Jun 11, 2014

Menarik Uang, Kekayaan dan Kemakmuran dengan Istighfar

"Gimana biar cepat dpt duwit saya bingung mana di tagih hutang :) pusing" (Email dari S, sahabat blog)

Jawab: Semoga segera mendapatkan uang untuk membayar hutang. Amin

Ijinkan saya bertanya;
  • Mengapa anda berhutang? Untuk alasan apa?
  • Apakah tidak berpikir sebelumnya bahwa hutang harus dibayar tepat waktu?
  • Mengapa ketika sudah jatuh tempo belum juga ada uang untuk membayarnya?
  • Mengapa kita pusing dan stress ketika harus membayar hutang, padahal itu kewajiban?
Maksud saya mempertanyakan beberapa hal diatas adalah sebagai bahan instrospeksi kemudian menyadari bahwa dalam hal ini tidak ada yang salah, kecuali kita sendiri yang berhutang. Untuk kemudian menyadari kesalahan tersebut dan mau muhasabah diri dan memohon ampun atas kekeliruan tersebut. Nyata-nyata sebagai manusia kita mahluk yang lemah dan bodoh. Inilah instrospeksi, inilah evaluasi.

 

Setelah itu apa? Hadapi ketidakmampuan kita didalam membayar hutang. Hadapi mereka yang menagihnya dengan memberikan alasan yang baik. Jangan tersulut emosi yang menyebabkan diri kita semakin stress nantinya. Hadapi dengan setenang-tenangnya walaupun sulit, sebagai bagian dari berlatih ketenangan, kesabaran dan pengendalian hawa nafsu amarah.

Sambil terus merenung dan evaluasi dan berpikir serta bekerja lebih keras lagi. Semua harus disandarkan kepada Sang Pencipta. Inilah hakikat dari istighfar yakni memohon ampun kepada Allah, kemudian instrospeksi, evaluasi dan memperbaiki segala hal yang berhubungan dengan mental itu tadi.

"Maka aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai." (QS Nuh 10-12)

"Barangsiapa yang senantiasa beristighfar, maka Allah akan memberikan kegembiraan dari setiap kesedihannya, dan kelapangan bagi setiap kesempitannya dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangka," (HR.Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad).

Jika;
  • Sudah bertaubat dan mohon ampun kepada Allah (dengan ucapan, pikiran dan hati) atas kelemahan kita. Ini harus pengakuan yang benar-benar jujur, setelah melewati serangkaian proses perenungan dan muhasabah diri. Banyak yang mengucap Istighfar namun tidak sampai ke hati, ini adalah kelalaian. Tidak akan bermanfaat untuk perbaikan nasib ke depan.
  • Memperbaiki mental lebih baik. Bukan setelah istighfar kemudian hujan emas, tetapi terlebih dahulu harus memperbaiki kebiasaan tidak baik, seperti suka berhutang. Sebisa mungkin tahan tangan kita untuk berhutang, bukankah kita sudah dan sedang belajar percaya kepada Allah?. Kalau perlu jual HP anda untuk membayarnya. Inilah mental, inilah bukti keimanan.
  • Menghadapi ujian dengan kesabaran. Setelah pengakuan iman dalam bentuk istighfar sudah pasti kita akan menghadapi banyak ujian. Wajib. Maka hadapilah dengan kesabaran orang yang akan menagih hutang tersebut.
  • Berusaha mencari solusi dengan berpikir dan bekerja keras. Istighfar yang menyentuh hati seharusnya akan menggerakkan pikiran untuk berpikir dengan lebih keras. Pikiran akan memerintahkan raga untuk bekerja lebih tekun. Menyatu hati, jiwa dan raga dalam mempercayai janji Tuhan. Inilah seharusnya yang kita lakukan.

Insya Allah solusi akan datang. Keajaiban baik solusi jitu, jalan keluar yang tidak disangka-sangka, rezeki tidak diduga dan bentuk-bentuk kemakmuran lainnya. Istighfar adalah cara menarik uang, kekayaan dan kemakmuran.

Dahulu sekitar 8 tahun yang lalu, saya pernah mempunyai hutang sekitar 4,5 juta. Sudah jatuh tempo dan harus dibayar, padahal uang tidak cukup. Akhirnya seluruh gaji yang waktu itu 2,5 jutaan, plus menjual beberapa barang (Emas istri, HP, Komputer) ditambah hutang saudara beberapa ratus ribu, terkumpulah uang 4.5 juta. Saya sungguh menangis ketika dalam perjalanan menuju lembaga pembiayaan tersebut, dikarenakan untuk kebutuhan keluarga tidak ada lagi. Tetapi hutang tetap harus dibayar, inilah ketentuan agama. Diluar dugaan uang tersebut dikembalikan lagi kepada kami dikarenakan hari itu adalah ulang tahun perusahaan.

Dari situlah pemahaman baru mulai terasa, sampai kemudian kemudahan demi kemudahan terjadi susul menyusul. Syaratnya sederhana Istighfar, memahami kelemahan kita sebagai manusia kemudian untuk kemudian memilih tindakan2 sesuai dengan hukum Tuhan, walaupun seringkali tindakan tersebut bertentangan dengan logika.

Istighfar adalah cara terbaik menarik uang, kekayaan dan kemakmuran.

Mau belajar rahasia menarik rezeki dengan mengagumkan? Klik disini untuk penjelasan detail.


“Barangsiapa yang senantiasa beristighfar niscaya Allah akan menjadikan baginya kelapangan dari segala kegundahan yang menderanya, jalan keluar dari segala kesempitan yang dihadapinya dan Allah memberinya rizki dari arah yang tidak ia sangka-sangka.” - See more at: http://www.arrahmah.com/read/2013/02/01/26428-keutamaan-memperbanyak-istighfar.html#sthash.ZRMe1xkf.dpuf
“Barangsiapa yang senantiasa beristighfar niscaya Allah akan menjadikan baginya kelapangan dari segala kegundahan yang menderanya, jalan keluar dari segala kesempitan yang dihadapinya dan Allah memberinya rizki dari arah yang tidak ia sangka-sangka.” - See more at: http://www.arrahmah.com/read/2013/02/01/26428-keutamaan-memperbanyak-istighfar.html#sthash.ZRMe1xkf.dpuf

Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment