Feb 27, 2014

Begini Cara Menyembuhkan Luka Bathin

Sudah terlanjur duri menancap daging tembus ke hati. Mustahil untuk menghilangkan luka yang terlanjur menganga. Bahkan air mata darahpun tidak akan mampu menjadi obat luka.

Begitu awalan artikel yang coba saya tulis dan sudah saya upload di Face Book Adhin Busro. Saya bukanlah Kahlil Gibran tetapi juga tidak kalah didalam menulis kata-kata yang indah. Hehehe.. (Aslinya kalah jauh saya)

Memang luka hati apalagi luka lama akan sangat sulit terhapus dari memori kita. Tanpa disadari luka lama tadi malah mempengaruhi bawah sadar untuk berkharakter unik, seperti mendendam, mudah emosi dan lain sebagainya. Luka lama kadangkala membentuk kharakter yang tidak baik, maka mau tidak mau luka itu harus disembuhkan
http://magis7.com/?id=bisnis


Otak... Otak itu adalah tempatnya berpikir..
Lho kok otak.. Nggak nyambung bro? Terserah saya dong, ini khan akun saya.. hehehehe.. Kidding

Maksudnya begini. Otak itu tempat kita bisa untuk memfokuskan pikiran tertentu dan memvisualisasikannya. 100% kita boleh merubah gambaran dalam benak. Saat ini kita menggambarkan uang 100.000 sebanyak 10 lembar, saat yang lain kita bisa menggambarkan seorang wanita cantik dengan senyum yang menawan.

Pikiran memicu suasana hati, sementara hati itulah yang akan menciptakan print out kehidupan. Saat membayangkan uang maka bahagialah hati kita. Jika pikiran uang itu dominan yang menyebabkan suasana hati gembira maka ia akan menjadi nyata. Pikiran yang difokuskan akan menemukan cara untuk mendapatkan 10 lembar 100.000an.

Demikian juga luka hati. Ia berasal dari kejadian menyedihkan dalam hidup yang terekam oleh otak. Jika pikiran kita memutar kembali gambaran menyakitkan dimasa lalu maka suasana hati mendadak sedih atau sakit. Semakin jelas dan semakin detail visualisasinya maka semakin menganga luka hati tersebut. Hal ini menyebabkan print out kehidupan adalah kesedihan demi kesedihan. Makan nasi plus rendang yang seharusnya enak dan maknyus menjadi hambar karena teringat luka lama terjadi di restoran Padang...

Jadi ketemu jawabannya. Untuk mengurangi rasa sakit dikarenakan luka lama yang menusuk kalbu maka caranya sederhana. Alihkan fokus perhatian. Memori masa lalu tidak akan bisa dihilangkan, itu akan tetap tersimpan selamanya dialam bawah sadar, dan siap muncul jika kita memikirkannya. Maka jangan biarkan ia muncul dan mendominasi pikiran karena akan mempengaruhi suasana hati. Dan hati adalah printer yang akan memunculkan isi pikiran dalam dunia nyata. Hati-hati...

Pernahkah sobat merasa tidak enak, maka kemudian menemukan kejadian yang tidak enak lebih banyak lagi? Atau merasa tidak ada semangat kemudian bisnisnya hari itu mengalami kerugian? Maka jaga suasana hati tetap semangat, sukur dan ikhlas agar kualitas print out kehidupan kita selalu baik dan indah.

Nah...
Jika sobat pernah mengalami trauma/ luka masa lalu maka berlatihlah untuk mengalihkan fokus perhatian kepada hal-hal atau kejadian-kejadian yang mudah untuk dinikmati. Mempunyai tubuh yang sehat, orang tua masih hidup, masih ada sahabat yang baik, masih bisa makan enak dll. Semakin kita pandai bersukur maka akan semakin banyak ditemukan hal-hal lain yang nyatanya belum kita sukuri dengan baik.

Memang tidak gampang melupakan pengkhianatan atau penghinaan atau kejadian menyakitkan lainnya. Tidak mudah tetapi bisa dilatih dan dilakukan. Paksakan diri untuk memaafkan dan melupakannya kemudian mengalihkan fokus perhatian kepada hal-hal yang bisa disukuri. Supaya apa? Supaya suasana hati bisa kita set kepada rasa bahagia sehingga print out kehidupan bernama "Kebahagiaan". Dan realitas kebahagiaan itu terserah penilaian anda, yang pasti ia akan menjadi nyata. Itulah mengapa ada ayat yang maknanya kurang lebih, barang siapa bersukur maka akan ditambah nikmat dan kebahagiaan, namun barang siapa yang tidak mau ikhlas menerima takdir (yakni kufur) maka balasanya adalah kehidupan yang sempit dan melelahkan..

Doa...
Lho apa kaitan dengan luka lama?? Pokoknya terserah saya, ini blog saya hehehe... Kidding lagi.

Coba cermati setiap untaian kata dalam doa. Ia adalah kata-kata positif berenergi tinggi. Kenapa? Karena dipanjatkan kepada Yang Maha Tinggi. Maka seringlah berdoa agar pikiran dan perasaan lebih sering dalam kondisi positif terutama saat teringat luka lama. 

So... Terakhir ada kata-kata hikmah yang perlu kita renungkan:
Jangan mengeluh sakitnya tertusuk duri yang ada ditangkai bunga mawar, tetapi nikmatilah keindahan bunga mawar berduri...


Dipersembahkan oleh Magis7. 7 Langkah Magis Menguasai Rasa Sejati untuk Menyembuhkan Luka Hati.



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment