Apr 3, 2014

Inilah Fitrah Kemuliaan dan Kesempurnaan Manusia

Secara fisik dan non fisik manusia adalah mahluk yang lebih sempurna dibanding mahluk yang lainnya. Kadangkala saya merenung, sebegitu sempurna penciptaan manusia sehingga tiada ucapan lain selain rasa terimakasih kepada Sang Pencipta. Sempurna dari segala sisi...



Lihat saja binatang yang ditundukkan semuanya untuk manusia. Mereka sama seperti kita, punya keinginan, bisa sedih dan gembira, mempunyai nafsu dan lain sebagainya. Bedanya manusia diberikan akal sementara binatang tersebut tidak demikian.

Kadangkala saya kasihan melihat ayam, kambing, sapi, dan hewan lainnya yang disembelih untuk manusia. Mereka juga mempunyai rasa sakit yang sama.. Mereka juga mempunyai rasa takut..

Demikian juga tumbuh-tumbuhan, ikan dilaut dll yang semuanya diperuntukkan buat manusia. Segala yang ada di langit (atmosfer) dan dibumi ditundukkan untuk manusia.
 
Gambar: Manusia gabungan fisik dan non fisik menjadi satu. 

Benarlah firman Allah 

Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.(Al Isra' 70)

Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah yang diberi kelebihan serta keistemewaan. Dalam penciptaanya manusia dianugerahi akal, rupa yang indah dan bentuk badan yang serasi. Hal ini tentu saja menjadi keutamaan manusia sebagai makhluk ciptaan Allah SWT. Dalam konteks ayat diatas, Allah memuliakan bani Adam yaitu manusia dari makhluk yang lain baik malaikat,jin, semua jenis hewan dan tumbuh-tumbuhan.

Sungguh besar rizki yang diberikan oleh Allah SWT. Tak ada sedikitpun yang kurang dari anugerah-Nya. Allah telah menyediakan semua yang dibutukan makhluk-Nya sehingga Manusia tidak mampu menghitung atas apa yang Allah karuniakan kepadanya

Allah juga menundukkan segala sesuatu yang ada di darat maupun di laut untuk memberi kemanfaatan bagi kehidupan manusia. Manusia diberi petunjuk untuk menciptakan sarana transportasi untuk memenuhi kebutuhannya. Jika kita lihat di zaman modern ini, manusia tidak perlu berjalan kaki untuk melintasi daratan, tidak perlu berenang untuk mengarungi luasnya samudera. Karena semua itu dapat ditempuh dengan menggunakan berbagai macam alat transportasi dari yang biasa saja maupun yang super canggih sekalipun.

Penciptaan manusia dibumi bukan tanpa alasan. Ada maksud dan tujuan dibalik kemuliaan tersebut sebagaimana Allah swt berfirman

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: "Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui." (QS Al Baqarah ayat 30)

Artinya tujuan penciptaan manusia diutus oleh Tuhan sebagai khlalifah/ pemakmur bumi. Kemuliaan tersebut dimaksudkan agar manusia senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan dengan banyak-banyak mengingat Tuhannya.

Namun terkadang manusia lupa akan fitrah penciptaan dan lebih banyak mengikuti hawa nafsunya sendiri. Mereka lebih hina dari pada binatang dikarenakan binatang tersebut tidak memiliki akal, sementara manusia memilikinya namun tidak mau memikirkan.

Inilah mengapa manusia seringkali tidak mendapatkan kebahagiaan dalam hidup. Karena hanya mengejar hawa nafsu yang tidak akan pernah terpuaskan sampai kapanpun..

Presebted by Magis7
Sumber referensi disini



SSecara fiskDan sungguh, Kami telah memuliakan anak cucu Adam[1], dan Kami angkut mereka di darat[2] dan di laut[3], dan Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka[4] di atas banyak makhluk yang Kami ciptakan dengan kelebihan yang sempurna[5]. - See more at: http://www.tafsir.web.id/2013/03/tafsir-al-isra-ayat-70-82.html#sthash.ky4lvooT.dpuf
Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak cucu Adam[1], dan Kami angkut mereka di darat[2] dan di laut[3], dan Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka[4] di atas banyak makhluk yang Kami ciptakan dengan kelebihan yang sempurna[5]. - See more at: http://www.tafsir.web.id/2013/03/tafsir-al-isra-ayat-70-82.html#sthash.ky4lvooT.dpuf

Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment