May 18, 2014

Dunia Adalah Permainan dan Senda Gurau

“Ketahuilah oleh kalian, sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan sesuatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megahan di antara kalian serta berbangga-banggaan dengan banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang karenanya tumbuh tanam-tanaman yang membuat kagum para petani, kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning lantas menjadi hancur. Dan di akhirat nanti ada adzab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan- Nya. Dan kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.” (Al- Hadid: 20)

Untuk mengetahui kefanaan/ ketiadaan/ ketidak kekalan dunia kita bisa melakukan muhasabah dengan pendekatan realitas materi dan tipuan otak seperti pembahasan sebelumnya. Selain itu kita juga bisa memahaminya dengan pendekatan kuantum sebagaimana sudah dijelaskan pada bab realitas kuantum. Pada intinya kehidupan dunia itu bukanlah realitas yang sesungguhnya namun hanya ilusi, mimpi atau fatamorgana. Pada hakikatnya kehidupan dunia hanyalah ketiadaan atau kefanaan.

Dengan memahami hal tersebut kita akan mengetahui bahwa sebenarnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan. Ajang perlombaan untuk bermegah-megahan dan berbangga-banggaan dengan kemewahan yang dimilikinya. Inilah daya tarik dunia yang begitu kuat menyeret hampir seluruh manusia untuk masuk ke dalam gelanggang permainan tersebut. Permainan yang melibatkan hampir seluruh manusia dari segala peradaban.

Disinilah ujian permainan di gelar. Barang siapa yang hanyut dalam permainan tersebut kemudian lupa fitrah maka ia akan berakhir dengan penyesalan abadi. Barang siapa yang ikut permainan tersebut namun selalu menyadari bahwa dalam permainan ada yang kalah dan ada yang menang maka ia akan berusaha untuk memenangkan permainan. Dengan apa? Dengan cara tidak tertipu dengan godaan sementara dunia ini. Namun ia akan memanfaatkan permainan dunia untuk tujuan lain yang lebih baik.

Dalam sebuah permainan ada suka dan duka. Orang yang memahami permainan tidak akan terlalu bergembira ketika suka, dan tidak akan terlalu bersedih ketika duka. Toh ini hanya permainan. Yang berhasil meraih kekayaan maka ia bisa menggunakannya untuk manfaat sesama ataupun untuk kemegahan dirinya sendiri. Orang yang memahami bahwa dunia ini hanya permainan maka akan tahu apa yang harus dilakukan. Kalau memanfaatkan kekayaan untuk kebaikan dialah yang menang. Sementara yang menggunakannya untuk memuaskan hawa nafsu maka dialah yang kalah. Demikian juga dalam segala hal. Dunia ini hanyalah permainan dan senda gurau yang melalaikan, maka anggaplah sebagai permainan. Jangan lalai, hanyut dan terbawa arus agar anda menjadi orang yang menang.

add

http://outletmesinku.blogspot.com/



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment