Jul 17, 2014

Cara Menyembuhkan Fobia, Ketakutan, Cemas, Panik, Was-Was dsb

...............Singkatnya pak sejak SD saya sudah menderita fobia thd keringat pak. Kemudian menjalar jadi serangan panik hidup saya selalu was was penuh kekhawatiran. Malu kalo tiba2 serangan panik itu menyerang saya. Akibatnya mau melakukan apapun saya takut pak ke dokter takut dicek tekanan darahnya karena tinggi. Menyetir takut dan byk ketakutan yg tidak masuk akal. Saya sering sekali dikenalkan dg pria tapi selalu gagal. Mungkin saya terlalu sombong.... Tapi saya sebenernya malu sama keadaan saya yg menderita kecemasan pak. Takut anak saya nanti ngga normal. Kadang takut kalo mereka ngga mau menerima saya dan keponakan saya..........

Jawab: Semoga fobia nya segera sembuh ya?

Sungguh fobia adalah penyakit mental yang melelahkan, bahkan sangat melelahkan. Disatu sisi kita ingin melawan fobia tersebut, disisi lain rasa itu muncul otomatis dan tidak bisa ditahan. Ketika diajak terapi fobia, malah ketakutan mendengar kata terapi. Tambah rumit khan?

Menurut saya fobia tidak akan bisa hilang, dikarenakan ia sudah kadung mengendap dalam alam bawah sadar. Satu-satunya cara menenggelamkan fobia tersebut secara kontinyu dengan hal-hal baru yang positif.

Analoginya begini.. Di bawah rumah anda dilewati selokan dimana membuat rumah menjadi bau. Selokannya tetap dan tidak akan dipindah, tetapi cara supaya tidak bau, tempat buat mengalir selokan ditutup atasnya dengan semen sampai rapat. Begitu analoginya...

Kemudian cara yang kedua kebalikan dengan analogi diatas, yakni perlebar saja selokannya sehingga baunya makin tambah menjadi-jadi. Awal-awal memang muntah tapi lama-kelamaan menjadi hal yang biasa.

Silahkan pilih cara yang mana?

Contoh
Takut keringat. Sebenarnya fobia keringat dan fobia lainnya hanya masalah pikiran yang sudah mengkristal dalam alam bawah sadar. Susahnya karena sudah mengkristal jadi tidak mungkin dihilangkan. Cara menenggelamkan fobia keringat adalah dengan cara bergaul dengan orang yang rutin memakai deodorant dalam jangka waktu yang lama. Nanti tidak terasa fobia keringat tersebut hilang, walaupun pada sebuah kesempatan berbicara dan ngobrol dengan orang lain yang keteknya bau. :)

Cara kedua adalah metode yang saya pakai, yaitu menyembuhkan penyakit dengan penyakit lain yang lebih parah. Berarti kalau fobia keringat maka latihanlah kepada diri sendiri tidak memakai deodorant dan sering mencium keteknya sendiri. Pertama-tama muntah, lama kelamaan terbiasa. Saya buktinya..

Ada lagi rasa takut diluar kewajaran, cemas, was-was, panik dan perasaan sejenisnya. Sekali lagi ini kesalahan paradigma yang sudah terlanjur mengkristal. Mengkristalnya dalam alam bawah sadar sehingga menjadi prinsip hidup yang mengakar dan susah hilang.

Ada banyak sekali bias atau jenis-jenis penyakit mental ini. Tulisan ini kemungkinan besar tidak akan berpengaruh apapun. Ingin sekali saya mendatangi sahabat yang menderita fobia dan menanamkan nilai-nilai baru sehingga paradigmanya bisa bergeser. Semoga impian saya terwujud suatu saat. Amin

Kadang-kadang saya merasa gatal dengan fobia yang diderita beberapa teman. Kok bisa-bisanya fobia yang tak beralasan. Takut gelap, takut pocong, takut ketika ada orang meninggal dan sebagainya. Ini sungguh tidak masuk akal. Hanya perlu menanamkan cara berpikir yang baru, sehingga fobia tersebut hilang.

Apa yang dialami sahabat kita diatas sama dengan saya beberapa waktu lalu, dan juga tetangga saya, yakni takut dokter. Takut nanti di vonis hipertensi, jantung, kolesterol dsb. Intinya takut kepada kematian, padahal kematian tersebut sudah tertulis kapan waktunya. Wallahu A'lam

Fobia berasal dari syetan yang menunggangi pikiran, hawa nafsu dan emosional. Ingat, fobia dari syetan.. Siapakah syetan? Bagaimana cara mereka mempengaruhi pikiran dan emosional? Hadeh, dari pada nanti jadi panjang saya ringkas saja.

Syetan mempengaruhi bahkan mengendalikan manusia melalui cara berpikir. Cara berpikir benar masih bisa ditunggangi syetan apalagi cara berpikir yang salah. Untuk itulah wajib mengetahui kebenaran agar cara berpikirnya benar. Dan kebenaran itu berasal dari Tuhan Semesta Alam, salah satunya ada dalam firman Allah swt dalam kitab suci Al Qur'an.

Nanti masalah fobia secara rinci saya bahas lagi. Sementara ini dulu..

Ads
Magis7. 7 langkah magis menguasai rasa sejati yang bisa dimanfaatkan untuk membabat fobia apapun. Klik disini untuk belajar dengan saya.



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment