Feb 23, 2014

Untuk Sukses Itu Harus Dibuktikan Sekarang dengan Kharakter

Untuk sukses adalah membuktikan diri bahwa you layak untuk sukses. Membuktikan diri dikehidupan nyata tentang kharakter atau pribadi yang layak untuk sukses. Bukan retorika dan bukan sekedar omongan belaka. Buktikan....

Hari ini sekitar dua jam yang lalu kami kedatangan tamu. Memang dari pagi saya sudah menghubungi dia untuk datang kerumah karena ada masalah hutang yang harus diselesaikan. Jika hutangnya sama saya barangkali kami tidak akan menagihnya, tetapi ini adalah uang rakyat yang harus dipertanggung jawabkan.

Pada saat hendak berhutang dia memberikan janji satu minggu untuk dilunasi, namun nyatanya mundur minggu depannya. Minggu depan tadi mundur lagi ke hari yang lain. Sampai akhirnya saya sebagai orang yang dipercaya untuk mengemban tugas sebagai leader memanggil dia untuk datang kerumah.

Anggap saja namanya Brur....

"Brur, saya minta segera dilunasi hutangnya dikarenakan uang yang anda pakai adalah uang rakyat. Jangan sampai rakyat tahu bahwa anda sudah beberapa kali menunda pembayaran hutang, sementara waktu itu kita sudah sepakat jarak 1 minggu dilunasi" Kata saya memulai pembicaraan..

"Terus terang Pak, saya masih dalam kondisi bla bla bla" Jawab Brur

Brur lalu menceritakan keadaan ekonominya, kemudian merembet kepada keluarganya, masa lalunya dan banyak hal yang ia ceritakan. Maksud hati curhat barangkali, makanya saya dengarkan sampai tuntas..

"Okelah Pak Brur, Saya secara pribadi mengerti keadaan anda dan keluarga, dan saya menyampaikan rasa simpati. Tetapi kembali lagi kepada uang rakyat itu tadi. Saya akan menyimpan rahasia ini rapat-rapat, dan saya memberikan kompensasi kepadamu sampai hari yang telah ditentukan. Tetapi saya minta kita sepakat hal ini, jangan sampai mundur lagi pembayarannya. Jika sampai rakyat tahu, hal ini akan mengakibatkan sesuatu yang tidak baik" Kata saya sok bijak hehehe

"Ya Pak, pasti saya lunasi pak. Pasti itu...." Jawabnya

Pembaca semua...
Kita tentu saja simpati kepada siapapun yang sedang ada masalah ekonomi. Kita menaruh belas kasihan kepada mereka sekaligus mengharapkan keadaannya berubah. Tetapi ada hal-hal yang kadangkala lucu.. Begini lucunya

  • Jika ada maunya baru menemui kita namun begitu ada kebebasan sedikit saja sudah lupa
  • Ketika membutuhkan bantuan, maka janji-janji diumbar, namun begitu mendapatkan yang ia butuhkan maka janji tinggal janji
  • Ketika sedang berkumpul bicaranya tinggi, namun saat diminta bantuannya/ sumbangannya pasti alasannya macam-macam
  • Bilangnya yakin sukses, tetapi setiap hari mengeluh dan negatif melulu
  • Bilangnya benci sama orang yang tidak bertanggung jawab, sendirinya malah lebih tidak bertanggung jawab

Itulah manusia banyak bicaranya namun tidak melakukannya. Saya tidak hendak menujuk siapapun, cukup direnungkan saja. Yang dibutuhkan orang lain adalah bukti konkrit bukan hanya omongan dan ceramah yang dangkal.

"Pak, kalau saya sukses pasti saya tidak melupakan kebaikan bapak" Katakanlah begitu

Itu kata-kata yang baik tetapi buktikan mulai dari sekarang agar kedepannya sukses benar-benar bisa teraih. Katakanlah anda hutang dan berjanji (dengan berjabat tangan) akan melunasinya dalam jangka waktu sekian maka lunasilah. Molor sehari dua hari masih bisa ditolerir namun jika terlambat berkali-kali itu tidak bisa diterima apapun alasannya. Ini namanya komitmen agar orang percaya sama kita. Komitmen itu harus dipegang teguh agar reputasi tidak hancur.

Kita pasti bisa mengerti keadaan yang berat. Namun seberat apapun kita tetap harus mempunyai mental sukses, salah satunya adalah adanya komitmen dan integritas. Saya dahulu pernah hutang kesana-kemari, namun yang namanya hutang harus dibayar sesuai dengan kesepakatan bersama. Bahkan saya pernah membayar hutang dengan menjual komputer, HP dan barang-barang lainnya dengan konsekwensi keluarga tidak makan. Saat itu kami benar-benar menangis saat diperjalanan dan hendak membayar hutang, karena bayangan keluarga tidak bisa makan. Namun ketakutan itu nyatanya tidak terjadi.
http://abtreni.com/?id=adhinbusro

Inilah kharakter sukses yang harus kita bentuk dan kita pupuk. Kejujuran, komitmen, integritas dan tangguh dalam menghadapi ujian dan cobaan. Jika sudah demikian maka harapan sukses bisa tergambar jelas dimasa depan.

Lain halnya jika kita mengatakan, "Siapa tahu saya bisa sukses, nasib tak ada yang tahu"

Kata-katanya tidak salah, namun harus dibuktikan. Inginnya sukses namun masih saja suka beralasan, suka mengeluh dan menyalahkan, suka mengungkit-ungkit masa lalu, pelit, tidak ada komitmen, suka mengingkari janji dan lain sebagainya.

Jika sudah begitu harapan tinggal harapan... Keinginan sukses hanyalah khayalan semata..

Dipersembahkan oleh Rahasia Kunci Sukses. Rahasia sukses dengan amalan sukses
Magis7, 7 langkah magis menguasai kharakter sukses



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment