Jan 26, 2014

Penting, Cara Transformasi Hidup Yang Dramatis

Zul, pada tahun 2012 hanyalah seorang pekerja biasa. Kemudian dia memahami sebuah hikmah besar. Maka pada detik itulah dimulai sebuah transformasi hidupnya. Dipekerjaannya saat itu 2013, ia sudah naik jenjang kariernya begitu cepat. Kurang lebih satu tahun ia naik karier dari karyawan biasa kemudian naik menjadi koordinator, kemudian supervisor kemudian naik menjadi manager. Satu tahun....

Di kegiatan sosial ia menjabat berbagai posisi strategis. Ketua organisasi kemasyarakatan, penasehat, seksi dan jabatan non profit lainnya. Padahal sebelumnya untuk berbicara dengan orang lainnya merupakan sesuatu yang menakutkan. Siapa sangka kemudian ia menjadi orang yang paling fokal.
  • Kekurangannya berubah menjadi kecukupan
  • Ketakutannya menjadi keberanian
  • Kesedihannya berubah menjadi kebahagiaan
  • Keraguannya menjadi keyakinan yang dalam
  • Kegagalannya membuat ia berkeras hati untuk belajar
Hidupnya telah menuju transformasi atau perubahan yang dramatis. Terus berproses menuju kemajuan..

Mungkin pada prosesnya merasa sulit, namun kesulitan itu ia jadikan pelajaran yang amat sangat berharga. Mungkin pada prosesnya akan kehabisan uang dan harta benda, namun hal itu ia yakini adalah harga yang harus dibayar.

Mengapa Zul bisa dengan konsisten memegang sebuah prisnsip menuju transformasi hidupnya yang dramatis? Jawabannya adalah karena dia memulai semuanya dengan TUJUAN.

Begini....
Zul mempunyai sebuah tujuan jangka pendek dan jangka panjang... Jangka pendeknya adalah menjadi orang yang berguna bagi sesama. Jangka panjangnya adalah surga.

Maka untuk mencapai tujuan jangka panjang ia harus mencapai tujuan jangka pendek dahulu. Wajib...

  • Untuk bisa bersedekah besar maka ia harus menjadi orang kaya. Untuk menjadi orang kaya maka ia harus belajar ilmunya..
  • Untuk bisa berguna dan bermakna buat sesama maka ia harus bijaksana. Untuk itu ia harus menjadi pemimpin yang punya cinta.
  • Untuk bisa beribadah dengan keyakinan sempurna, maka belajar ilmunya adalah wajib. 
  • dll

Tujuan jangka pendek sudah tertulis baik didalam buku hariannya maupun didalam benaknya.. Tujuannya sudah tertanam kuat dan berjanji untuk terus berkomitmen melalui segala proses dan konsekuensi.

Dan proses yang menakjubkanpun terjadi. Sejarah demi sejarah ia lalui demi sebuah tujuan hakiki. Hidup mulia dunia akherat. Pahit getir, suka duka dan segala rintangan ia hadapi dengan gagah dan tegar bak batu karang. Semua dinamika itu ia jalani dengan terus menancapkan tujuan awal hidupnya.

Ia sudah berniat dan berdoa. Namun bukan doa yang kadangkala kita panjatkan seperti, "Tuhan hilangkanlah kesedihan ini, kegagalan ini, dan penderitaan ini dari hidupku". Tetapi doanya lebih menggugah jiwa, "Tuhan berikanlah kami kekuatan untuk menerima dan menjalani kesedihan, kegagalan dan penderitaan ini sebagai sebuah pembelajaran dari_Mu". Ia tidak lari dari masalah namun menghadapinya dengan sebuah doa...

Semua proses ia PASRAHKAN kepada Sang Pencipta. "Tuhan, kami berniat untuk menjalani hidup ini dengan benar sesuai petunjuk_Mu. Maka berilah kekuatan kepada kami untuk bisa selalu tetap teguh pendirian. Berilah kesabaran kepada kami untuk terus mampu melalui proses demi proses sebagai sebuah kepantasan untuk menjadi hamba_Mu yang sholeh. Tuhan, pada hari ini kami sudah membulatkan diri untuk berniat "suci", maka kokohkanlah niat kami apapun yang terjadi. Dengan mengucap Nama_Mu wahai Tuhan, Allah Yang Maha Suci dan Maha Tinggi kami mengucapkan sukur Alhamdulillah... Amin"

Itulah langkah awal yakni niat yang Zul ikrarkan. Ia memulai doanya dengan TUJUAN akhir. Kemudian memulai langkah demi langkah, proses demi proses dengan selalu memandang lekat-lekat TUJUAN akhirnya.

Sudahkah anda menentukan tujuan hidupmu? Kalau belum alangkah ruginya engkau menghabiskan waktu. Maka tentukan sekarang juga dan tulislah dalam buku harianmu dan dalam benakmu. Maka transformasi hidup yang dramatis dan menakjubkan akan segera dimulai..



Artikel Terkait



1 comment:

  1. Enter your comment...assalamualaikum
    sya bnyak bca di web dn situs lainny..bnyk amalan yg sdh sya krjain tp ko ga ada hsilny...apa ada yg sla ug sya krjain atu gmna ya..tlong inpony yg bnr amalan untuk mndapatkn risky tlong ya sblumny trimaksi no 085316490605

    ReplyDelete