Jun 1, 2014

Amalan Untuk Menaikkan Derajad/ Status Sosial

Beberapa hari selepas menyusun acara peringatan Isro' Mi'roj Nabi Muhammad saw, saya mendapatkan undangan pengajian dengan tema yang sama dimana ada sebuah ceramah yang disampaikan oleh seorang Ustadz muda namanya Ustadz Abdul Aziz dari bekasi. Inilah beberapa yang masih saya ingat, saya tuliskan disini ditambah dengan beberapa tambahan dari kami sendiri. Ada poin-poin yang perlu kita cermati dalam sejarah Isra' Mi'raj Nabi Muhammad saw. Yakni pertanyaan malaikat Jibril, Mikail dan Izrail kepada Nabi saw. Apa pertanyaan Malaikat tersebut?

Ada amalan yang bisa menjadi penolak api neraka apakah itu?
  • Takut kepada Allah dalam kesendirian dan keramaian. Artinya hatinya selalu terpaut kepada Sang Pencipta baik dalam kesendirian maupun dalam keadaan keramaian. Memahami bahwa Tuhan Maha Melihat maka selalu merasa diawasi oleh Allah segala tindak tanduknya sehingga memelihara dari perbuatan-perbuatan dosa.

Ada amalan yang bisa menghapus kebaikan apakah itu?
  • Menuruti hawa nafsu. Inilah yang sulit kita kendalikan. Namun berusahalah untuk mengontrol dan mengendalikannya. Semua manusia mempunyai nafsu sebagaimana binatang. Nafsu adalah keinginan yang maunya terpenuhi. Contoh, makan adalah hawa nafsu. Jika kita makan dan maunya makan yang enak dirasakan oleh lidah serta makan sampai kenyang, maka ini adalah menuruti hawa nafsu.  Syahwat, perut, jabatan, harta, pengakuan dsb adalah bagian dari nafsu. Tempatkan nafsu pada tempatnya jangan berlebih-lebihan. Maka pantaslah orang yang selalu menuruti hawa nafsu maka amal kebaikannya akan terhapus sedikit demi sedikit, karena akalnya telah dikalahkan oleh nafsu.
  • Ujub. Merasa hebat, pintar, cakap, cantik, benar, alim dsb adalah bagian dari ujub. Padahal didunia ini menurut Allah tidak ada yang hebat kecuali diri_Nya sendiri.
  • Riya. Riya' atau pamer adalah melakukan amal perbuatan supaya dipuji oleh manusia. Ini bisa menghapus amal kebaikan, karena seharusnya amal baik itu dilandaskan dan dipersembahkan untuk Allah saja bukan untuk mansia.

Ada amalan yang bisa menjadi kifarat atau penghapus dosa kecil, apakah itu?
  • Duduk di majelis ilmu. Adalah menghadiri majelis ilmu yang bermanfaat, baik ilmu agama, muamalah maupun ilmu keduniaan yang diniatkan untuk kebaikan.
  • Berjalan menuju masjid untuk shalat jamaah. Langkah demi langkah menuju masjid adalah penghapus dosa-dosa kecil.
  • Menunggu waktu sholat. Menunggu waktu sholat yang satu ke sholat yang lain didalam masjid. Misalkan menunggu waktu sholat isya setelah sebelumnya sholat jamaah dimasjid.

Ada amalan untuk menaikkan derajad, apakah itu?. Menaikkan derajad disini bisa berarti menaikkan status sosial, posisi, karier dsb. Tokoh masyarakat/ panutan, pemimpin, tokoh agama, guru dsb adalah beberapa contoh mereka-mereka yang dinaikkan derajadnya di dunia ini.
  • Menyebarkan salam. Yakni mendahului menyebarkan salam kepada sesama manusia.
  • Berbagi. Adalah berbagi rezeki dan kebahagiaan kepada orang lain. Nabi Ibrahim as dalam hidupnya tidak pernah lepas dari berbagi kepada orang lain. Setiap kali makan beliau mencari orang lain untuk menemaninya makan. Inilah mengapa beliau menjadi Ibroh atau pelajaran kepada manusia sampai hari kiamat. Inilah derajad Nabi Ibrahim as yang ditinggikan oleh Allah swt sampai hari kiamat.
  • Shalat lail. Tahajud adalah salah satu metode untuk menaikkan derajad sampai kepada level status sosial yang tinggi/ tempat yang terpuji.

Sedikit membahas tentang amalan untuk menaikkan derajad. Saat ini sulit sekali untuk mendapatkan kepercayaan orang lain. Pada zaman akhir ini yang namanya kemunafikan, ketidakjujuran, ketidak adilan dsb sudah begitu mendominasi. Sudah umum. Bahkan dengan tetangga sendiri, saat ini, sudah tidak ada rasa saling percaya.

Tokoh atau yang ditokohkan pun pada saat ini banyak yang menyalahgunakan posisinya untuk menzalimi orang lain. Memanfaatkan kekuasaan/ jabatannya untuk kepentingan sendiri dan kelompoknya.

Maka pada saat ini sebenarnya semua manusia rindu seseorang yang bisa dijadikan panutan. Seseorang yang tulus jauh dari kemunafikan. Seseorang yang bisa dipercaya sebagai tempat untuk berbagi. Maka Islam menyediakan/ memberikan solusi hal ini dengan tiga amalan diatas.

Maka mulai saat ini mulailah untuk menebarkan salam kepada siapapun. Dijawab syukur, tidak dijawab kita juga tidak akan rugi. Memang orang yang menyapa terlebih dahulu pada saat ini sudah menjadi barang yang langka. Egoisme, acuh tak acuh dsb sudah menjadi ciri khas kehidupan apalagi diperkotaan. Tidak ada masalah, yang penting ucapkan salam. Percayalah manusia pada zaman akhir ini rindu seseorang yang humble dan bisa dipercaya, maka mulailah tunjukkan akhlak baikmu dengan salam, "Assalamualaikum wrwb".

Setali tiga uang antara salam dan berbagi. Berbagi pada jaman ini sudah menjadi barang yang langka dan sulit dicari, apalagi berbagi dengan ikhlas. Mungkin anda mendengar orang yang banyak berbagi namun terbalut dengan niat pamer, niat politik, ekonomi dan lain sebagainya. Pada akhirnya niat-niat yang tidak baik dari mereka diketahui, sehingga semakin menjadikan rasa ketidak percayaan kepada sesama. Mulai saat ini mulailah untuk berbagi, apapun respon orang lain. Iringi dengan niat yang baik dalam berbagi. Kecil atau besar tidak masalah. Uang, makanan, tenaga, pikiran dan lain sebagainya. Ada banyak hal yang bisa kita bagi untuk orang lain.

Shalat malam atau sholat tahajud adalah media yang mengagumkan untuk melatih kepekaan, intuisi, kecerdasan dan lain sebagainya. Sedangkan orang yang peka mampu merasakan kondisi orang lain kemudian membantu mereka. Orang yang mempunyai intuisi yang tajam bisa dimanfaatkan untuk menemukan sebuah peluang bisnis yang brilian. Orang yang cerdas mampu memecahkan masalah dari segala sudut pandang.

Tunjukkan keramah tamahanmu dalam senyuman yang diiringi oleh salam kepada setiap orang. Kemudian berbagilah kebahagiaan kepada sesama. Bantulah mereka yang mengalami masalah. Iringi semua perbuatan tersebut dengan niat baik dan ikhlas karena Allah, maka ada saatnya saya dan anda akan dinaikkan derajadnya oleh Allah swt.
  • Anda akan dipercaya orang lain
  • Anda akan menjadi tempat curhat dan mengadu untuk memecahkan masalah orang lain
  • Anda akan dikayakan dengan karunia kecerdasan dan intuisi yang tajam
  • Anda akan dijadikan panutan
Dan derajad-derajad lain yang mengagumkan.. Lakukan mulai hari ini, Insya Allah tahun depan anda akan merasakan dan membuktikan sendiri perubahan atau transformasi mental, kharakter dan lain sebagainya sebagai syarat kepantasan sebuah status sosial.

Dipersembahkan oleh Rahasia Kunci Sukses. Klik disini untuk penjelasan detail


Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment