Mar 11, 2014

Amalan dan Doa Kaya Raya Sesuai Syariat Islam

Ada pertanyaan dari sahabat Adhin Busro yang sangat bagus. Secara singkat sudah pernah saya uraikan disini silahkan dibaca dan direnungkan. Kali ini saya ingin membahas tentang amalan dan doa yang sesuai dengan syariat Islam.

Ini dia pertanyaannya. Ada beberapa hal yang ingin saya bahas lebih detail. Kita akan bahas point pertama yakni amalan kaya islami

Assalamualaikum wr.wb. Pa Adin yang saya hormati saya sangat berterimakasih atas segala motivasi yang anda berikan, memang jujur saja  saya berharap bisa seperti yang bapak ungkapkan diatas.Saya ingin berubah 180 derajat dari realitas kehidupan saya yang sekarang saya jalankan. Saya tidak menampik saya ingin sukses dan berhasil seperti anda dan orang sukses lainnya, tapi kadang banyak pertanyaan muncul dalam benak saya yang kadang mungkin ini juga bagian dari sisi negatif jiwa saya yang seperti bapak uraikan tadi. Diantara pertanyaan saya yakni, Apakah ritual yang bapak ajarkan sesuai dengan syariat islam?

Jawab: Ini saya mau mengulangi untuk ke sekian kali bahwa kami bukanlah ustadz. Saya itu seperti anda juga, memakai hem, kadang memakai celana Jeans, rambut sedang, dan sebagainya. Saya bukan sosok yang berjanggut lebat (hanya 7 helai saja :) ), memakai surban dan parfum wangi non alkohol. Biasa saja... Makanya uraian saya kalau mau diterima ya sukur, enggak juga tidak apa-apa.

Sebelum menjawab ada sebuah pengakuan member Rahasia Kunci Sukses sbb.

…. sudah lama saya mencari cari bagaimana cara mengubah kehidupan menjadi lebih baik,setelah saya menemukan website ini saya tidak langsung percaya karena saya khawatir caranya menyimpang ... Tapi setelah saya masuk member area...ternyata...inilah yang saya inginkan..(Ida Widaningsih, Cimahi) 

Syariat itu apa sih? Ia adalah aturan. Jadi syariat islam adalah aturan/ jalan bagi seseorang untuk menjadi islam. Ia berisi tentang Tauhid, Akhlak dan Fiqih. Tauhid adalah fondasi bagi syariat itu sendiri. Ia adalah cara mengenal Tuhan. Akhlak adalah aturan didalam muamalah, sementara Fiqih itu itu adalah cara melakukan ritual baik sholat, puasa, zakat dll. Jadi syariat itu bermakna luas tidak sekedar amalan dan ritual saja.

Sekarang coba perhatikan ini. Jujur adalah salah satu syariat Islam yakni yang mengatur tentang akhlak dan muamalah, kalau anda belum sepenuhnya jujur artinya anda tidak mengamalkan syariat dengan total. Demikian juga berbuat baik, rendah hati, tidak sombong dsb. Anda tahu ujian? Salah satu prinsip pribadi muslim adalah tidak boleh berputus asa dengan rahmat Allah. Bisa jadi ujian kita berat seperti kemiskinan, kegagalan, kesedihan dll. Jadi kalau kita mengatakan (kadang tidak sadar) "Tuhan itu tidak adil", artinya kita sudah berputus asa dari Rahmat Allah, dan sudah melenceng dari syariat. Apalagi yang sudah merutinkan amalan rezeki namun menganggap apa yang anda terapkan sia-sia dikarenakan belum merasa ada perubahan.. Artinya meragukan syariat islam.

Apa yang saya anjurkan sebenarnya amat sangat sederhana dan seringkali anda mendengarnya. Dhuha, tahajud, zikir, wirid dsb apakah ini melanggar syariat islam? Apakah ini musyrik?. Tentu mayoritas mengatakan tidak melanggar sama sekali. Tetapi saya ada jawaban dan pembahasan lain. Saya tidak melihat gerakan dhuha, atau bacaan wirid tetapi lebih kepada isi atau substansi. Percayalah saya tidak akan mengajarkan anda membakar kemenyan, atau memberikan sesajen kepada pohon keramat. Nggak ada seperti itu :)

Anyway...
Jika anda melakukannya dengan iktikod atau keyakinan bahwa sesosok/ sebuah dhuha mempunyai kekuatan memperlancar rezeki selain Allah tentu saja ini musyrik. Ia menganggap Tuhan bersekutu. Tetapi dhuha itu sekedar rambu-rambu/ petunjuk jalan bagi terbukanya keran rezeki dimana semua terjadi dengan Ijin Allah swt. Ini baru benar. Ketika kita melakukan amalan rezeki maka ada sebuah proses perjalanan. Sebuah proses bagi kebangkitan keyakinan akan Kuasa dan Pertolongan Tuhan. Sebuah keyakinan yang kadangkala diluar rasio akal pikiran dan mengatakan begini, "Saya memang mustahil bisa kaya raya, tetapi kalau Allah swt sudah menghendaki maka tidak ada yang tidak mungkin". Beginilah keyakinan yang harus dilatih. Wallahu A'lam

Begini saja, saya mengajak anda untuk belajar bersama-sama dipaket pembelajaran via email. Silahkan isi nama dan email 100% gratis.

First Name:
E-Mail Address:


Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment