Nov 25, 2013

Masalah Mental yang Harus Disembuhkan Terkait Hutang

Ass. Yth Pak Adhin Busro. Mohon maaf sebelumnya. saya mau bertanya bagaimana solusinya yang tercepat terbebas dari hutang. Saya seorang pekerja kontrak supir jepang gaji saya alhamdulillah pas-pasan untuk hidup sehari-hari.

Bayar kontrak rumah, anak sekolah, angsuran motor. Sudah hampir 3 tahun ini, ingin cari solusi lebih tuk nutupin bayar hutang tapi kebentur dengan modal. Ingin pindah kerja akan tetapi tidak seindah yang dibayangkan. Ada tawaran bisnis umroh tapi modal jua.

Karena hutang tadi pusing bercampur aduk, saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan. Klo ingin belajar (melalui seminar bisnis, buku, motivasi, rahasia sukses dll= red) modal tidak ada. Saya hanya berharap ridho Allah semoga cepat ada jalan keluarnya. (0819083066xx)

Jawab: Semoga masalah anda cepat tersolusikan.. Amin

Untuk doa melunasi hutang segunung anda bisa browsing di blog ini.. Ada banyak kok.. Silahkan berusaha.. :)

Namun sepertinya saya melihat lebih kepada permasalahan mental, sebagaimana banyak sahabat kita yang lainnya. Bukan doa melunasi hutang yang dibutuhkan namun masalah mental tersebut yang haris segera dicarikan obatnya.. Masalah mental seperti apa??

Alkisah, ada seekor kambing yang sekarat dalam kelaparan dan kehausan. Ia melihat jauh disana ada padang rumput hijau dan menginginkan pergi ke padang tersebut. Ketika sedang berjalan menuju tempat itu, ia terhambat oleh sebuah sungai. Akhirnya kambing memutuskan untuk mencari jalan lain. Ketika sedang menyusuri sebuah jalan lain ia mendapatkan adanya bukit berbatu yang menyulitkan langkahnya. Sang kambing menyerah sebelum mencoba menaiki bukit batu tersebut, dan ia memutuskan mencari jalan lainnya lagi.

Dalam kondisi yang kepayahan dalam berjalan, dan berharap ada jalan tercepat dan termudah menuju padang rumput hijau tersebut. Namun lagi-lagi ia mendapatkan rintangan berupa pohon besar yang rubuh melintang dijalan. Sayangnya sang kambing tidak mau mencoba melintasi batang pohon tersebut dan menyerah. Pada saat mencoba mencari jalan lainnya lagi sang kambing sudah tidak kuat, akhirnya ia roboh dan mati...

Kalau sobat ingin hutangnya lunas, maka satu-satunya cara adalah penghasilan anda harus lebih dari cukup untuk hidup dan membayar hutang. Kalau jadi sopir tidak cukup, artinya anda harus mencari sumber lainnya. Cobalah usaha sampingan..

Kalau kemudian terbentur modal, khan bisa memakai modal teman, modal tetangga, modal saudara, modal paman, modal bos dll. Yang penting anda yakin bahwa kedepannya bisa sukses...Lah gimana yakin kalau ada penyakit mental??

Terpaksa saya katakan seperti ini, mohon bisa diterima:

"Anda mempunyai masalah kepercayaan diri yang kronis. Anda penakut... Ingin sukses namun tidak mau menanggung resiko. Anda ingin hutang lunas, pendidikan anak terjamin, kesejahteraan keluarga dll namun tidak mau melibas sebuah hambatan saja yakni modal.. Padahal setelah itu akan ada rintangan lainnya yang lebih berat. Bagaimana bisa sukses kalau melewati hambatan pertama saja anda tidak berani?"

"Anda lembek, loyo, tidak mempunyai spirit. Sebenarnya semangat dalam bekerja dan berusaha dalam bingkai kepasrahan kepada Sang Pencipta, dalam islam sangat dianjurkan. Larangan berputus asa/ menyerah dengan tantangan juga demikian. Hanya orang yang tidak percaya Tuhan saja yang menyerah kalah"

"Selama penyakit mental itu belum anda libas, maka selamanya hidup anda akan susah terus. Walaupun ribuan kali doa engkau lantunkan alamat sia-sia saja. Karena doamu tidak sampai kerongkongan. Kata-kata pasrah dan berharap ridho_Nya hanyalah klise saja, untuk menghibur diri yang lagi kesusahan. Padahal ketika anda berdoa meminta hutang lunas kemudian berharap kesejahteraan keluarga, saat itu doa anda sudah dikabulkan. Bukankah engkau diberikan peluang demi peluang bagi terkabulnya doa, namun malah engkau acuhkan?? Peluang bisnis umroh dan peluang lainnya anda tinggalkan kemudian menyerah kalah karena hanya masalah modal"

"Sobat, bukan saya yang bisa memberikan solusi, tetapi diri anda sendiri. Tengoklah kemudian sadarilah ada yang salah dengan mental anda. Akuilah anda lemah...."

"Sobat, ketahuilah Allah mengabulkan doa, pasti itu, karena itu sudah janji_Nya dalam firman_Nya.. Tetapi pengkabulan doa itu tidak dengan wujud harta karun turun dari langit dan langsung berada dirumah anda. Wajib perlu berusaha dan berdoa.."

"Saya sangat yakin sekali, jika engkau berkomitmen untuk mensejahterakan keluarga termasuk melunasi hutang, maka hutang anda akan lunas dan anda akan sejahtera. Syaratnya bangkitlah dan usir setan yang menakut-nakuti dengan kemiskinan, dan yakin Allah Maha Luas Karunia_Nya

"Allah Maha Kaya, Maha Pemurah, Maha Pengabul Doa. Rezeki_Nya ada dimana-mana, anda percaya?? Kalau percaya maka buktikan keimananmu...

Maaf kalau menyinggung, tetapi percayalah tujuan saya baik.. Supaya anda tergerak hati untuk bangkit dari penyakit kronis mental anda. Memang proses transformasi mental akan menguras tenaga dan pikiran pada prosesnya, Kegagalan, kebangkrutan, hutang menumpuk dll adalah salah satu media transformasi mental. Cukup camkan dalam hati sanubari tentang janji_Nya. Bahwa Dia Mengabulkan segala permintaan Hamba_Nya. Bahwa Dia Maha Kuasa, Maha Kaya, Maha Pemurah dan Maha Pemberi Karunia.. Jadikan itu prisnip hidup, sehingga proses penempaan mental akan terasa menjadi ringan, karena yakin akan hasil akhir yakni kesuksesan dan kebahagiaan.



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment