Feb 16, 2014

Arti Falsafah Kosong Adalah Isi, Isi Adalah Kosong

Pernahkah anda mendengar sebuah falsafah Kosong Adalah Isi, Isi Adalah Kosong? Mungkin anda pernah mendengarnya, namun sebagian kita hanyalah membaca dan mengetahui maknanya namun falsafah hanyalah falsafah yang tidak perlu direnungkan. Padahal kalau kita mau merenngkan maknanya untuk kemudian mempraktekkannya maka akan ketemu sebuah hikmah yang besar. Saya berharap setelah anda membaca uraian saya, kemudian mau untuk menerapkannya.. Semoga...

Saya salut kepada sobat Omar dimana dia ingin mengetahui makna falsafah tersebut. Beliau BB saya yang kurang lebih menanyakan begini

"Maaf Pak, maksud kosong adalah isi, isi adalah kosong apa ya?"

Mungkin beliau membaca profil saya di BB sehingga menanyakan hal tersebut. Arti falsafah tersebut tentunya masing-masing berbeda namun merujuk kepada satu persamaan. Kalau dalam versi saya seperti ini:

"Kosong adalah isi", ia kosong namun sebenarnya sedang dalam proses pengisian. Maknanya adalah untuk bisa menguasai sebuah ilmu dan hikmah maka sebelumnya kita wajib mengosongkan gelas ilmu kita. Tanpa itu ilmu akan sulit masuk karena gelas pengetahuan kita sudah penuh.

Katakanlah anda ingin memahami makna dibalik amalan rezeki, maka mengosongkan diri adalah sebuah syarat agar makna amalan rezeki bisa anda serap seutuhnya. Hilangkan perasaan sudah pintar, pandai, hebat dsb. Hilangkan prasangka negatif, kemudian niatkan untuk menambah pengetahuan tentang hal tersebut. Jika hati sudah kosong maka gelas pengetahuan akan mudah sekali untuk masuk dan mengisi penuh dengan sebuah hikmah.

Saya pernah kedatangan tamu seseorang yang secara finansial kurang, non islam, dan secara kepribadian kurang menyenangkan. Dia datang ke rumah saya dengan sahabatnya dikarenakan ada perlu. Namanya manusia kalau ada perlunya baru datang. Tetapi saya terima dengan kedua tangan terbuka walaupun istri saya antipati dan menyarankan tidak usah digubris. Barangkali ada manfaat yang bisa saya ambil darinya. Benar saja, dengan kedatanganya saya mendapatkan sebuah hikmah besar. Ia adalah sebuah peluang usaha diaman hal ini menjadi calon keran baru penghasilan kami.

Begitulah, kalau sobat menginginkan untuk memahami sebuah hikmah maka kosongkanlah dirimu dari sifat merasa sudah pintar, niscaya pemahaman itu akan gampang masuk. Dan ingatlah, sekali saja ilmu hikmah itu masuk kedalam hati anda maka selamanya tidak akan pernah hilang.

Sebaliknya, "isi adalah kosong". Siapapun yang merasa hebat, merasa pintar, merasa tinggi dsb sejatinya ia kosong. Setiap yang merasa bisa sebenarnya ia tidak memahami hikmah. Dan setiap ada ilmu dan kebijaksanaan yang baru tidak akan bisa masuk meresap dalam hatinya. Tidak peduli ia adalah ustadz, ulama, ketua atau bahkan presiden sekalipun. Yang namanya kesombongan adalah saudara setan, dan tipu daya setan itu sangatlah lemah.
http://magis7.com/?id=bisnis

Jangan sampai kesombongan membuatmu binasa. Anda bisa lihat bagaimana ada seorang ustadz yang ngamuk hanya karena ada kesalahan soundsistem. Sehingga yang menangani sound sistem ketika ia ceramah mendapatkan getahnya, yakni dimarahi dan diperlakukan secara tidak bijaksana. Akibatnya dia di "bully" orang lain di internet. Walaupun ia mencoba membersihkan namanya tetap saja reputasinya sebagai seorang penceramah hancur.

Sobat, itulah makna falsafah kosong adalah isi, isi adalah kosong. Jangan hanya dijadikan bacaan namun cobalah dipraktekkan.

Semoga bermanfaat

Dipersembahkan oleh magis7, 7 langkah magis menguasai hikmah



Artikel Terkait



14 comments:

  1. Kosong adalah tubuh ini. Yg bergerak . Berbicara karena kehendaknya tuhan yg maha esa. Ya saya anda . Adalah bersumber pada satu kehendak. Hingga di jalankan menjadi sebuah cerita

    ReplyDelete
  2. Bilangan NOL itu bukan berarti kosong, terbukti kalau semua bilangan dibagi dengan NOL itu ada hasilnya yaitu tak terhingga. Berarti NOL atau KOSONG itu ada isinya. Dikembalikan dengan filosofi Quran KOSONG itu adalah hakekat Alloh itu sendiri, karena tanpa kekosongan semua tiada. Silahkan ditanggapi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanggapannya adalah... Suiiipppp.. Jempol

      Delete
    2. Good bro adhin... sya suka dgn penjabarannya ..terima kasih banyak

      Delete
    3. "Karena tanpa kekosongan semua tiada"...ini lebih dalam lagi bang..tolong dijabarin lg maknanya.. terimakasih

      Delete
  3. Goood bro adhin...penjabarannya sangat tepat ,,, terimaksi bnyk

    ReplyDelete
  4. Kosong adalah isi, ini dalam arti spritual. Ketika kita melepaskan semua yg bersifat keduniawian dan memcapai kekosongan maka akan mendapat pencerahan itu yg namanya isi, isi adalah kosong,isi itu masih melekat yg bersifat keduniawian wujud tak dapat melepaskan maka itu disebut kosong,,,,barangkali begitu,

    ReplyDelete
  5. Wong bodo nimbrung biar ketularan pinter ahhhh....ijin nyimak

    ReplyDelete
  6. assalamu alaikum.. Izin share,pak.

    ReplyDelete
  7. Bukti nyata arti kosong dan isi adalah orang gila.. Dalam raganya ada isi jiwa yang kosong sesungguhnya kosong itu adalah isi..

    ReplyDelete
  8. Berbagai macam pejelasan manusia terhadap Tuhannya namun sebanyak yg punya akal sebanyak itu pula pendapat yg keluar, yg benar itu diri seorang diri yg tau ketika setelah mati.

    ReplyDelete