Jul 1, 2014

Rahasia Tersembunyi Bulan Ramadhan

Ketika syetan diikat kuat
Ketika pintu surga dibuka lebar dan pintu neraka ditutup rapat
Ketika pahala ibadah digandakan berlipat
Ketika doa diijabah dan pasti dijawab

http://hjkarpetmasjid.blogspot.com/

Maka rugilah mereka yang lalai
Dalam dunia mereka berandai andai
Dalam kenikmatan mereka terkulai

Sobat beriman
Ramadan datang membawa berkah dan ampunan
Sambutlah dengan riang dan senang
Berbahagia dalam kemenangan
Raih surga dan ampunan Tuhan Semesta Alam

"Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan yang penuh berkah. Allah mewajibkan kamu berpuasa, karena dibuka pintu- pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka, dan dibelenggu syaitan- syaitan, serta akan dijumpai suatu malam yang nilainya lebih berharga dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak berhasil mem¬peroleh kebaikannya, sungguh tiadalah ia akan mendapatkan itu untuk selama-lamanya." (HR Ahmad, An-Nasa’l, dan Baihaqi).

Sahabat, Alhamdulillah kita sudah didatangi bulan penuh berkah yakni bulan Ramadhan. Bulan yang membawa banyak sekali hadiah untuk manusia yang beriman. Hadiah besar yang tak ternilai harganya dengan apapun.

Bayangkan saja ketika kita sedang kepanasan dan kehausan selama berbulan-bulan ditengah padang pasir, tiba-tiba mendatangi kita seseorang yang membawa apapun yang kita butuhkan. Air segar yang kita minum, makanan lezat yang kita makan, kendaraan untuk menuju tujuan dan berbagai keperluan kita. Sudah seharusnya dan otomatis kita merasa sangat bahagia dan beruntung ketika bertemu dengannya memberikan gratis semua yang dibawa. Hanya orang gila yang menolak kedatangannya.

Bulan Ramadhan adalah bulan mulia dimana saat itu diturunkan Al Qur'an sebagai petunjuk untuk manusia. Membawa peta kemana seharusnya manusia menuju arah dan tujuan hidupnya. Sadarilah bahwa manusia sudah terlalu banyak kesulitan yang menyebabkan kita sering tersesat mengambil jalan akibat seringnya mengikuti hawa nafsu dan syetan. Pada akhirnya apa-apa yang kita dapatkan adalah kelelahan, kekurangan, kemiskinan, kegagalan, kesedihan dan lain sebagainya. Ketahuilah semua itu terjadi karena kita telah tersesat, salah mengambil jalan, baik sadar atau tidak sadar. Khabar baiknya syetan sudah diikat kuat tinggal kita sendiri yang harus mengendalikan hawa nafsu. Maka cekiklah ia dengan lapar serta haus. Maka sambutlah kedatangannya, sambutlah petunjuk_Nya.

Allah swt berfirman,

“Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (QS. Al-Baqarah 185)

Ramadhan, bulan mulia. Bulan yang penuh dengan energi spiritual yang powerfull untuk membawa jiwa menuju kesucian dan kemuliaan dunia dan akherat. Maka manfaatkanlah untuk mengadukan segala permasalahan hidup hanya kepada_Nya. Berdoalah karena doa pada bulan mulia ini pasti dikabulkan. Oleh karena itu manfaatkan sebaik mungkin waktu demi waktu untuk melakukan muhasabah, doa dan ibadah. Insya Allah cahaya petunjuk akan kita dapatkan untuk menerangi gulita malam.

Bulan Ramadhan, Inilah kesempatan langka bagi kita untuk melaksanakan ibadah sebagai bukti keimanan seperti,
  • Ibadah wajib, baik sholat dan puasa itu sendiri. Inilah momentum terbaik bagi kita untuk berusaha semaksimal mungkin shalat berjamaah.
  • Shalat tarawih, witir dan membaca Al Qur'an. Saat tepat untuk charging keimanan melalui tarawih dan tadabur kitab suci. Bacalah, Insya Allah kita akan menemukan jawaban dari pertanyaan (kesulitan) yang selama ini membelenggu. Bacalah sampai hati anda mengatakan "Aha, inilah solusi yang harus saya tempuh". Bukan anda yang menemukan solusi tetapi Allah yang memberikan petunjuk kepada kita semua.
  • Dhuha dan Tahajud. Biasanya kita malas melakukan amalan sunnah tersebut. Pada bulan mulia ini ada kesempatan yang terbuka lebar untuk menerapkannya. Lakukan tahajud sebelum sahur dan dhuha sebelum beraktifitas, niscaya kita akan segera menemukan secercah harapan dan rezeki yang tidak diduga-duga sebelumnya.
  • Sedekah. Amalan yang enteng kita lakukan di bulan Ramadhan adalah sedekah. Biasanya kita kikir namun entah mengapa dibulan ini sifat tercela tersebut hilang. Maka sedekahlah sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan fadhilah sebesar-besarnya. Sedekah adalah bangkir pribadi yang akan melipatgandakan penghasilan, bodyguard pribadi yang akan melindungi kita dari bala dan bencana, asisten pribadi dan dokter pribadi. Termasuk mempermudah jodoh, mempermudah mendapatkan solusi bagi hutang lunas, dan mempermudah keturunan. Yang pasti sedekah adalah perisai bagi api neraka.
  • Berbuat kebaikan demi kebaikan kepada sesama dan semesta alam yang pahalanya akan dilipat gandakan sampai tak terbatas.

Maka tingkatkanlah ibadah hari demi hari sampai 10 hari terakhir bulan Ramadhan agar kita bisa mengisi malam mulia lailatul qadar. Sebuah malam rahasia yang keutamaannya lebih baik dari seribu bulan atau lebih dari 83 tahun. Sebuah angka yang menakjubkan bukan? Segala amalan dan ibadah seperti diatas akan dilipatgandakan seperti ibadah selama 83 tahun. Jika anda dhuha/ tahajud 2 rakaat satu malam saja seperti sudah melakukannya selama 83 tahun lebih, demikian pula otomatis fadhilahnya mengikuti, yakni kemuliaan hidup dunia dan akherat.

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr 1-3)

Pada akhirnya kotornya jiwa dan raga ini akan bersih kembali selepas ramadhan. Jiwa dan raga tertransformasi menjadi pribadi yang baru dimana sudah lebih siap untuk menghadapi ujian keimanan selanjutnya, pun siap dengan karunia dan keberkahan yang juga akan didapatkan. Karena hanya jiwa yang bersih saja yang pantas untuk mendapatkan keberkahan yang sempurna.

Petunjuk ibarat sebuah peta yang memberikan solusi kemana anda melangkah. Solusi apapun dari masalah anda yang selama ini serasa buntu. Tetapi solusi ini hanya untuk manusia beriman yang merasa bergembira didalam menyambut datangnya ramadhan. Jangan sampai kita hanya mendapatkan lapar dan haus semata tanpa memperoleh manfaat didalamnya. Ibarat menemukan sebuah peta lalu membuangnya, maka selama-lamanya hidup kita akan tersesat.

Allah swt berfirman,  “Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu bertakwa pada Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” (Qs. Al Baqarah: 185)

Kita akan segera mengetahui fadhilah atau keutamaan atau efek dari ibadah dibulan ini pada masa-masa mendatang jika kita benar-benar mengisinya dengan sebaik-baiknya. Karena ramadhan menyimpan rahasia besar dan tersembunyi yang akan segera tersingkap. Kita akan membuktikannya ketika mengisinya dengan apa-apa yang diperintahkan dan dianjurkan. Kita akan membuktikan sebagai hadiah bagi keimanan.

Kita juga akan mengetahui kesia-siaan yang kita dapatkan jikalau tidak mengisi bulan ini dengan amal, ibadah dan kebaikan. So, isilah dengan kebaikan yang sempurna, sebelum terjadi penyesalan berkepanjangan..

Bersambung;

Iklan/ adds
Rahasia Kunci Sukses, Rahasia Kemuliaan (Kesuksesan dan kebahagiaan sejati). Bulan ramadhan adalah bulan yang sangat baik untuk menerapkan metode sukses versi kami. Klik disini untuk melihat penjelasan lebih detail



Artikel Terkait



3 comments:

  1. Replies
    1. Manusia memang mahluk bermasalah, maka adukanlah segala masalahmu di bulan suci ini. Niatkan untuk dunia dan akherat sekaligus

      Delete
  2. trims tlah berbagi. lebih mengena dihati

    ReplyDelete