Apr 21, 2014

Cara Menyikapi Ujian dan Dinamika Hidup

Kadangkala saya pusing juga. Begitu banyak pertanyaan dari para sobat yang curhat berbagai masalah hidupnya. Dari A sampai Z ditanyakan kepada saya yang alfakir ini. Kemudian saya mencoba menjawab sesuai dengan kemampuan kami. Bagi yang mendapatkan manfaat alhamdulillah bagi yang belum mendapatkannya semoga memperoleh solusi ditempat lain.

 

Memang nyata hidup ini tentang bagaimana merespon ujian. Ada yang sabar ada yang tidak. Ada yang tahan ada yang tidak. Macam-macam. Semoga setelah membaca blog kami yang sederhana ini sedikit banyak ada yang bisa diambil. Amin

Ada yang sedang kekurangan secara finansial. Hanya penganguran atau buruh serabutan. Ada juga yang pendapatan tidak mencukupi untuk standar hidup didaerahnya. Ada yang masalah relasi, rumah tangga jodoh dan lain-lain. Paling banyak masalah hutang. Bahkan meminta saya memberikan amalan atau doa berhubung beberapa hari kedepan harus melunasi hutangnya yang menumpuk puluhan juta, ratusan bahkan ada yang satu milyard.

Kalau dalam beberapa hari mendapatkan uang 100 juta dalam hal ini bukan hutang, dengan amalan ini dan itu kemudian ada jaminannya, tentu saja kita semua termasuk saya sendiri bersedia mengamalkannya. Ada sih... Apa sih yang tidak mungkin kalau Tuhan sudah Berkehendak?? Kun Fayakun. Namun marilah kita menempatkan akal pada tempatnya yang benar. Ayo gunakan logika didalam memahami masalah supaya bisa ketemu solusinya. Jangan mencari sesuatu yang tidak masuk akal cuma dikarenakan stress dengan beban hutang. Nanti malah ketipu orang yang memanfaatkan kelemahan anda.

Ada hukum sebab akibat yang merupakan bagian dari sunnatullah. Siapa bekerja ia mendapatkan hasil. Siapa yang yakin maka doanya akan makbul. Tetapi janganlah tergesa-gesa harus mendapatkan sekian-sekian dalam waktu singkat. Sifat buru-buru justru mengakibatkan doa anda tidak akan terkabulkan. Semua membutuhkan waktu dan proses kepantasan. Semua ada hukum sebab akibatnya.

Bahkan Nabi saw sendiri mencontohkan bagaimana berusaha, belajar dan bekerja keras. Untuk menjadi panglima perang beliau belajar, untuk menjadi orang tua yang baik beliau juga belajar. Untuk menjadi pedagang yang sukses dan kaya juga belajar. Jadi teruslah belajar dan berbahagialah dengan prosesnya.

Kalau anda kekurangan atau sedang berhutang sementara 7 hari kedepan harus ada uang 100 juta buat bayar hutang tersebut maka carilah dengan kerja keras. Semua diniati dengan benar, bacalah juga amalan melunasi hutang sesering mungkin agar maknanya bisa meresap dalam hati. Jika setelah 7 hari ada uang tersebut maka bersyukurlah karena anda mendapatkan keajaiban. Kalau toh belum dapat ya wajar saja, karena uang 100 juta bukan jumlah yang kecil. Tetep tabah dan hadapilah orang yang akan mendatangi anda untuk menagih hutang tersebut. Justru inilah bagian dimana kita melatih kharakter dan mental.

Jika kita menghadapi masalah demi masalah dengan baik dan tetap mengucapkan sukur niscaya ada saatnya anda menang. Ada saatnya anda bisa mengalahkan takdir kekurangan tersebut dan berganti dengan kekayaan. Syaratnya itu tadi, hadapi sambil belajar menempa kharakter. Jangan lupa belajar ilmu lainnya. Jika anda pedagang maka belajarlah ilmu dagang yang terbukti sukses.

Sekali lagi masalah hidup itu sudah biasa. Sudah wajar sebagai manusia. Maka hadapilah dengan tegar bukan menghindarinya. Percayalah suatu saat di momen yang pas solusi itu akan datang sebagai ganjaran bagi orang yang tetap bertahan dan ber Tuhan ketika ujian datang. Siap????

Presented by: Magis7, 7 langkah magis menenggelamkan ujian menarik kemakmuran



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment