Apr 30, 2014

Perjuangan Dakwah Nabi Muhammad saw

Dari kejauhan gumpalan debu padang pasir membumbung ke langit. Debu-debu yang berterbangan itu dapat terlihat dari kejauhan bertanda ada satu rombongan kafilah├Ćakan datang mendekati kota Mekkah. Rasulullah SAW melihat gumpalan debu dari kejauhan itu segera pulang ke rumah. Beliau SAW langsung menyiapkan perbekalan dan membungkusnya.

 

Setelah itu Rasulullah SAW menunggu di pintu gerbang kota Mekkah. Kafilah itu rupanya tidak memasuki kota Mekkah mereka hendak menuju tempat lain.

Rasulullah SAW mendekati kafilah itu dan mencari pimpinan rombongan kafilah tersebut. Setelah berjumpa dengan pemimpin kafilah itu Rasulullah SAW meminta izin untuk dapat ikut serta di dalam rombongantersebut. Beliau SAW telah diizinkan.

Rasulullah SAW mulailah berda'wah kepada mereka, kepada setiap orang dalam rombongan itu Rasulullah SAW telah sampaikan kebesaran Allah SWT dan mengajak mereka untuk menerima Islam.

Setelah semua orang mendapat penjelasan dari Rasulullah SAW, Beliau SAW pun meminta izin kepada pimpinan rombongan untuk pulang kembali ke Mekkah. Rasulullah SAW kembali ke kota Mekkah dengan berjalan kaki sedangkan kafilah tersebut telah melalui kota Mekkah sejauh satu hari satu malam perjalanan.

Rasulullah SAW hanya inginkan setiap orang memiliki kalimah Laalilaahaillallaah dan selamat dari adzab yang pedih kelak di akhirat.

Pelajaran:
Sumber kisah diatas adalah ebook 1001 Kisah Teladan. Terlepas dari keshahihan atsar diatas yang pasti ada pelajaran yang bisa kita ambil. Bayangkan saja Rosulullah Muhammad saw seorang Nabi dan Rosul yang sudah mendapatkan jaminan surga masih mau berdakwah dengan semangat yang kita tidak bisa mengukurnya.

Apa yang anda anut saat ini adalah hasil dari usaha Nabi saw dan para sahabatnya yang luar biasa. Perjuangan diluar imaginasi. Harta, jiwa, darah dan seluruh apa yang bisa Nabi saw dan sahabat berikan pasti akan diberikan dengan sukarela. Harapannya Islam sebagai rahmatan lil aalamiin bisa tersebar di seluruh penjuru dunia.

Sebagai ummat yang baik, sudah seharusnya tersentuh dengan pengorbanan Nabi saw dan sahabat yang tidak kenal lelah memperkenalkan Islam. Nabi saw dan sahabat tidak meminta upah untuk hal ini, hanya berharap keselamatan kita bersama.

Sudah sepatutnya kita meneladani semangat pantang menyerah yang dicontohkan Nabi saw dan sahabat. Sudah sepatutnya kita ikut berdakwah bagi kemaslahatan, keselamatan kita dunia akherat. Jadilah yang terbaik dalam bidang anda saat ini. Terus berjuang tak kenal lelah dengan tujuan rahmat semesta alam. Karena kita cinta Nabi saw, maka berjuanglah dengan seluruh jiwa ragamu, harta dan darahmu. Berjuang sampai akhir demi kesucian, kemurnian agama dan perdamaian dunia. Berjuanglah sampai ridho Allah swt turun atas kita semua.

Sholawat dan salam tetap Allah curahkan kepada junjungan kita, teladan kita, cinta dan kerinduan kita, Nabi kita Muhammad saw. Amin



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment