Jun 30, 2014

QS Al Maidah

Surah Al-Ma'idah yang berarti "Jamuan (Hidangan)". Merupakan surah ke-5 dalam Al-Qur'an. Surah ini terdiri dari 120 ayat dan termasuk golongan surah Madaniyah. Sekalipun ada ayat-ayatnya yang turun di Mekkah, namun ayat ini diturunkan sesudah Nabi Muhammad hijrah ke Madinah, yaitu di waktu peristiwa Haji Wada'. Surah ini dinamakan Al-Ma'idah (hidangan) karena memuat kisah pengikut-pengikut setia Nabi Isa a.s. meminta kepada Nabi Isa a.s. agar Allah menurunkan untuk mereka Al-Ma'idah (hidangan makanan) dari langit (ayat 112).

Dan dinamakan Al-Uqud (perjanjian), karena kata itu terdapat pada ayat pertama surah ini, dimana Allah menyuruh agar hamba-hamba-Nya memenuhi janji terhadap Allah dan perjanjian-perjanjian yang mereka buat sesamanya.

Dinamakan juga Al-Munqidz (yang menyelamatkan), karena akhir surat ini mengandung kisah tentang Nabi Isa a.s. penyelamat pengikut-pengikut setianya dari azab Allah. Didalam surah ini juga terdapat ayat berisi tentang bantahan terhadap orang-orang yang mempertuhankan Nabi Isa a.s. (Ref. Wikipedia)

Untuk Membaca, baik dalam bahasa arab, terjemahan, tafsir atau Asbabun Nuzul atau mendengarkan MP3 silahkan cek link dibawah ini.

Silahkan dengarkan murottal QS Al Maidah dari Seikh Sa'ad Al Ghamidi




Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment