung mendapatkan jalan keluar sehingga indikator battery keyakinan saya mulai "low". Ketika tidak kunjung menemukannya dan menyebabkan berkurangnya keyakinan maka saya dhuha lagi sehingga yakin lagi dan bergerak lagi. Begitu seterusnya sampai ketemu jalan keluarnya. Dan ada saatnya pasti ketemu... Saya yakin mengatakan hal ini. Kenapa? Karena sudah mengalami sendiri....

Yang jadi masalah adalah kita yakin pada awalnya akan menemukan pintu keluar. Namun setelah sekian lama berusaha jalan keluar tersebut tak kunjung didapatkan yang menyebabkan keyakinan kita semakin lama semakin luntur. Sehingga pada akhirnya kita akan menggerutu atau menggalaukan diri dalam kegelapan dan tidak mau berusaha lagi untuk keluar dan menemukan cahaya terang. Sibuk mencari kambing hitam sebagai biang keladi masalah. Padahal biang keroknya adalah yang berdiri didepan cermin.

Makanya Allah berfirman yang maknanya melarang kita berputus asa dari rahmat Allah, karena yang putus asa hanyalah mereka yang tidak yakin (kafir) terhadap pertolongan_Nya didalam memberikan solusi/ jalan keluar dari apapun masalah kita.

Ini menyiratkan bahwa mencari jalan keluar itu tidak gampang. Tidak sekonyong-konyong atau tiba-tiba. Perlu perjuangan alih diri/ transformasi diri menjadi pribadi yang lain yang lebih tangguh. Makanya dalam perjalanan terjal ini, lakukanlah dalam bingkai iman kepada Tuhan. Sehingga seberat apapun tetap yakin akan ada saatnya roda berputar, badai berlalu.

Adds
Yuk belajar merubah badai menjadi rahmat. Merubah kesedihan menjadi kebahagiaan karena menemukan jalan keluar bagi masalah kita. Segera klik disini untuk belajar lebih jau.


Artikel Terkait



1 comment:

  1. artikel pak adhin sangat memberikan saya banyak pengetahuan , sangat trimakasih dapat ilmu baru terus menerus,semenjak jadi member rahasiakuncisukses.
    kepingin jadi member magis7 juga nih

    ReplyDelete