Jan 25, 2014

Hati-Hati Memilah dan Memilih Berita di Website Islami

Ini dunia maya sob... Jadi jangan setiap opini, pendapat, berita dan lain sebagainya dipercaya dan dijadikan acuan. Gunakan hati nuranimu didalam memilah dan memilih berita. Jangan mudah mempercayai kemudian mengimani opini.

Saya banyak membaca tulisan-tulisan diinternet untuk memperkaya pengetahuan. Tentu saja sebelumnya saya pilah dan pilih mana-mana yang baik. Karena nyata-nyata banyak website yang isinya tendensius dan memihak golongan tertentu.

Bahkan ada beberapa website islam yang saya nilai tendensius. Isinya bukan lagi hal-hal yang menyejukkan hati namun banyak sekali hasutan-hasutan. Prasangka demi prasangka yang dinisbatkan kepada tokoh atau orang tertentu. Menebar kebencian kepada sesama islam. Menuduh orang lain atau bahkan ulama yang bermaksud baik, mudah sekali mengatakan murtad, kafir dan lain sebagainya.

Seringkali saya mengelus dada, web islami kok isinya penuh dengan dendam kesumat. Mengapa kita tidak memberikan rahmat kepada pembaca? Mengapa kita tidak membagi kesejukan dan kedamaian. Mengapa isinya harus menmfitnah dan menyudutkan orang atau golongan tertentu?

Saya berharap tidak ada konspirasi didalam pembuatan web tersebut. Saya berharap berita-berita yang isinya dendam kesumat hanyalah satu dari ribuan artikel lain yang bermanfaat sehingga tidak mempengaruhi pembaca yang masih awam didalam beragama.

Apapun webnya jika isinya tulus ingin memberikan dan membagikan kebaikan maka mari kita doakan kebaikan pula. Jika isinya tendensius semoga mereka sadar dan kembali kepada kebaikan. Jika itu adalah konspirasi maka camkanlah bahwa Allah swt pembuat konspirasi yang paling baik.

Anda pembaca web eramuslim.com?
Pengusahamuslim.com?
arrahmah.com?
islamedia.web.id?
voa-islam.com? 

Dan situs berita islami lainnya. Saran saya kepada pembaca berita islam. Cermati beritanya ambil sisi positifnya dan buang sisi negatifnya. Jika beritanya baik dan mendidik maka ambilah dan pelajarilah, namun jika beritanya penuh energi negatif yang tendensius maka buang dan lupakanlah. Gunakan hati nurani kemanusiaanmu...

Jangan mudah terhasut, jangan mudah menerima opini, jangan mudah diajak untuk membenci. 
 
Ingatlah...
Islam itu rahmat bagi semesta alam
Islam itu menyejukkan dan mendamaikan
Islam itu indah dan meng indah kan


Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment