Jan 14, 2014

Inilah 14 Penyebab Terpenting Kegagalan Bisnis Internet Anda

Apakah anda sudah pernah mencoba bisnis online atau bisnis internet lalu gagal? Tidak ada orang mau gagal dalam mencoba sebuah binis. Semua maunya sukses dan berhasil. Saya yakin anda semua ingin bisnis anda berjalan mulus bahkan sukses. Tapi, di dunia ini sering yang kita inginkan tidak bisa terwujud. Karena ada saja penghalang-penghalangnya.

Nah berikut ini adalah 14 penyebab kegagalan bisnis internet yang saya ambil dari pengalaman pribadi dan dari beberapa referensi.(Salah satunya adalah Blog Joko Susilo)
  1. Tidak melakukan riset pasar. Hanya berdasarkan intuisi atau keinginan mungkin. Lalu terburu-buru membuat produk informasi. Seharusnya, anda mulai dari meneliti pasar di internet. 
  2. Tidak melihat peta persaingan. Di beberapa ceruk pasar mungkin tingkat kompetisinya sudah terlalu tinggi. Bila anda nekad untuk bermain di ceruk tersebut dengan persiapan seadanya, hampir bisa diprediksi kalau bisnis internet anda gagal.
  3. Isi produk tidak fokus untuk konsumen. Terkadang kita terlalu asyik dengan diri sendiri saat membuat produk. Kita jadi abai dengan apa yang sebenarnya diperlukan oleh (calon) konsumen kita. Karena itu, camkan baik-baik kalimat berikut di otak anda. Saat membuat produk informasi, selalu tanyakan apa yang mereka butuhkan? Apa gunanya bagi mereka? Apakah bagian ini bermanfaat bagi mereka? Kualitas produk anda, seperti disebut Mas Sumartono, menjadi salah satu faktor kepuasan pelanggan.
  4. Lupa kalau pemasaran itu kunci sukses berbisnis.Sebaik apapun produk anda, kalau anda tidak bisa memasarkannya menjadi percuma. Secanggih apapun produk anda, kalau anda tidak berpromosi sulit untuk bisa laku. Memasarkan itu meliputi banyak hal. Tapi intinya satu, beriklan! Lagi-lagi saya bilang, tak kenal maka tak sayang. 
  5. Meruntuhkan reputasi lewat spam. Kalau saya anjurkan berpromosi dalam keseluruhan aktivitas bisnis internet anda, bukan berarti segala cara menjadi halal. Salah satu hal yang paling merusak reputasi bisnis anda adalah spam. Jangan coba-coba melakukan spamming. Sama saja anda mengirimi surat kaleng pada pengunjung anda. Anda mesti tahu, tidak semua orang suka dikirimi brosur dan newsletter. Bahkan banyak yang merasa terganggu. Kalau memang pengunjung tidak meminta anda mengirimi news letter atau brosur, jangan sekalipun memaksa mengirim. Mereka akan memblack list anda selamanya. Percayalah…
  6. Membuang waktu dengan melakukan hal yang tidak produktif. Waktu adalah aset, waktu adalah investasi. Dibandingkan dengan hal apapun di dunia ini, waktulah yang paling mahal. Karena ia tidak bisa diputar ulang ataupun diberhentikan. Sebagai pebisnis internet, anda harus tahu kapan anda melakukan pekerjaan A, B, dan C. Jangan anda membuang waktu untuk hal-hal yang tidak mengarah pada kesuksesan anda. Karena anda sendiri yang rugi nantinya. Buat prioritas mana yang mendesak, mana yang penting dan tidak penting. Misal, pertimbangkan aktivitas apa saja yang harus anda dahulukan? Memasang iklan atau join forum? Menjawab komentar atau mencari relasi online?
  7. Tidak mengatur komunikasi via email secara efektif. Email bisa membuat bisnis anda maju. Tapi juga sebaliknya, menghancurkan bisnis anda. Untuk mengambil manfaat dari email, kita harus tahu cara menggunakannya. Bagaimana caranya? Gunakan bahasa yang baik, halus, sopan, serta tepat sasaran. Komunikasi itu sangat penting agar pelanggan tidak lupa dengan anda. Manfaatkanlah email anda sebaik mungkin.
  8. Tidak membuat wadah komunikasi dengan konsumen. Berkomunikasi secara intensif dengan semua pelanggan anda penting untuk kemajuan bisnis internet anda. Bentuknya bisa berupa forum, milis, atau lainnya. Dengannya anda bisa terus berhubungan dengan para konsumen setia maupun calon konsumen. Kunci penting keberhasilan sarana tersebut terletak ketika anda bisa merayu pengunjung anda untuk masuk ke opt in list. Begitu mereka bergabung menjadi anggota dalam wadah komunikasi tersebut, anda bisa mengirimi mereka newsletter ataupun brosur produk terbaru.
  9. Enggan mengeluarkan modal untuk berbisnis internet. Meski di internet tersedia banyak barang atau fasilitas gratis, berbisnis internet tetap membutuhkan modal. Sekurang-kurangnya modal yang dibutuhkan adalah komitmen untuk menjalankannya secara konsisten. Modal lainnya yang lebih nyata seperti akses internet, hosting, dan domain.
  10. Terlalu banyak gambar, java, music, dll. Lagi-lagi saya katakan, jangan menggunakan grafis yang terlalu heboh untuk situs web anda. Sebisa mungkin buatlah situs web yang sederhana dan elegan. Niat anda berjualan. Bukan untuk pamer kecanggihan. Kecuali jika yang anda jual memang lagu atau desain grafis. Jika tidak, sebaiknya hindari memasangnya dalam situs web anda. Sebab, bisa membuat akses ke situs web anda lambat.
  11. Ingin kaya dalam semalam dengan internet. Mendapat uang dari internet itu mudah. Tapi, tidak bisa anda meraihnya dalam semalam. Anda perlu kerja keras, disiplin, dan fokus. Banyak orang di internet menggemborkan mental cepat kaya. Tapi, jangan terjebak. Kita bisa cepat kaya kalau kita cepat bekerja, cepat bertindak, dan cepat berpikir. Tidak lamban dan malas-malasan. Tidak ada sukses yang bisa diraih dalam semalam. Meski kita sekarang hidup di jaman yang serba instan, tetap tidak ada kaya dengan cara instan.
  12. Tidak tahu dimana letak kekuatan internet.Internet diciptakan untuk tujuan komunikasi. Dan kekuatan internet untuk berkomunikasi ini bisa menjangkau jutaan bahkan miliaran orang di dunia. Tidak hanya melingkupi satu negara tapi seluruh dunia. Untuk kemajuan bisnis anda, gunakan internet untuk mengumpulkan informasi tentang calon prospek anda, riset kompetisi, dan menjaring sebanyak mungkin relasi. Internet seperti tambang emas. Asal anda tahu dimana anda harus menggali, anda akan kaya. Berkomunikasilah dengan baik kepada semua orang! Jangan lupa, bisnis internet itu ya bisnis yang melibatkan orang. Dan internet adalah salah satu cara untuk berinteraksi dengan orang-orang tersebut. Jangan malu-malu dan bersembunyi di balik situs web anda. Munculkan diri anda dan katakan pada dunia bahwa anda memiliki sesuatu yang harus mereka lihat!
  13. Enggan belajar. Bisnis internet itu membutuhkan pengetahuan yang cukup untuk menjalankannya. tanpa kemauan untuk belajar kemungkinan besar anda akan berhenti ditengah jalan.
  14. Tidak mempunyai guru yang benar. Banyak dari kita mencoba sendiri masuk kedalam belantara dunia maya. Pada akhirnya anda akan tersesat jauh.
http://abtreni.com/?id=adhinbusro

Itulah 14 penyebab kegagalan bisnis internet anda. Ada satu lagi bagian yang terpenting yang sering anda lupakan. Apa itu? Tidak adanya gairah dalam bekerja. Tidak ada passion.. Hal ini menyebabkan pada saat tertentu semangat namun pada saat yang lain tidak ada semangat sama sekali. Parahnya ketika anda hanya ikut-ikutan bisnis orang lain dikarenakan tergoda dengan janji penghasilan besar dan cepat.

Satu-satunya cara supaya bergairah didalam bekerja adalah dengan mengetahui bakat utama anda. Jika anda menonjol dibidang marketing anda bisa membuat web marketing atau mengikuti program affiliasi. Jika menonjol dibidang motivasi anda bisa membuat blog motivasi. Jika anad religius tidak ada salahnya membuat blog religi. dll

Find them and you will be success. I Promise....

Dipersembahkan oleh
Rahasia Kunci Sukses, Sukses dengan amalan penarik rezeki
Magis7, 7 langkah magis menarik kekayaan dan kebahagiaan



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment