Jun 29, 2014

Perawatan Mata Memar Karena Benturan

Mata adalah organ penglihatan yang penting. Jangan sepelekan ketika anda terkena benturan fisik, kecelakaan dll dimana daerah mata terkena efeknya. Sehari yang lalu saya membawa seorang teman yang bermain bulu tangkis, ketika mencoba menghadang smash namun bukan kok yang kena tetapi kok tersebut meluncur deras menuju mata kiri. Begitu derasnya smash tersebut yang menyebabkan matanya bengkak dan sampai-sampai tidak bisa melihat (buta sementara). Bagian korneanya terkena kok tersebut sehingga mengalami pendarahan dari dalam. Setelah ditunggu hampir satu jam mata teman saya tersebut masih tidak bisa melihat apapun sehingga saya memutuskan untuk membawanya ke rumah sakit.

Untunglah korneanya masih bisa diselamatkan. Ia harus dirawat beberapa hari dirumah sakit. Saya menyarankan sambil dirawat untuk melakukan self healing. Ajaibnya setelah dilakukan treatment oleh dokter namun mata masih belum bisa melihat, setelah saya sarankan sambil istirahat sambil melakukan self healing didukung oleh obat-obat dari dokter, matanya berangsur-angsur bisa melihat walaupun masih kabur.

Saya PD saja menyarankan self healing, karena saya sendiri sudah membuktikan ketika lumpuh syaraf, magh, sakit kepala dll. Seperti apa self healing itu? Anda bisa cek disini.

Berikut ada informasi mengenai treatment mata yang memar dari klikdokter.com untuk menambah wawasan.

Cara mengobati memar mata adalah dengan segera lakukan pengompresan. Hal ini guna mencegah bertambah banyaknya darah yang merembes ke jaringan. Memar mata terjadi karena benturan benda keras. Tanda yang akan terlihat adanya benjolan pada bagian yang terbentur, kadang disertai warna kebiruan. Benjol dan kebiruan disebabkan karena pembuluh darah pada bagian yang terkena benturan pecah dan darah masuk kejaringan sekitarnya.

Struktur wajah dan mata sangat sesuai untuk melindungi mata dari cedera. Bola mata terdapat di dalam sebuah rongga yang dikelilingi oleh bubuhan bertulang yang kuat. Kelopak mata bisa segera menutup untuk membentuk penghalang bagi benda asing dan mata bisa mengatasi benturan yang ringan tanpa mengalami kerusakan. Meskipun demikian, mata dan struktur di sekitarnya bisa mengalami kerusakan akibat cedera.

Cidera yang terjadi pada mata bisa berupa memar akibat terkena benturan sesuatu. Mungkin tidak ada benda asing disekitar mata tetapi memar bisa terjadi di mata atau bahkan di bola matanya, bisa membuat khawatir dan terjadi kerusakan penglihatan. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan saat memar mata terjadi, yaitu;
  • Kompres es batu : lakukan setiap 5-10 menit, lalu istirahatkan 5-10 menit berikutnya selama seharian. Es batu di balut dengan handuk kecil, lalu kompreskan pada mata yang memar terus secara perlahan-lahan. Pengompresan ini akan mengurangi pembengkakkan.
  • Kompres air hangat : kompres ini dilakukan 1-2 hari setelah kompres es batu. Kompres air hangat juga dapat membantu memperlancar peredaran darah yang memar dan melebarkan pembuluh darah setempat.
  • Berikan obat antinyeri seperti parasetamol. Hindari ibuprofen atau aspirin karena ditakutkan akan menambah perdarahan.
  • Jika memar mata bertambah parah dan ada cairan keluar dari mata, rasa nyeri terus menerus, penglihatan terganggu, segera temui dokter Anda


    Presented by. Rahasia Penyembuhan Diri. Metode menyembuhkan segala penyakit dengan terapi energi diri. Klik disini untuk penjelasan detail.

Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment