Jul 8, 2014

Misi Hidup Manusia Di Dunia

Kalau kita flash back ke belakang, yakni kembali lagi pada zaman dahulu kala ketika Nabi-Nabi dan Utusan Tuhan lahir ke dunia. Mereka adalah orang terhebat pada masanya. Pemimpin, saudagar, tabib, dan arsitek terpandai. Pun para sahabat terdekatnya adalah manusia-manusia hebat sepanjang sejarah.
  • Musa as adalah Nabi dan Rosul Tuhan sekaligus pemimpin hebat bagi kaumnya. Demikian pula Nabi Daud as.
  • Sulaiman as raja yang kaya dan adil.
  • Isa as dan hawariyyun atau para pengikutnya yang tahan banting terhadap berbagai ujian
  • Nabi Muhammad saw dan para sahabatnya yang tidak akan mundur selangkahpun demi memastikan cita-cita atau misinya berhasil atau mati syahid.

Sungguh pada diri mereka terdapat pelajaran berharga. Dan juga pertanyaan yang menggelayut, ada apakah gerangan sehingga mereka menjadi manusia setangguh itu? Ternyata jawabannya jelas, yakni mereka semau yakin mendapatkan mandat dari Tuhan Semesta Alam.

Para Nabi dan Rosul mengenal Tuhan begitu dalam, begitu dekat. Kemudian mereka mendapatkan misi masing-masing langsung dari Sang Pencipta. Itulah mengapa mereka mempunyai ghiroh atau semangat diluar imaginasi.

Kenyataan ini membertahukan kita bahwa, diakui atau tidak, saya dan anda belum mengenal_Nya dengan benar. Makanya hidup kita kacau balau. Tidak peduli ustadz atau seseorang yang hapal ilmu tauhid, tetapi ketahuilah keimanan bukan hapalan dan pemikiran semata, tetapi sebuah rasa yang mendarah daging akan keyakinan kepada Tuhan Seluruh Alam.

Sebagai ummat muslim tahukah anda bahwa kita juga mendapatkan misi dari Sang Pencipta secara langsung, yaitu diinformasikan dalam Al Qur'an? Apa misi tersebut?
  • Menjadi khalifah dimuka bumi. Yakni memakmurkan bumi ini dengan sebaik-baiknya. Memanfaatkan kekayaan alam dengan baik untuk manfaat bersama secara luas. Bukan eksloitasi dan pengerukan dalam kerakusan dan kerusakan.
  • Menyembah/ Mengabdi kepada Allah. Yakni semua hal diatas ditujukan semata-mata bentuk pengabdian kepada_Nya. 

Kalau disimpulkan misi manusia adalah menjadi manusia yang berguna dan bermakna secara luas bagi sesama dan semesta alam dalam bingkai ridho Ilahi.

Inilah misi anda yang harus ditunaikan dengan sempurna. Renungkanlah disela-sela kesibukan anda apakah selama ini sudah menjadi rahmat semesta alam?

Iklan
Rahasia Kunci Sukses, Menjadi mulia, sukses dan bermakna. Klik disini untuk pendaftaran


Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment