Feb 21, 2014

Cara Naik Karier dengan Cepat

Menghargai atasan adalah hal yang wajib dilakukan oleh seorang bawahan. Seorang atasan dengan segala kekurangan dan kelebihannya tetaplah seorang manusia yang tak luput dari keterbatasan. Demikian pula sebagai bawahan seyogyanya menunjukkan kinerja yang bagus demi kemajuan sebuah tim.

Titik lemah seorang atasan adalah ketika bawahannya menurti apapun perintahnya. Ia akan lebih memperhatikan seorang bawahan yang peka terhadap kebutuhan tim dan dirinya sendiri. Ini adalah hal yang sepele namun merupakan salah satu parameter yang menentukan bagi kenaikan karier anda.

Ini bukanlah masalah ABS atau asal bapak senang, tetapi ABS dengan disertai kinerja yang terbukti. Saya pikir tidak ada masalah ABS asal ia juga membuktikan track record yang bagus. Lain halnya jikalau ABS namun tidak disertai kinerja yang bagus maka itu dinamakan menjilat.

Ada 2 orang karyawan terbaik disebuah perusahaan dengan jabatan Marketing Executive. Yang pertama ia bisa mencapai target 120% dalam satu tahun namun secara pribadi ia orangnya egois dan arogan. Sementara yang kedua mencapai target 115% dalam satu tahun dan secara pribadi orangnya santun serta peka terhadap kebutuhan orang lain. Menurut anda siapa yang berpeluang untuk naik karier? Bisa karyawan pertama ataupun kedua, tetapi pengalaman kami selama ini yang kedualah yang naik kariernya.

Lalu bagaimanakah bentuk dari sentuhan personal tersebut?

Sebagai contoh kecil ketika atasan anda baru sampai kantor maka bergegaslah untuk menjemput dan membukakan mobilnya. Jangan lupa tawarkan untuk membawakan tas serta memarkirkan mobilnya. Ini kelihatan sederhana namun jangan salah karena hal ini adalah sebuah bentuk perhatian yang dijamin membuat atasan anda terkesan. Apalagi ditunjang oleh kinerja yang baik maka peluang untuk naik karier sangatlah besar.
http://outletmesinku.blogspot.com/

Contoh lain untuk menarik simpati atasan dengan cara sederhana seperti berikut ini
  • Lebih dekat dengan keluarga, terutama anak-anak mereka.
  • Mengetahui kebiasaan dan kesukaan atasan anda untuk kemudian memberikan hadiah tersebut kepadanya.
  • Mengetahui ulang tahunnya untuk kemudian memberikan sebuah hadiah
  • Membikinkan kopi

Itu semua adalah beberapa sentuhan personal yang mampu membuat jiwa kemanusiaannya tersentuh. Sentuhan personal plus kinerja yang baik adalah stimulus bagi kenaikan karier anda lebih cepat dari orang lain. Hal ini juga bisa anda terapkan bagi klien atau customer anda.

Dimanapun dan kapanpun yang namanya manusia pasti membutuhkan perhatian dan penghargaan. Asal perhatian anda diberikan dengan santun menurut saya tidak ada yang salah. Meskipun bentuk perhatian tersebut mempunyai maksud juga tidak salah asalkan itu tadi, dibuktikan dengan kinerja yang terbaik.

Demikian semoga bisa diterapkan...

Oya satu lagi, mengapa saya membuat artikel ini? Kami membuat artikel ini dikarenakan hari ini adalah perpisahan antara atasan kami seorang Business Manager. Beliau terakhir kali berada dan berkarya di perusahaan kami. Beliau adalah sosok yang baik, bijaksana dan low profile.

Saya berharap beliau lebih sukses ke depannya..



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment