Jan 12, 2014

Contoh Pidato atau Ceramah Yang Baik

Seringkali saya memberikan pidato sambutan untuk berbagai acara baik seremonial maupun acara resmi lainnya. Walaupun seringkali memberikan sambutan tetap saja kadangkala kata kata yang tersusun masih saja rasanya kurang snooth dan kurang sempurna. Maka dari itu saya coba saat ini untuk merangkai kata sambutan awal yang baik.

Anggap saja acaranya adalah sukuran pindahan rumah baru

Assalamualaikum wrwb
Bismillahirrohmanirrohiim.

Alhamdulillahilladzii, hadzaana li haadza, wamaa kunna linahtadzia laula an hadzanallah. Ashadu an laailaaha illallahu wahdahulaa syariikalah, wa ashadu anna muhammadan 'abduhuu warosuuluh.

Qoolallaahu ta'aala filqur'aanil adziim, a'uudu billaahiminas syaithoonirrojiim, bismillaahirrohmaanirrohiim. dst.. Shodaqolloohul 'adziim, wasodhaqo rosulullah saw. Amma ba'du

Yang kami takdzimi, al mukarrom, al ustadz Abdul Aziz rohimmahullah.......(Jeda 3 detik). Karena belialulah wasilah bagi kita semua didalam belajar makna beragama, sehingga semakin lama semakin bertambahlah ilmu dan pemahaman tentang esensi dari keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah swt.

Yang kami hormati Bapak Lurah H. Muhidin... (jeda 3 detik). Beliau adalah sesosok pemimpin yang seyogyanya kita jadikan panutan. Tegas kepada kebenaran, sekaligus lemah lembut terhadap warga.

Yang kami hormati alim ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda yang menjadi garda terdepan bagi kemanfaatan sesama..

Bapak Ibu, hadirin dan hadirat yang berbahagia....

Pertama dan utama marilah senantiasa kita membasahi bibir ini dengan ungkapan dan ucapan syukur yang teramat dalam kepada Ilahi Robbi, Allah swt yang senantiasa memberikan segala nikmat dan karunia_Nya kepada kita semua. Satu nikmat besar yang kadangkala belum sepenuhnya kita sukuri yaitu nikmat sempat dan nikmat sehat, karena dengannyalah kita diringankan langkahnya untuk menuju majelis yang Insya Allah di ridhoi oleh Allah swt.

Sholawat serta salam marilah senantiasa kita sanjungkan kepada baginda rosulillah Muhammad saw, dan tentu saja kepada keluarganya, sahabatnya dan kita semua yang hadir disini sebagai pengikut setianya sampai akhir zaman. Semoga diyaumil kiyamat kelak kita mendapatkan syafaatnya. Allahumma. Amin

Bapak Ibu hadirin dan hadirat yang kami muliakan...

Jikalau diperkenankan, bolehlah saya bertanya pada malam hari ini, sebuah pertanyaan sederhana namun sangat penting bagi kebahagiaan dan kesuksesan yang sejati ke depan? (Jeda5 menit)
Sudah berapa kalikah bapak ibu dan hadirin yang hadir disini mengucapkan sukur alhamdulillah?? (Biarkan hadirin menghitung sendiri). Pak? Bu? hoi... Berapa kali?? (dengan nada bercanda)

Coba bayangkan 24 jam hari ini kemudian cari hal hal yang belum kita sukuri. Bisa bangun pagi disaat orang lain mengalami susah tidur. Bisa menghirup udara pagi, sarapan dan seterusnya.

Bapak Ibu yang dirahmati Allah swt

Nyata adanya ternyata kita jarang bersukur atas nikmat Allah swt, yang menyebabkan kita kering dari rasa bahagia yang sesungguhnya. Betul pak? Bu? Hoi...

Tahu Ronda Byrne?? Tahu pak? Bu? (Jeda). Ia adalah pengarang buku best seller the secret. Ia yang non muslim mengakui bahwa rasa sukur adalah sebuah daya yang powerfull untuk menarik apapun sesuai dengan keinginan kita, baik kekayaan, relasi dan kebahagiaan.

Sebagai muslim kita percaya bahwa yang memberikan semua itu adalah Allah swt, dimana Dia berfirman..

Lain sakartum ...... dst

Maknanya adalah barang siapa yang pandai didalam mensukuri nikmat Tuhan YME, maka akan ditambah dan ditambah lagi kenikmatan itu, namun barang siapa yang mengingkarinya, maka balasannya sangat berat...

Rumus sederhana inilah kunci bagi bertambahnya kenikmatan itu. Inilah kunci bagi kebahagiaan dan kesuksesan sejati. Dan pada malam hari ini keluarga Bapak Dodik mengundang bapak ibu semua dalam rangka salah satu wujud rasa sukur yang dalam atas nikmat Allah swt yang sudah diberikan kepada beliau sekeluarga. Beliau Pak Dodi sekeluarga ingin membagi rasa bahagia yang membuncah dalam dada, dengan cara menggelar malam tasyakuran ......
http://hjkarpetmasjid.blogspot.com/

dst....

Bapak ibu hadirin dan hadirat yang berbahagia...

Demikianlah yang bisa kami sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. Kalau ada sumur diladang, boleh kita menumpang mandi. Kalau ada umur yang panjang boleh kita berjumpa lagi.

Billaahi taufik wal hidayah. Wass wrwb

Dipersembahkan oleh Magis7, 7 langkah magis menarik kebahagiaan dan kesuksesan sejati



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment