Dec 25, 2013

Inilah Rahasia Tersembunyi Bagaimana Menjadi Muslim yang Hebat

Ass wrwb, apa khabar saudaraku?? Semoga senantiasa sehat wal afiat. Amin. Judul artikel adalah "Inilah Rahasia Tersembunyi Bagaimana Menjadi Muslim yang Hebat". Lumayan profokatif ya?? Tapi tak apalah, biar banyak dibaca orang untuk kemudian mendapatkan manfaat dan hikmahnya.

Artikel ini terispirasi dari pertanyaan sahabat online kami yakni Pak Bram yang sudah kami edit berikut ini:

Ass. Nama saya Bram (Samaran). Mulai bujang sampai dikaruniai 2 anak saya selalu hutang, hutang dan hutang. Alhamdulillah saya punya rumah sendiri walaupun tanahnya dikasih mertua. Saya seorang buruh pabrik, saya bangun rumah hasil dari hutang akhirnya saya bayar hutang dengan memasukkan sertifikat ke bank.

Hutang tidak bertambah sedikit malah lebih banyak. Akhirnya istri saya membantu kerja di pabrik. Anak saya diasuh sama morosepuh. Tiba-tiba kakak perempuan saya anaknya melahirkan. Akhirnya orang tua, saya bawa kerumah. Mereka stroke gak bisa jalan. Makanya istri saya suruh berhenti bekerja, otomatis hutang saya mulai bengkak. Setiap hari istri saya menangis memikirkan hutang dan ingin bekerja lagi disisi lain harus merawat orang tua. Tiap hari saya dihina, disindir masalah hutang dan diremehkan sama teman-teman dipabrik............

Segala usaha sudah aku lakukan mulai sholat dhuha dan hajat. Tetapi Allah belum memberikan jawaban atas hajat kami.


Alangkah bahagianya apabila bapak (atau siapapun) yang bisa membantu meminjami uang yang akan saya angsur setiap bulan. Saya ingin membahagiakan istri dan anak serta orang tua saya.


Saya membutuhkan dana 50 juta. Saya bayar semua hutang-hutang saya termasuk anakan ke orang lain.


Disatu sisi kami berempati terhadap masalah beliau, disisi lain kami menyayangkan akan mental melankolis yang itu semua tidak akan bisa menjadikan jalan keluar yang sebenarnya. Lalu bagaimana??

Saya kenal tetangga yang benar-benar hidupnya berat, namun ia kelihatan tetap tegar. Ia adalah orang tua dari 3 orang anak. Anggap namanya Pak Ujang, yang saat ini masih ngontrak. Beliau bekerja di bengkel las. Ia orang sederhana yang harus menanggung hidup dirinya dan keluarganya serta saudara-saudaranya.

Beberapa bulan lalu istri dari anak sulungnya melahirkan caesar namun sayang cucunya meninggal sehabis dilahirkan. Setelah beberapa waktu berlalu Pak Ujang jatuh sakit dan harus dirawat selama beberapa minggu.

Apakah ujian berhenti?? Tidak. Anak bontotnya yang perempuan juga jatuh sakit dan harus dirawat selama beberapa hari. Pak Ujang benar-benar habis-habisan dibuatnya. Setelah anak perempuannya sembuh, beberapa minggu kemudian giliran saudaranya dikampung meninggal dunia. Lalu Pak Ujang pulang kampung untuk mengurus segala sesuatu berkaitan dengan pemakaman dan tahlilan.

Beberapa minggu kemudian anak laki-laki yang tengah mempunyai hajat. Istrinya melahirkan dan membuthkan biaya yang tidak sedikit. Lagi-lagi waktu berjalan beberapa minggu giliran anak pertamanya mendapatkan masalah. Ia harus pindah dari kontrakannya karena rumah itu mau dijual.

Bertubi-tubi ujian itu melekat erat dalam hidup Pak Ujang. Satu yang kami salut ia terlihat tabah dan ikhlas menjalaninya. Kami yakin, jika Pak Ujang mampu tabah dan ikhlas menjalani ujian yang sangat berat itu maka saya dan anda pasti juga bisa.. Pasti bisa...

Kami sangat mengerti masalah itu berat dirasakan, tetapi janganlah ia dijadikan sebuah alasan untuk menyerah kalah. Itu bukan kharakter muslim sejati yang hebat.. Kami juga pernah merasakan bagaimana himpitan hidup yang luar biasa berat dirasakan. Semua bisa berubah dengan dimulai dari niat awal yang benar. Dan perjalanan rasa sejati itu saya rangkum dalam sebuah panduan Magis7

http://magis7.com/?id=bisnis

Anyway, Begini seharusnya menjadi muslim yang hebat ketika masalah itu sudah terlanjur mampir dalam hidup kita
  • Sadari itu kesalahan kita yang tidak mau mempersiapkan dari awal demi kesuksesan dimasa kini. Jangan beralasan apapun, cukup katakan "saya menyadarinya".
  • Ambil hikmah dibalik ujian yang sudah terlanjur mampir itu. Apa hikmahnya? Ia adalah pembelajaran supaya kedepannya kita bisa memulai hari ini dengan niat dan komitmen yang benar. Tidak ada kata terlambat, semua bisa dimulai lagi dari awal. Maka niatkanlah bahwa kita berkomitmen untuk menjadi manusia yang berguna dan bermakna untuk sesama dalam bingkai Ridho Ilahi Robbi.
  • Yang terjadi biarlah terjadi. Tidak ada untungnya kita selalu saja menyesali dan menyalahkan diri. Itu adalah bagian dari takdir yang tidak mungkin bisa diubah.
  • Sabar dan ikhlas menjalaninya. Ini sudah ketetapan. Sabar atau tidak sama saja, justru ketika alam rasa hatimu sudah disetting untuk benar-benar ikhlas menerima, maka saat itulah solusi penuh keajaiban akan terjadi. 
  • Yakinlah Allah swt Maha Kaya, maka jangan berjalan dan berlari kesana kemari untuk meminta bantuan mahluk. Tetapi hadapkan wajahmu kepada_Nya dalam shalat dan doamu dengan lurus, tulus ikhlas dalam bermunajat.

Itulah mindset yang harus kita tanamkan dalam hati. Itulah hikmah yang harus kita pahamkan dalam nurani. Lalu berdoalah dan solatlah
  • Berdoalah dengan harap dan cemas
  • Solat dan zikirlah dengan membawa hati. Yakni memahami dan menghayati
  • Beribadahlah dengan khusuk dan syahdu, jangan sampai kering dari makna dan substansi ibadah itu sendiri.

Itu semua adalah media untuk membangkitkan rasa sejati diatas. Jika anda sudah memasukkan dan menghujamkan rasa sejati tersebut dalam nurani anda dengan kejujuran maka itulah awal sebuah transformasi muslim sejati. Ciptakan peristiwa keikhlasan, kesabaran, kesukuran dan keyakinan dalam hatimu. Kami juga sudah membuat panduan untuk menciptakan peristiwa khusuk dan super khusuk dalam bermunajat disini. Ciptakan semua itu dengan kejujuran sampai kepada sebuah keyakinan tertinggi bahwa
  • Dia Maha Kaya atas segala sesuatu. Hikmahnya kita tidak akan meminta kecuali kepada_Nya. Hal ini tentu saja dengan memantaskan diri menerima berkah karunianya dengan cara berkomitmen dengan niat yang benar untuk memperbaiki diri baik skill, ilmu dan amalnya
  • Dia Maha Pemurah, dan akan memberikan apapun yang kita doakan tanpa hisab
  • Dia Maha Mengabulkan Doa. Bahkan jika seluruh penduduk langit dan bumi dikabulkan semua permintaannya, itu semua tidak mengurangi kekayaan_Nya walau setitik.
Maka....
  • Jika ia kekurangan maka akan mengatakan belum kaya. Dan pasti ia akan berkomitmen untuk bisa kaya dan bermakna
  • Jika kita gagal maka akan mengatakan belum berhasil. Ia pasti akan bangkit lagi
  • Jika kita bangkrut maka akan mengatakan belum untung. Ia pasti akan mencari cara biar bisa untung
  • Jika hutang menumpuk ia akan mengatakan belum lunas. Dan ia pasti akan melunasinya

Ia tidak akan pernah berhenti sebelum membuktikan Janji Tuhan.. Dan ia tetap teguh pada pendiriannya untuk bisa bangkit kemudian menjadi manusia mulia sekarang dan seterusnya sampai ajal menjemput.

Jika kita mau melatih keyakinan itu dimulai dari saat ini, maka kami meyakini bahwa sebesar apapun masalahmu itu akan terasa begitu kecil jika dibanding dengan Kebesaran_Nya. Jika keyakinan ini sudah mendarah daging maka sebesar apapun halangan, rintangan, onak dan duri akan mampu kita libas dengan mudah. Sekuat apapun dinding penghalang pasti akan mampu kita bongkar.. Saya yakin anda dan pembaca bisa dan mampu...

Apapun masalahnya, bagaimanapun ujiannya akan mampu kita lalui dengan Ijin Allah. 

Itulah Rasa Magis yang berdaya.. Itulah kharakter muslim yang hebat...




Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment