May 30, 2014

Membahas Penemuan Injil Barnabas Kuno Yang Berusia 1.500 Tahun

Sudahkah anda membaca, atau pernah mendengar ditemukannya Injil Barnabas Kuno oleh Pemerintah Turki yang berusia 1.500 tahun? Kita akan sedikit membahas tentang penemuan lembaran-lembaran Injil Barnabas yang ditulis melalui kulit binatang dengan tinta dari emas berbahasa Ibrani (Bahasa asli Yesus). Kita akan menelaahnya dengan akal sehat bukan dengan emosional dan hawa nafsu.



Sebelumnya kita sedikit menyinggung tentang kebenaran ada dua macam. Kebenaran rasional dan supra rasiona. Kebenaran rasional adalah kebenaran berdasarkan data dan fakta yang sudah jelas ada. Contoh, gula itu rasanya manis, karena mengandung zat gula dari tebu. Semua manusia didunia sepakat akan hal ini. Kemudian ada kebenaran supra rasional yakni kebenaran yang masih belum bisa dicerna oleh akal. Contoh, ribuan tahun yang lalu ada yang mengatakan bumi itu bulat. Padahal saat itu terkenal dengan pemahaman bahwa bumi itu datar, seperti mangkuk, atau seperti tanduk rusa dsb. Bumi itu bulat adalah kebenaran walaupun seluruh manusia pada saat itu belum bisa membuktikannya.

Terkait dengan lembaran Injil Barnabas yang ditemukan oleh pemerintah Turki dimana hal ini menyebabkan perdebatan khususnya Islam Kristen yang tak ada habisnya maka marilah kita sedikit mengulasnya dengan akal sehat.

Injil barnabas diperkirakan ditulis pada 1.500 tahun yang lalu, sebagian sumber menyebutkan 2.000 tahun yang lalu. Marilah kita ambil yang banyak dipercaya yakni 1.500 tahun yang lalu atau sekitar abad ke 5. Injil tersebut menurut ditulis oleh Barnabas dimana hal ini menimbulkan perdebatan panjang. Barnabas lahir ketika masa Yesus pada abad pertama. Sedangkan lembaran Injil kuno tersebut ada sekitar abad ke 5 yakni sekitar 400 tahun setelah Yesus. Kalau Injil tersebut ditulis oleh Barnabas maka informasi ini menjadi tidak rasional. Tidak masuk akal, karena Barnabas pasti sudah meninggal jauh-jauh hari. Menjadi masuk akal kalau Injil ini ditulis oleh murid Barnabas.

Kita tidak akan memperdebatkan penulisnya namun usia daripada Injil kuno tersebut yakni sekitar 1.500 tahun yang lalu atau abad ke 5. Isi injil tersebut sebagian tentang ramalan masa depan, dapat diringkas sbb;

Berikut terjemahan Bab 41 dari Kitab Barnabas Kuno :”Allah telah menyembunyikan diriNya sebagai Malaikat Agung Michael berlari mereka (Adam dan Hawa) dari surga, (dan) ketika Adam berbalik, ia melihat bahwa di atas pintu gerbang ke surga tertulis “La Ela ELA Allah, Mohamad Rasul Allah”

Dalam satu versi Injil tersebut, Yesus mengatakan kepada para muridnya: “Bagaimana Mesias disebut? Muhammad adalah namanya yang diberkati.”

Dan di tempat lain, Yesus menyangkal menjadi Mesias, mengklaim bahwa ia akan menjadi Ismail, istilah yang digunakan untuk orang Arab, (Surat Khabar Daily Mail)

Jadi berita masa depan dari Injil Barnabas (terlepas dari segala perdebatan) adalah nubuat akan lahirnya seorang Nabi dari tanah Arab yang jelas bernama Muhammad.

Kemudian ada juga berita masa lalu yang menafikkan/ menolak keyakinan-keyakinan kristen saat ini. Seperti, Tentang penyaliban. Bukan Yesus yang disalib tetapi Yudas. Yesus hanyalah seorang Nabi sama sekali bukan Tuhan.

Kita tidak akan membahas tentang berita masa lalu dari Injil Barnabas ini, karena sesuatu yang sudah terjadi dengan mudah bisa dirubah-rubah oleh tangan manusia. Marilah kita membahas tentang nubuat masa depan yang ditulis dengan gamblang dalam lembaran Injil kuno ini yakni tentang berita gembira dengan datangnya Nabi penerus Yesus dari trah Ismail yang bernama Muhammad. Berita masa depan tidaklah mungkin bisa dirubah oleh tangan manusia. Terjadi saja belum, bagaimana mau dirubah-rubah?

Untuk memudahkan kita memahami hal ini marilah kita seolah-olah menembus waktu dan pergi ke abad ke 5. Ini adalah berita supra rasional alias sulit dipercaya pada saat itu. Bagaimana mungkin Barnabas atau Murid Barnabas menulis sesuatu hal mengagumkan yang bahkan belum terjadi? Kalau menurut anda dari mana sumbernya? Kalau saya mengatakan sumbernya pasti dari wahyu Ilahi yang sebelumnya diberikan kepada Yesus, ini nampak masuk akal. Kenapa? Karena hanya wahyu Ilahi yang dijamin kebenaran mutlak.

Bagaimana pendapat anda kalau saya mengatakan bahwa. 200 tahun ke depan yakni tahun 4014 akan lahir seorang manusia sakti bernama Adhin Busro di tanah Zamrud Katulistiwa berbahasa melayu. Saat itu Adhin Busro akan menghancurkan salib dan membunuh babi. Apa reaksi anda? Jika anda muslim mungkin hanya tersenyum-senyum sambil mengatakan, "Sumbernya dari mana? Sejak kapan anda gila?". Kalau anda Kristen mungkin akan mengatakan, "Biadab kamu, asal ngomong saja. Takutklah kepada Yesus". Respon negatif kepada saya masuk akal, karena atas dasar apa saya mengatakan igauan diatas? Apakah saya adalah mahluk suci yang mendapatkan Ilham dari Tuhan? Tentu tidak demikian. Saya adalah mahluk biasa yang tidak akan tahu hal-hal ghaib.

Kembali ke topik. Katakanlah ada seorang Murid Barnabas disebuah rumah/ tempat tertentu menulis lembaran ini. Mengabarkan akan hadirnya Muhammad di tanah Arab sebagai Nabi Mesias penerus Yesus. Menurut anda ini berita yang aneh khan? Bagaimana mungkin seseorang meramalkan lahirnya Nabi dari Arab padahal saat itu masih sekitar 200 tahun sebelum kelahiran Muhammad saw. Kakeknya Muhammad saw saja belum lahir namun nubuat ini jelas-jelas meramalkan plus nama yang tertera dan alamatnya dengan jelas. Ada dua kemungkinan. Jika nubuat ini benar tentu saja akan memperkuat iman kaum muslim, dan meruntuhkan iman kaum Yahudi dan Kristen. Jika berita ini salah maka akan meruntuhkan Iman Muslim dan memperkuat akidah Kristen dan Yahudi. Nyatanya berita ini terpenuhi persis pada abad ke 7 yaitu 2 abad setelah penulisan nubuat, yakni lahirnya Nabi Muhammad saw di tanah Arab yakni di Mekah.

Ini adalah logika sederhana untuk mencari kebenaran. Bagi yang akalnya sehat Insya Allah akan menerimanya. Bagi yang menggunakan hawa nafsu dan kedengkian tentu saja menolaknya. No problem, saya hanya berusaha menyampaikan apa adanya.

Untuk melihat seperti apa lembaran Injil Kuno Barnabas tersebut silahkan tonton video dari youtube berikut ini





Artikel Terkait



2 comments:

  1. Kahfi, Ahmad; “Terjemahan Injil Barnabas (The Gospel Of Barnabas): Injil yang Membenarkan Kerasulan Muhammad”; 2008; Bina Ilmu, Surabaya.
    • “Tentang Barnabas, Pesannya Adalah Jika Dia Datang Kepadamu Sambutlah Dia” (Surat Paulus kepada penduduk Kolose Bab IV Ayat 10) (Halaman 1)



    ReplyDelete