Oct 16, 2013

Alasan Mengapa Susah Jodoh dan Solusinya

Jodoh atau pendamping hidup adalah sebuah fitrah kebutuhan manusia akan teman berbagi. Namun banyak diantara kita yang ternyata susah mendapatkan jodoh/ pendamping hidupnya. Apa penyebabnya? Tentunya masing-masing berbeda didalam penyebab sulitnya mendapatkan jodoh.

 
Ini ulasan saya berdasarkan pengalaman susah jodoh sampai umur hampir 30 tahun, sekaligus pengamatan pribadi terhadap orang lain yang susah mendapatkan pendamping hidup, pun hal ini saya buat dikarenakan beberapa pertanyaan dari sobat blog Adhin Busro

Inilah alasan mengapa banyak diantara kita yang susah dan kesulitan mendapatkan jodoh
  • Mencari dengan standar tinggi. Masing-masing memang punya tipikal jodohnya. Nah ternyata banyak diantara kita yang berstandar tinggi didalam mencari jodoh, yang kadangkala tidak mau melihat kepantasan diri. Tidak salah namun jangan sampai dengan standar yang kita buat sendiri maka akan susah mendapatkannya.
  • Fisik kurang mendukung. Mau tidak mau ini adalah salah satu faktor mengapa kita susah jodoh. Fisik yang kurang baik menurut orang lain tentunya secara wajar akan menjadi dinding penghalang. 
  • Terlalu menutup diri. Jangan terlalu sering mengurung diri di rumah. Pergilah keluar dan jalin silatrahmi dengan semua orang.
  • Takut mengungkapkan. Ini masalah klasik bagi orang yang memang pemalu. Mau ngomong takut ditolak
  • Tidak bersegera melamar. Ini justru penyakit fatal. Jangan lama-lama, lamar saja, jika keluarga mereka tidak setuju sabodo teing. Cari dan lamar yang lain lagi. Dunia tidak akan kiamat dengan penolakan
  • Sengaja mengundurkan atau melambatkan. Ini masalah mental atau prinsip hidup. Ia berprinsip tidak akan menikah sebelum sukses, membahagiakan orang tua dan keluarga. Padahal kesuksesan akan mudah diraih ketika kita sudah mempunyai teman berbagi, yakni pendamping hidup.
  • Merasa belum mampu. Ia takut dan cemas kalau menikah tidak akan mampu menafkahi keluarga. Padahal sebaliknya, percayalah
  • Merasa bebas kalu masih membujang. Ya silahkan bebaskan diri sampai tua. Pengamatan saya orang yang maunya bebas yaaaa bebaslah semuanya, termasuk masalah kebutuhan biologis yang ia salurkan kepada siapa saja, dan kemana saja.
  • Masih banyak dosa. Jangan salah ini juga faktor penghambat lho? Renungkan apakah anda terlalu banyak dosa dan maksiat. Renungkan apakah anda pernah menyakiti orang tua?

Itulah kurang lebih alasan mengapa susah jodoh. Saran saya begini. Kami tahu anda mempunyai standar tersendiri untuk calon pendamping hidup. Namun jangan sampai standar itu menghalangi anda untuk menikah. Cakep itu penting, tetapi cakep hati jauh lebih penting. Ini pengalaman orang yang sudah berumah tangga lho? Cantik atau ganteng di awal sama sekali tidak jaminan, karena semua akan hilang jika perilaku menyakitkan. Tidak usah terlalu berstandar tinggi, yang penting akhlaknya tinggi..

Sebagian lagi ditakdirkan mempunyai fisik yang kurang baik. Wajahnya jelek misalnya.. Maka itu adalah derita elo?? Hehehe. Jelek atau cakep hanyalah ukuran manusia, ia relatif. Tidak usah minder, tunjukkan akhlaknya baik, maka kebaikan hati akan memancar diwajah. Parahnya sudah wajah jelek, akhlak juga jelek.

Kemudian anda juga harus latihan percaya diri menjalin silaturahmi dengan semua orang. Intan di dalam lautan akan sangat sulit ditemukan dibanding Intan di dalam masjid. Hehehe. Kalau anda takut karena belum merasa mampu maka percayalah, Allah swt akan memampukan dengan karunia_Nya



Bagi anda yang berprinsip sukses dulu sebelum nikah, makan ntu prinsip. Hehehe, bercanda cuy.. Saya punya sohib yang nikah umur 39 tahunan. Ia tampan, mapan dan mantap. Sayangnya nikah umur 39 Tahun yang bagi sebagian besar orang terlambat. Itu sohib saya, nah kalau anda umur 70 tahun baru mapan pegimana ntu?? Padahal saya yakin jika kita menikah diumur yang standar antara 20-30 tahun maka kesuksesan malah akan cepat diraih.

Yang pasti eni ni... Anda tidak segera melamar dan melangsungkan pernikahan. Anda tidak meminta ia melamar anda. Keburu di embat orang. Keburu rasanya sudah masam. Kalau sudah saling suka jangan banyak alasan. Lamar, itu bukti keseriusan anda. Jika tidak dilamar juga, saran saya untuk para wanita cari yang lain lagi karena ia tidak serius. Nah, kalau baru kenal dan sudah merasa cocok bagaimana? Lamar juga, lebih cepat lebih baik. Ini yang seringkali kita lakukan yakni merasa ragu, jangan-jangan.... jangan-jangan.... Kelamaan mikir. Asli ini beneran.

Lamar segera, jika dia setuju alhamdulillah. Karena ternyata banyak sekali wanita yang menunggu dilamar oleh orang atau kenalannya. Ini lebih jentelman. Dengar ya? Ia menunggu lamaran anda... Ini banyak kejadian diamana karena kita ragu untuk melamar si dia, akhirnya dia jadi milik orang lain yang melamarnya terlebih dahulu. Padahal sebenarnya si dia lebih memilih anda. Nangis bombay tuh...

Lha kalau ditolak dia dan keluarganya pegimana cuy?? Bahasa arabnya, Life must go on, the show must go on. Lah, sabodo teing. Emang gue pikirin? Yang penting lamar dulu. Emang dunia akan kiamat kalau kita di tolak?? Eh, aku kasih tahu ya?? Saya itu melamar 10 kali ditolak 11 kali, ini benaran. Alhamdulillah akhirnya di usaha yang kesekian lamaran saya diterima. Waktu itu saya nekat melamar gadis dengan standar sangat tinggi dengan niat baik, dan selon atau rada nekad. Eh malah diterima.. Usut punya usut ternyata si dia katarak. Hahahaha.. Bercanda..

Terakhir banyak-banyak doa, bagaimanapun jodoh ditangan Tuhan. Ia akan menjelma, Tuhan akan memberikannya jika kita mau berusaha mendapatkannya. Ada doa menjemput jodoh silahkan di hapalkan, silahkan di amalkan. Cek disini dan dsini untuk doa mendapatkan jodoh. Shalat hajat, shalat istikharah sebagai pembuka gerbang keyakinan akan pertolongan_Nya. Tidak ada yang mustahil jika Tuhan sudah berkehendak. Jadikan ini sebagai sebuah keyakinan.
http://magis7.com/?id=bisnis

Bagi laki-laki lamar dia segera karena si dia menunggu lamaranmu. Jangan sampai si dia berubah pikiran

Bagi Wanita perbaiki akhlakmu dan tunggulah lamaran dari laki-laki yang juga baik akhlaknya.

Atau ada yang mau ta'aruf atau kenalan? Silahkan kenalan di form komentar, Insya Allah saya bersedia jadi mak comblangnya...



Artikel Terkait



35 comments:

  1. Aamiin Ya Rabb...

    ReplyDelete
  2. Aamiin Ya Rabb...

    ReplyDelete
  3. Mohon doanya semoga saya dipertemukan dengan jodoh yg terbaik dunia akhirat di tahun in, Aamiin...

    ReplyDelete
  4. Saya seorang wanita yang ingin mendapatkan seorang pria yang bisa membimbing kejalan yan benar

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Gmn ya seandainya... Saya dekat dengan orang yg sama2 pnh gagal?
    Kebetulan saya janda dgn usia pernikahan slm 2 bulan dan sudah bercerai selama satu tahun
    Sdgkan pasangan, duda anak 1 dgn usia pernikahan 2 tahun dan sudah bercerai slm 5 tahun
    Saya menunggu dia untuk melamar saya, walaupun dalam hati masih ada ketakutan ... Tapi dia sampe skr jg belum melamar krn dia takut gagal lagi...
    Mohon penerangannya

    ReplyDelete
  7. Saya hanya takut saya kehabisan waktu, dulu saya tidak pernah berfikir untuk segera berumahtangga, tetapi suatu malam, ibu saya meminta saya segera menikah, beliau bilang ingin punya kesempatan menyaksikan saya menikah dan berumahtangga, menggendong anak2 saya dan melihat mereka tumbuh. Ya, beliau saat ini berusia 73 tahun. Disitu saya tersadar dan tersentak kaget, saya mulai merasa ketakutan, saya merasa seperti dikejar2 oleh waktu.

    Hal yang paling mengganjal saya dalam mencari jodoh adalah, hubungan sosial. Saya pria 32 tahun, memiliki perusahaan kecil, dan ga jelek2 amat (menurut saya). Tapi ketika ditanya soal jodoh saya ga tau gimana caranya saya bertemu jodoh saya. Rutinitas saya hanya sekedar bekerja dan bekerja, sedangkan niat untuk bersosialisasi terganjal oleh teman2 yang sudah tidak bisa diajak hangout karena sudah berkeluarga dan waktu yang sempit. Jujur saja, teman2 saya hanya sedikit dan lingkup pergaulan saya sempit.

    Selain berdoa, saya mencoba banyak hal mulai dari minta di jodohkan ke teman2 dan keluarga, sampai mencoba aplikasi mobile untuk mencari jodoh. Tapi masih belum ada titik terang. Jika dibilang putus asa, mungkin, sedikit. Tapi yang benar2 membuat saya panik adalah waktu, Saya hanya berharap ibu saya ada disamping saya saat saya menikah, saya hanya berharap ibu saya masih ada saat anak2 saya tumbuh, saya hanya berharap ibu saya sempat menggendong anak2 saya, membacakan cerita pada anak2 saya sebelum mereka tidur seperti apa yang beliau biasa lakukan pada saya saat saya masih kecil. Saya selalu berharap semoga ada jalan dan kesempatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turut simpati membacanya

      Delete
    2. Turut simpati membaca nya

      Delete
    3. Ko sm ya...sy jg udh putus asa. Pengen menjerit rasanya. Tmn, org tua bahkan semua yg prnh jumpa bukannya tny kbr. Malah tny jodoh

      Delete
  8. Betul gan, terutama bagi yang punya standard tinggi yang tidak mampu memahami lawan jenisnya sebagaimana dia memahami dirinya sendiri. Bagus gan postingnya. Trims.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Apakah web ini masih aktif? saya sedang mencari jodoh

    ReplyDelete
  11. amin semoga segera datang my prince

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. amiin semoga jodoh segera menghampiri ya alloh

    ReplyDelete
  15. vamiin semoga jodoh segera menghampiri ya alloh

    ReplyDelete
  16. Asslamualaikum...sya dana dari depok...sya sudah sering bngt di tolak...krena si perempuan ini gak siap nikah alasannya...

    Sya berniat mau menikah di usia muda...saat ini sya berumur 22 tahun..alhamdulillah sudah bekerja

    ReplyDelete
  17. ASSALAMUALAIKUMMM...nama saya mutia..umur 24 thun msaya ingn mencari jodoh hidup...yg serius...
    minta tolong bantuannya ya mas...
    mutia 081368785658/ 5ba9300a

    ReplyDelete
  18. Asalamu'allaikum ..sya seorang janda ingin mencari jodoh..ini no sya 087750071586

    ReplyDelete
  19. Assalamualaikum... semoga setelah membaca artikel ini kita semakin jauh lebih baik untuk memperbaiki diri masing* agar jodoh kita kelakpun berperilaku dan berakhlak baik. Amin Ya Robbal alamin.

    ReplyDelete
  20. Assalamualaikum. Semoga setelah membaca artikel ini kita semakin memperbaiki diri agar jodoh kita kelak seperti yg kita harapkan. Semoga kita segera menemukan jodohnya masing*. Amin ya robb.

    ReplyDelete
  21. Semoga kita sama* memperbaiki diri agar segera menemukan jodohnya. Amin Ya Robb

    ReplyDelete
  22. Semoga aku cepat dpt jodoh amin ya allah

    ReplyDelete
  23. saya seorang janda 38 th dengan 2 jagoan ingin berumah tangga lagi meskipun ada sedikit trauma jika dekat dengan laki2 lagi.karena pernikahan saya yang sebelumnya sangat amat meninggalkan luka yang dalam.jika ada yang berniat serius dan menerima sy apa adanya silahkan hub saya di 2beedc16

    ReplyDelete
  24. semoga saya menemukannya aamiin...

    ReplyDelete
  25. aamiin ,semoga saya juga segera dipertemukan dengan jodoh

    ReplyDelete